loading...

Cara Mudah Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Posted by

Makanan yang Wajib Dihindari Mereka Yang Memiliki Resiko Tinggi Terhadap Batu Ginjal

Beberapa jenis makanan yang harus dihindari atau dikurangi konsumsinya apabila anda memiliki masalah dengan penyakit batu ginjal, seperti dilansir oleh Health Site (20/02).

Kurang Mengonsumsi Bayam
Berdasarkan Dr Deepshikha Agarwal, seorang ahli nutrisi dan diet, penderita batu ginjal sebaiknya menghindari mengonsumsi bayam. Bayam mengandung oxalate yang bisa mengikat kalsium dan membentuk kristal kalsium oxalate atau batu ketika ginjal memproduksi urine.
Jika Anda mengonsumsi bayam ketika mengalami masalah dengan batu ginjal, keadaan akan semakin parah. Meski begitu, bukan berarti orang yang terkena batu ginjal sama sekali harus menghindari bayam. Pasien masih diperbolehkan makan bayam sekali atau dua kali seminggu, tak lebih.

Jangan Terlalu Sering Makan Sea Food/Makanan laut
Orang yang memiliki batu ginjal sebaiknya berhati-hati saat makan makanan laut. Beberapa makanan laut banyak mengandung zat bernama purines. Purines dalam tubuh bisa meningkatkan produksi asam urat yang pada gilirannya memicu terbentuknya batu asam urat.
Karena itu, jika Anda bermasalah dengan batu ginjal sebaiknya batasi atau hindari makanan laut seperti ikan, tiram, cumi, daging merah, dan makanan penuh protein lainnya yang mengandung purine.

Kurang Minum Teh
Teh memang merupakan salah satu minuman sehat yang kaya manfaat untuk kesehatan. Namun jika Anda memiliki batu ginjal, sebaiknya hindari minum teh. Minum teh akan membuat batu ginjal semakin membesar dan menyebabkan berbagai macam komplikasi. Batasi konsumsi teh, atau hindari sama sekali. Minum air putih lebih baik untuk kesehatan tubuh dibandingkan teh jika Anda memiliki masalah dengan batu ginjal.

Makanan dengan Kandungan Garam Yang Tinggi / Makanan asin
Mengonsumsi terlalu banyak saja sudah tak baik untuk kesehatan orang yang normal, apalagi orang yang bermasalah dengan batu ginjal. Sangat penting untuk membatasi konsumsi garam dan makanan asin setiap harinya.

Ini karena garam mengandung sodium yang menyebabkan terlalu banyaknya pengeluaran kalsium pada urine yang diolah oleh ginjal. Dan kelebihan kalsium ini akan mengikat oxalate yang ada dalam makanan untuk kemudian menyebabkan pembentukan batu ginjal. Karena itu, sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung garam.
selain makanan di atas, juga hindari makanan lain seperti jambu, kacang tanah, ubi jalar, dan buah bit. Gantikan makanan-makanan tersebut dengan makanan dan minuman lain yang lebih sehat seperti air mineral, jus lemon, air kelapa, dan makanan lainnya yang bisa mencegah terbentuknya batu ginjal.

Kurangi Konsumsi Buah Tomat
Tomat juga sayuran yang mengandung banyak oxalate. Tomat biasanya dikonsumsi secara langsung atau terkandung dalam masakan. Menghindari tomat tentunya bukan pekerjaan mudah karena tomat biasa digunakan dalam berbagai masakan sebagai perasa.
Meski begitu, mengonsumsi tomat sesekali juga boleh karena makanan ini mengandung banyak nutrisi. Untuk mencegah lebih banyak masalah, hilangkan biji tomat ketika mengonsumsinya dan jangan mengonsumsi terlalu banyak tomat.

Hindari Makan Cokelat
Suka cokelat? Jika Anda bermasalah dengan batu ginjal, cokelat adalah pantangan terbesar. Cokelat juga diketahui mengandung oxalate yang bisa membuat keadaan ginjal semakin parah akibat batu ginjal.
Mengonsumsi cokelat memang masih diperbolehkan sekali seminggu, namun sebaiknya hindari makan cokelat dan ganti kesukaan Anda pada makanan manis dengan makanan lainnya. Meski cokelat bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, namun tak baik jika Anda memiliki batu ginjal.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:43

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.