loading...

Hasil Penelitian Ilmiah Buah Tomat dan Cara Terbaik Mengonsumsinya

Posted by

Sebaiknya Buah Tomat Dimakan Mentah Atau Dimasak Terlebih Dahulu Sebelum Dikonsumsi?
TOMAT
Cara Terbaik Makan Tomat. Mengkonsumsi buah tomat sebaiknya dimasak terlebih dahulu. Seperti yang terungkap dari penelitian badan pangan dunia FAO-WHO. Hasil penelitian lembaga ini menunjukan jika kandungan likopen tidak rusak dan jumlahnya tidak jauh berubah selama pemanasan. Bahkan kandungan likopen akan meningkat 10 kali lipat ketika tomat diolah menjadi saus atau pasta tomat.
Likopen merupakan bagian dari karotenoid yang larut dalam lemak, namun likopen yang larut di dalam lemak justru sulit di serap oleh tubuh. Karenanya, disarankan mengolah tomat dengan cara di rebus atau dikukus. Mengkonsumsi sebaiknya pilih yang tomat organik. Tomat organik lebih sehat karena bebas dari residu kimia, baik dari pupuk dan pestisida. Tomat dari hasil organik juga lebih tinggi kandungan kalsiumnya, sekitar 23 mg dibandingkan tomat unorganik yang hanya mengandung 5 mg kalsium. Teks & Foto: Budi Sutomo

Penelitian Ilmiah Tentang Buah Tomat

Sejumlah peneliti Inggris telah menemukan bahwa menambahkan tomat yang dimasak ke dalam makanan setiap hari meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari sinar ultra-violet yang berbahaya.

Para peneliti di University of Manchester dan University of Newcastle menemukan bahwa menambahkan lima sendok makan pasta tomat pada makanan harian pada 10 sukarelawan dapat membantu menghindari kerusakan kulit dengan menyediakan perlindungan terhadap dampak sinar ultra-violet.
Sebagaimana diketahui, kerusakan akibat sinar itu dapat mengakibatkan penuaan dini dan bahkan kanker kulit.

Pada studi tersebut, para peneliti memberi 10 sukarelawan sebanyak 55 gram pasta tomat standar yang berisikan kandungan tomat yang dimasak dan 10 gram minyak zaitun setiap hari, sementara 10 peserta lagi hanya diberikan minyak zaitun.

Setelah tiga bulan, contoh kulit dari kelompok yang diberikan tomat memperlihatkan mereka memiliki 33% tambahan perlindungan dari terbakar sinar matahari, sama dengan faktor sangat sedikit krim pelindung dari sinar matahari, dan tingkat prokolagen yang jauh lebih tinggi. Prokolagen merupakan molekul yang menyusun kulit dan menjaganya agar tetap kenyal.

Studi tersebut menunjukkan antioksidan kuat likopen yang ditemukan pada konsentrasi paling tingginya ketika tomat telah dimasak, berada di balik manfaat nyata itu.

“Makanan tomat meningkatkan secara bermakna tingkat prokolagen di kulit. Peningkatan ini menunjukkan potensi pembalikan proses penuaan kulit,” kata Lesley Rhodes, ahli ilmu penyakit kulit di University of Manchester.

Namun peneliti mengingatkan bahwa tomat mesti dipandang sebagai tambahan yang bermanfaat dan bukan sebagai pilihan bagi krim pelindung dari sinar matahari.

Peneliti itu mengatakan studi tersebut lebih kecil dan singkat, dan mereka sekarang mempertimbangkan untuk melakukan penelitian baru mengenai manfaat likopen bagi kulit.

Tabel Kandungan Gizi Tomat/100 g
  • Tomat Masak
  • Kalori 20 kal
  • Protein 1.0 g
  • Lemak 0.3 g
  • Karbohidrat 4.2 g
  • Kalsium 5 mg
  • Vitamin A 1500 SI
  • Viamin C 40 mg

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:53

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.