loading...

Cara Mengisi Air Accu Pada Accu Pulsar

Posted by

Perbedaan Accu Biasa dengan Accu Pulsar

Perbedaan utama dari accu pulsar dengan accu biasa adalah pada accu pulsar meskipun tergolong accu basah tetapi jarang sekali pengisian airnya karena penguapan air accu pada accu pulsar sangat minim.


Pada dasarnya namanya accu basah adalah sama, yang namanya accu, ya, begitu, tapi kan jenis accu ada banyak, ada yang basah dan ada yang kering atau biasa disebut accu MF (maintenance frre).



Accu basah Yuasa (dari google).


Accu kering Yuasa (dari google).

Contoh Accu Pulsar:



Aki varian Pulsar yang maintenance free.

Meski di situ terlulis “Maintenance Free”, tapi, pada kenyataannya, accu Pulsar tidak Full Maintenance Free. Lho, kenapa begitu? Karena walaupun maintenance free, tapi di badan aki masih ada tulisan “Max” dan “Min” sebagai penanda ketinggian air accu.

Cara Merawat Accu Pulsar



Batas min dan max pada accu Pulsar.

Kekurangtauan pemilik Pulsar biasaya jadi penyebab umur accu jadi lebih pendek. Karena menganggap maintenance free, akhirnya kagak pernah ngecek ketinggian air accu, alhasil, soaklah accu-nya. Pernah ada teman yang motornya kagak bisa starter dengan tanda-tanda accu gak bisa ngangkat starter motor. Setelah gw tanya, ternyata dari pertama dia punya Pulsar, air accu nya kagak pernah dicek dan diisi lagi. Gw saranin buat nyari tukang cas/charge accu, dan ternyata analisis gw bener, itu accu airnya udah di bawah batas “Min”. Akhirnya diisi air accu lagi dan dicas, hasilnya, starter motor kembali “greng”.

Karakter accu Pulsar itu accu basah tapi minim perawatan. Hal ini dikarenakan penguapan airnya sangat minim dibanding accu basah pada umumnya. Kalo di accu basah ada selang pembuangan, nah, di accu Pulsar ini gak ada, adanya lubang pernafasan. Kalo kita gulingkan, air accu gak akan keluar lewat lubang itu, tapi keluar dari lubang sealer. Nah, inilah yang bikin accu Pulsar gak perlu sering-sering nambah air.



Lubang pernapasan dan sealer lubang pengisian air accu.

Bagaimana cara perawatan accu pulsar? Cara merawat accu Pulsar gampang, tiap dua bulan sekali cek ketinggian airnya, kalo kurang, tambahin. Nah, kalo kita rutin ngelakuin ini, accu pasti awet, dengan catatan, gak banyak tambahan aksesoris kelistrikan ya. Kalo aksesoris kelistrikan banyak gimana? Ya pengecekannya harus lebih sering, misalnya jadi sebulan sekali.

Berikut ini tahap-tahap ngisi air di accu Pulsar. Intinya sih sama, kalo aki basah itu harus buka tutup lubang pengisian, ini cuma ngebuka sealer doang.



Lepas accu dari motor dan lihat ketinggian air accu.


Buka sealer penutup lobang pengisian air accu dengan cara ditarik.


Setelah sealer kebuka, seperti ini lah lubang pengisian air accu.


Isi lagi airnya pake yang botol (tutup botol) warna biru, jangan yang merah.


Setelah diisi, tutup kembali sealer lubang pengisian air accu.


Accu siap dipasang lagi di motor.


Setelah terpasang kembali dengan manis di motor.

Semoga share karakter accu Pulsar dan cara pengisian air accu ini bermanfaat.

Sumber:https://adecahyapurnama.wordpress.com  

Kapan Waktu Yang Tepat Mengisi Air Aki Mobil / Motor?

Aki merupakan komponen terpenting pada kendaraan bermotor, karena merupakan sumber arus listrik dalam bentuk senyawa kimia. Di dalam aki juga terdapat banyak sel sekunder yang menghasilkan arus listrik berfungsi untuk menopang seluruh aktivitas kendaraan, terutama starter mobil. Jadi jangan sekali-kali menyepelekan peran aki pada mobil atau motor.

Nah, selama ini banyak mitos yang beredar kalau dalam mengisi air aki basah sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sebelum mesin mobil dinyalakan, karena jika motor penggerak kendaraan sudah menyala bisa mempengaruhi ketahanan aki tersebut.

KompasOtomotif coba mencari tahu keberbagai sumber. Pertama menanyakan hal ini kepada bengkel spesialis aki di kawasan Raden Inten, Jakarta Timur. Menurut Ujang, sang pemilik bengkel, tidak ada batas tertentu kapan harus mengisi air pada aki basah, tapi sebaiknya memang dilakukan pada saat kondisi mesin tidak panas.

“Menurut saya tidak harus pagi tapi sebaiknya saat mesin dingin atau misalnya mobil sudah dipakai bisa didiamkan dulu sekitar 30 menit sampai satu jam. Setelah itu baru disikan air akinya. Itu dilakukan agar aki lebih awet,” ujar Ujang kepada KompasOtomotif akhir pekan lalu.

Sementara itu dari kacamata pabrikan mobil seperti yang diutarakan GM Technical Service Toyota Astra Motor Dadi Hendriadi, pada dasarnya tidak ada waktu yang tepat untuk mengisi air aki, jadi bisa dilakukan kapan saja. Ia hanya menganjurkan saat menambahkan air aki jangan sampai lebih dari batas atas air. “Usahakan juga jangan sampai ada kotoran yang masuk dari lubang pengisian air aki. Semuanya harus bersih. Untuk waktu tidak ada masalah, bisa dilakukan kapan saja,” ujar Dadi saat dihubungi KompasOtomotif.

Sumber:KompasOtomotif

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:26

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.