loading...

Manfaat dan Bahaya Buah dan Daun Sawo bagi Penderita Diabetes

Posted by

Benarkah Minum Rebusan Daun Sawo Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes?

Dalam bahasa lain, Sawo dikenal dengan nama Achras Sapotalilla, Shikoo dan atau Sapota. Katanya, buah Sawo memiliki kandungan banyak zat dan memilikimaroma yang harum dan rasanya manis, harganya tidak mahal, serta mudah diperoleh dipasar, dan berbuah sepanjang musim.

Pakar kewsehatan dalam penelitiaannya mengatakan, Buah sawo memiliki kandungan mineral yang cukup baik. Sawo, katanya. Merupakan sumber kalium yang banyak. Hampir, 193Mg/100 Gram.

Dari Buah Sawo, juga mengandung Kadar Natrium yang rendah, hanya 12 Mg/100 Gram.Bila dibandingkan, dengan kandungan Kalium dan natrium, hanya mencapai 16 : 1, sewhingga kan Buah sawo sangat baik Jantung dan Pembulu Darah.

Buah Sawo juga, memiliki jenis Vitamin. Sebab, Buah Sawo mengandung Riboflavin, Niasin, B6, dan Vitamin A. Sehingga, Buah sawo dapat digunakan sebagai sumber Vitamin dan Mineral.

Disampinmg itu, mengkonsumsikan Buah Sawo, hal biasa. Tapi, bisa luar biasa, dan tidak diberikan kepada Bayi aatau Belita. Karena, getahnya dapat mengganggu saluraan pencernaan.

Bahkan, Buah Sawo juga mewngandung Vitamin E, yang sangat dibutuhkan kulit, kita. Karena, Vitamin E, dapat membuat kulit kita tanpak lebih bersih dan dapat menjaga kelembaban dan dapat mencegah penuaandini atau keriput pada kulit.

Buah Sawo, mengandung Nutrisi, dan yang diteliti Food Weight, sama dengan 100 Gram. Bagian Buah sawo, dapat dikonsumsi, dan atau Bdd/Food Edible sama dengan 79 persen. Di Buah Sawo, jum lah kandungan Energinya, sama dengan 92 kkal, kandungan protein, sama dengan 0,5 Gram.

Buah sawo juga, memiliki kandungan Lemak, sama dengan 1,1 Gram. Kandungan, Karbohidrat, sama dengan 22,4 Gram. Kandungan Kalsium, sama dengan 25 Mg. Kandungan Fosfor, sama dengan 12 Mg. Zat Besi, sama dengan 1 Mg. Vitamin A, sama dengan 60 IU. Vitamin B1, sama dengan 0,01 Mg. Vitamin C, sama dengan 21 Mg. Soal khasiatnya, menurut sumber Informasi Gizi, dan berbagai publikasi Kementeriaan Kesehatan Republik Indonesia. Buah Sawo, “belum tersedia,” khasiat dan atau manpaat, tapi banyak mengandung manpaat, “Itu benar”.

Sebagai reperensi, dan sebuah info soal kesehatan. Buah sawo, memang memiliki manpaat bagi kesehatan. Karena, baik untuk tulang. Sebab, di dalam Buah Sawo ada mengandung senyawa Fosfor dan juga mengandung Kalsium. Sehingga, bagi kesehatan tulang.

Baik untuk kesehatan tulang, karena tulang sangat membutuhkan Fosfor dan Kalium dan dapat menjaga kekuatannya, Tulang.Bila rajin, mengkonsumsikan Buah Sawo. Tulang, bisa dapat tetap sehat, kini dan nanti disaat hari tua.

Disamping untuk tulang. Buah Sawo juga, dapat untuk kesehatan mata. Karena, dalam Buah Sawo ada mengandung Vitamin A yang cukup tinggi. Jika, dikonsumsikan, dapat manpaat yang baik bagi kesehatan mata.

Buah sawo juga, disamping menyehatkan kesehatan mata, juga mengandung Protein, baik bagi pertumbuhan. Apa lagi, dapat menghasilakan Asupan Protein dengan mengkonsumsi Buah Sawo. Bahkan, baik untuk kulit.

Sebab, dalam Buah sawo terkandung Vitamin W, dan sangat dibutuhkan oleh Kulit.Sebab, Vitamin E, bisa mwembuat kulit jadi bersih, jadi Lembab dan mencegah penuaan dan terhindar dari kulit, keriput.

Bila dilihat dari manfaat lain. Bukan, buahnya saja. Tetapi, Daun, Getah dan Kulit Sawo, ada khasiatnya. Daun Sawo, sangat baik untuk dijadikan pengobatan untuk radang, pada mulut.

Sementara Kulit Buah Sawo, juga mengandung Tannin, yang berguna untuk menghentikan Diare. Biasanya, dan dapat pula mengatasi gangguan Paru-paru.

