loading...

Cara Membuat Magnet dan Jenis-Jenis Magnet

Posted by

Gaya Magnet dan Cara Membuat Magnet Serta Pemanfaatannya
Gaya Magnet
Apakah yang dimaksud dengan gaya? Gaya adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Bagaimana gaya bekerja pada suatu benda?

Jenis – jenis magnet

Gaya tidak dapat dilihat. Kita hanya dapat melihat efek atau akibat gaya. Gaya yang bekerja pada suatu benda dapat berupa tarikan dan dorongan. Gaya dapat merubah bentuk suatu benda. Gaya dapat mengubah arah benda. Gaya dapat menggerakkan benda yang diam. Gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda dan menghentikan benda. Pada bagian ini kamu akan mempelajari tiga macam gaya. Gaya apa sajakah itu? Ketiga gaya tersebut adalah gaya magnet, gravitasi, dan gesek. Ketiganya berhubungan erat dengan gerak benda dan energi.
Apakah yang dimaksud dengan gaya? 
Gaya adalah kemampuan untuk melakukan usaha.
Magnet dapat menarik besi dan baja Gaya magnet merupakan gaya tak sentuh atau gaya tak kontak. Gaya ini dapat bekerja meski tidak bersentuhan. Benda-benda magnetis dan tidak magnetis .Tidak semua benda mengalami gaya magnet. Benda yang menerima gaya magnet dikatakan bersifat magnetis. Benda yang menolak gaya magnet dikatakan bersifat nonmagnetis. Ada benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet. Ada benda yang ditarik lemah oleh magnet. Ada pula benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet.

Berdasarkan sifat kemagnetannya, benda digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu:

* Feromagnetik, yaitu benda yang memiliki sifat kemagnetan kuat.

* Paramagnetik, yaitu benda yang memiliki sifat kemagnetan lemah.

* Diamagnetik, yaitu benda yang tidak memiliki sifat kemagnetan.

Magne

Magnet hanya dapat menarik logam-logam tertentu. Logam dari besi, nikel, kobalt, dan baja dapat ditarik oleh magnet. Ketika logam ditarik oleh magnet, logam itu akan bergerak dan menghasilkan gaya. Gerak logam menuju magnet tersebut membutuhkan energi. Logam dari aluminium, perak, dan tembaga tidak dapat ditarik oleh magnet. Magnet pun tidak dapat menarik benda-benda yang bukan logam, seperti plastik, kertas, dan daun.

Kekuatan gaya magnet

Kemampuan magnet untuk menembus benda ditentukan oleh beberapa hal berikut.

* Ketebalan benda yang hendak ditembus oleh gaya magnet.
* Besarnya gaya yang dimiliki magnet itu. Semakin kuat gaya suatu magnet, semakin besar kemampuan gaya tariknya untuk menembus suatu benda.

Manfaat Magnet

Ada beberapa alat rumah tangga yang menggunakan magnet. Sebagai contoh adalah pintu kulkas (lemari es). Kompas, gunting jahit, dan tempat pensil bermagnet merupakan contoh lain pemanfaatan gaya magnet.

Cara Membuat magnet :

Magnet dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam berasal dari alam. Magnet buatan dibuat oleh manusia. Bagaimana terjadinya magnet buatan? Magnet buatan dapat dibuat dari logam-logam yang dapat ditarik oleh magnet. Misalnya besi dan baja.

Sifat kemagnetan kedua logam ini berbeda.

* Besi mudah dijadikan magnet, tetapi kemagnetannya mudah hilang jika dipanaskan atau dipukul berkali-kali.

* Baja sukar dijadikan magnet, namun sifat kemagnetannya sukar pula hilang. Terdapat beberapa cara pembuatan magnet. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Cara Membuat Magnet Dengan Menggosok

Sifat kemagnetan dapat diberikan pada benda dengan cara menggosokkan besi atau baja pada magnet. Semakin banyak gosokan yang dilakukan, semakin kuat sifat kemagnetannya.

Cara Membuat Magnet Dengan Mengalirkan arus listrik

Magnet dapat dibuat dengan cara mengalirkan listrik pada lilitan kawat logam. Semakin banyak lilitan, semakin kuat sifat kemagnetannya. Magnet yang dibuat dengan cara memberi aliran listrik disebut elektromagnet. Elektromagnet dipakai dalam beraneka macam alat modern. Elektromagnet yang besar sering dipergunakan untuk mengangkut benda-benda dari besi. Misalnya, untuk memindahkan mobil-mobil rongsokan yang akan dilebur.

Cara Membuat Magnet Dengan Menginduksi Magnet.

Pembuatan magnet dengan cara induksi adalah dengan mendekatkan logam pada magnet. Logam itu akan mempunyai sifat seperti magnet. Namun, sifat kemagnetannya hanya bersifat sementara.

Magnet

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:27

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.