loading...

Kapan Gerhana Matahari Total terjadi lagi di Indonesia?

Posted by

Gerhana Matahari Total Baru Saja Berlalu, Kapan Terjadi Lagi?

Gerhana matahari total yang baru berlalu tanggal 9 Maret 2016 lalu memang menyisakan kenangan tersendiri, terutama bagi mereka yang baru pertama kali mengalami dan melihat langsung gerhana matahari total.

Memang membutuhkan waktu bertahun-tahun lagi untuk wilayah Indonesia dilewati gerhana matahari total meskipun pada tahun-tahun sebelum ini beberapa kali di beberapa wilayah di negara kita terjadi gerhana matahari tota. Gerhana Matahari Total sudah beberapa kali terjadi di wilayah Indonesia selama sebelum 2016, yaitu 24 Oktober 1995, 18 Maret 1988, 22 November 1984, dan 11 Juni 1983.

Kapan Terjadi Lagi Gerhana Matahari Total?
Berdasarkan hitung-hitungan dan estimasi dari ilmu astronomi maka Gerhana Matahari Total akan kembali terjadi di Indonesia pada 20 April 2042 dan 12 September 2053. Tetapi wilayah Indonesia akan dilintasi oleh Gerhana Matahari Cincin dan Total secara bersamaan pada 20 April 2023 dan 25 November 2049.

Jadi gerhana matahari total akan kembali terjadi di Indonesia sekitar 26 tahun lagi dan 37 tahun lagi tetapi akan ada gerhana matahari cincin yang akan melintasi Indonesia sekitar 7 tahun lagi.

Mitos Modern Yang Perlu Diluruskan, Apakah cahaya matahari saat gerhana menimbulkan kebutaan?
Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional LAPAN, Thomas Djamaluddin, melihat gerhana matahari total dapat menimbulkan kebutaan merupakan mitos modern.

Yang benar adalah cahaya Matahari sehari-hari dan ketika gerhana sama-sama berbahaya, untuk itu jangan melihat Matahari secara langsung karena dapat membahayakan mata, yaitu retina bisa rusak.

Dan jika Anda menatap sinar matahari dengan jangka waktu yang lama akan menimbulkan kerusakan pada retina yang disebut dengan solar retinopathy.

Gejalanya adalah titik-titik hitam pada pandangan mata Anda, dan itu sulit untuk dipulihkan. Penyebabnya bisa jadi ketika fase total saat gerhana Matahari total terjadi, pupil mata membesar untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin karena suasana yang gelap.

Tetapi ketika fase total berakhir dan bulan mulai bergeser, cahaya matahari akan terang kembali dan saat itu yang membahayakan mata.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:47

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.