Kendati rasanya manis, tapi dapat juga dimanpaatkan untuk mengobati Diare dan atau Mencret. Sedangkan, Lateks atau Getah Susu Buah Sawo, dapat pula dijadikan bahan untuk menambal Gigi. Bagi, penyandang Penyakit DIABETES. Rebusan dari Daun Sawo, dan atau Daun Sawo Duren. Bisa dan dapat digunakan untuk pengobatan, penyakit Rematik dan DIABETES, alias Gula atau Kencing MANIS.

Resep untuk obat diare:

1. Gunakan lebih kurang 15 tetes getah buah muda, kemudian diseduh dengan 1/2 gelas air matang panas. Hasil seduhan diminum sekaligus.

2. Ambillah satu Buah Sawo muda, cuci sampai bersih. Kemudian diparut, lalu diperas dan disaring. Bila perlu, tambahkan sedikit air matang. Selanjutnya diminum, 2 kali sehari.

3. Sediakan satu mangkok daun Sawo, lalu cincang dalam dua gelas air bersih selama 15 menit. Air rebusan, kemudian diminum tiga kali sehari.

Resep untuk radang mulut:

Ambil satu mangkok Daun Sawo. Lalu cincang dalam 2 gelas air bersih, selama 10 menit. Pakai air hasil rebusan untuk berkumur.

Resep untuk disentri:

Ambil 8 Buah Sawo muda, cuci bersih. Kunyah-kunyah halus dengan garam secukupnya. Sedikit demi sedikit ditelan, lalu minum air hangat. Lakukan 2 kali sehari hingga sembuh.

Berdasarkan penelitian, daun dan batang Sawo ternyata mengandung falvonoida. Di samping itu daun juga mengandung saponin dan batangnya juga mengandung tanin. Zat-zat inilah yang mengambil peran penting, dalam menyembuhkan penyakit-penyakit di atas.

Buah sawo ternyata mampu menjaga kestabilan kadar gula bagi penderita diabetes, bagaimana cara memanfaatkan buah sawo untuk diabetes militus?. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
1 . cari buah sawo, untuk buah sawao yang sudah matang/masak cukup peras airnya dan minum sesuai kebutuhan.
2. untuk buah sawo yang masih mentah, cuci buah sawo hingga bersih, kemudian iris-iris buah sawo.
3. Irisan buah sawo tersebut rebus hingga mmendidik
4. Seduh dan dinginkan
5. Sharing air rebusan buah sawo, air hasil saringan siap dikonsumsi.
Itulah sedikit cara menjaga kadar gula bagi penderita diabetes dengan air buah sawo semoga bermanfaat artikel ini.

Sawo Termasuk Buah Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabates?

Ahli Gizi Klinik, Dr Samuel Oetoro SpG.K mengatakan, penderita diabetes memiliki aturan diet dalam mengkonsumsi makanan, termasuk buah. Ada beberapa buah yang 'diharamkan' untuk dikonsumsi penderita penyakit gula.

“Jika Anda penderita diabetes, hati-hati mengonsumsi buah. Pilih yang rendah glukosa lebih aman untuk dikonsumsi,” kata Samuel saat ditemui di acara Buahvita Fruit Hour 1 Jam Rayakan Hari Buah Sedunia di Social House, Grand Indonesia, Jakarta, Kamis 1 Juli 2010.

Beberapa buah seperti durian, pisang, mangga matang, nanas matang, sirsak dan sawo merupakan buah yang pantang dimakan penderita diabetes karena mengandung glukosa yang tinggi. Sementara buah yang aman untuk dikonsumsi di antaranya apel, pir, jeruk, alpukat, anggur, jambu, pepaya, melon, markisa, tomat.

“Penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi jumlah ideal buah, yaitu 10 jenis, 10 porsi, dan 10 warna per hari. Namun, perlu diingat, hindari buah tidak sehat seperti durian matang. Durian ini bukan hanya diharamkan bagi penderita diabetes saja, karena durian matang kandungan alkoholnya tinggi."

Porsi atau takaran mengonsumsi buah juga perlu dipahami. Buah seperti apel, takaran satu porsi adalah satu buah bulat. Sementara buah seperti anggur dan stroberi satu porsi bisa ditakar dengan 5 buah. Semangka dan pepaya, takaran satu porsi adalah satu slice yang dipotong tipis tidak terlalu tebal dan besar.

“Waktu untuk mengonsumsinya disarankan pada pagi hari dua, saat coffebreak satu, siang hari dua, sore hari satu, malam hari dua dan menjelang tidur dua,” katanya.

Tulisan diatas sengaja ditampilkan bersamaan antara manfaat air perasan Sawo untuk obat diabetes dan anjuran untuk tidaj mengonsumsi sawo bagi penderita diabetes. Sebaiknya anda mengkonsultasikan dahulu pada ahlinya sebelum menggunakan obat-obat herbal karena banyak obat herbal yang bermanfaat untuk mengobati penyakit tertentu tetapi ternyata bisa memicu resiko terkena penyakit lain. Sebagai contoh, tomat sangat bagus untuk menjaga kesehatan prostat para pria tetapi ternyata mengonsumsi tomat dalam jumlah tertentu bisa membahayakan lambung bagi penderita maag atau mereka yang memiliki lambung sensitif. Berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan obat herbal adalah langkah terbaik. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:09

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.