loading...

Inilah Faktor Penyebab Keringat Bau Pada Ketiak

Posted by

Mengapa Keringat Pada Ketiak Lebih Bau Dibandingkan Bagian Badan Yang Lain?
 
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan keringat kita menjadi bau, khususnya di bagian ketiak. Keringat kita dihasilkan oleh dua kelenjar, yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apocrine. Kelenjar accrine memproduksi keringat bening dan tidak berbau yang dikeluarkan sejak bayi, dan biasanya muncul di tangan, punggung, serta dahi. Sedangkan kelenjar apocrine terdapat di tempat-tempat tertentu, terutama di daerah perakaran rambut, seperti Ketiak, kemaluan, dan di dalam hidung. Kelenjar apocrine bersifat aktif setelah masa pubertas.

Kelenjar accrine mengeluarkan cairan yang banyak mengandung air dan tidak berbau. Cairan tersebut berfungsi menurunkan kondisi tubuh pada waktu tertentu. Sedangkan kelenjar apocrine mengandung asam lemak jenuh dengan cairan lebih kental dan berminyak. Sebenarnya jika tidak ada peran bakteri yang ada di ketiak, maka keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apocrine tidak akan sebusuk yang pernah kita cium :))

Nah, masalah inilah yang membuat tingkat bau keringat orang berbeda-beda. Tinggal gimana cara orang itu menjaga kebersihan pada daerah-daerah yang terdapat kelenjar apocrine-nya. Kalo orangnya jorok ya alamat bakal bau banget.

Kondisi jiwa seseorang, seperti stress atau emosi, sebenarnya juga mempengaruhi kelenjar apocrine bekerja lebih efektif dan produktif, sehingga memperparah bau badan. Faktor lain pemicu bau badan adalah kegemukan. Pada orang gemuk, keringat cenderung terperangkap di antara lipatan-lipatan kulitnya. Jika kita sering menyantap makanan protein tinggi, seperti daging kambing (karena dapat melebarkan pembuluh darah), durian, bawang goreng,merokok, minuman keras, dan obat antibiotika maka akan memperparah bau keringat kita.

Bau badan tak sedap juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun, hal itu tidak menjamin 100%. Yang terpenting adalah bagaimana caranya selalu menjaga kebersihan badan. Kebersihan badan berawal dari pakaian yang kita kenakan, secara teratur membersihkan badan atau mandi 2 kali sehari, serta menjaga makanan yang kita konsumsi.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:21

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.