loading...

Cara Membangun Generasi Mukmin Yang Kuat

Posted by

MEMBANGUN GENERASI KOKOH YANG DICINTAI ALLAH

Ust. Budi Ashari, Lc. 
Masjid Mujahidin Sby,
Sabtu - 12 Maret 2016, ba'da Ashar

Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah. Namun, keduanya tetap memiliki kebaikan. Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah.
Jika tertimpa suatu musibah, maka janganlah engkau katakan: "seandainya aku lakukan demikian dan demikian". Akan tetapi hendaklah kau katakan: "ini sudah jadi takdir Allah. Setiap apa yang telah dia kehendaki pasti terjadi." Karena perkataan seandainya dapat membuka pintu syaithon. (HR. Muslim)

1.  Mukmin yang kuat adalah kekuatan orang utk menyambut kebaikan.
👉 Misal: Orang laki-laki yg menjaga sholat berjamaah di masjid, adalah generasi yang kokoh. Dihasilkan oleh tempaan iman yang kuat.

2.  Bersemangatlah kalian untuk mengambil hal-hal yang bermanfaat bagi kalian.
👉 Misal: kekokohan dalam menuntut ilmu. Generasi salafus shalih terdahulu, Rihlah-nya (jalan2/rekreasi-nya) adalah dengan menuntut ilmu hadist dari satu kota ke kota lain. Dimana ada manfaat (ilmu) di datangilah manfaat itu.

3.  Meminta tolong pada Allah untuk diberi kekuatan, jangan engkau lemah.
👉 Bersandarlah pada Allah dan tidak mengandalkan kemampuan diri sendiri.

4.  Jangan katakan andai begini akan begini. Ini adalah generasi lemah.
👉 Generasi kokoh adalah generasi yang berani mengambil keputusan dan berani menghadapi resiko. Jangan biasa membatalkan amal kalian.
👉 Yang sudah lewat biarkan lewat. Karena berandai-andai itu membuka amal syaitan, yang kan merongrong kekuatan generasi kita.
👉 Bagaimana generasi kita bisa kokoh jika kebiasaan yang digunakan adalah kebiasaan syaithan. Jauhkan generasi ini dari kebiasaan setan.
Orangtua harus teliti berpikir: rumah seperti apa yang dimasuki setan dan tidak dimasuki setan ?

💘 Suatu ketika Rasulullah mengajak si kecil Ibnu Abbas berjalan-jalan (dengan memboncengnya) seraya menyampaikan tarbiyah kepada pemuda cilik ini:

"Wahai anak muda, maukah engkau mendengarkan beberapa kalimat yang berguna?"

Jagalah Allah (melaksanakan ajaran2Nya) maka engkau akan mendapatkanNYA selalu menjagamu. Jagalah Allah (menjauhi larangan2NYA) maka engkau akan mendapatkannya selalu dekat dihadapanmu. Bila engkau meminta, mintalah kepada Allah. Jika engkau memerlukan pertolongan, mohonkanlah kepada Allah. Ketahuilah bahwa seandainya semua makhluk bersepakat utk membantumu dgn apa yang tidak ditakdirkan Allah untukmu, mereka tidak akan mampu membantumu. Atau bila mereka berkonspirasi untuk menghalangi engkau mendapatkan apa yang ditakdirkan untukmu, mereka juga tidak akan dapat melakukannya, kecuali dengan sesuatu yang telah ditetapkan atasmu. Pena telah diangkat dan lembaran2 telah kering (HR. Tirmidzi)

Dalam riwayat selain Tirmidzi disebutkan:
Jagalah Allah, maka Engkau akan mendapatkannya dihadapanmu. Kenalilah Allah ketika senang, maka Dia akan mengenalimu ketika susah. Ketahuilah apa yang luput darimu tidak akan menimpamu, dan apa yang menimpamu tidak akan luout darimu. Ketahuilah bahwa pertolongan itu bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan dan bahwa bersama kesulitan ada kemudahan.

Rangkaian prinsip, aqidah, ilmu dan amal dari hasil tarbiyah Rasulullah menjadikan Abdullah bin Abbas tumbuh menjadi seorang muslim yang penuh inisiatif, haus ilmu, dekat dengan Allah dam Rasulnya.

💘 Ketika kita mengantar anak sekolah manfaatkan momentum ini utk mendidik anak2, jangan hanya skedar menjadi sopir/tukang ojek. Hanya membicarakan tema rutin : Sudah makan? Sudah sholat? Hari ini ngapain? Besok ngapain?
Sebagai orangtua kita jangan kehabisan tema dalam mendidik anak2.

Kebersamaan anak2 dgn ibu, atau kebersamaan anak2 dgn ayah, punya momentum yang berbeda, bicarakanlah kebaikan ayah/Ibu.
Jagalah perintah2 Allah, jika kamu meminta tolong pada Allah, Allah akan menolongmu.
Jika memerlukan sesuatu, mintalah sama Allah.
💗 Allah ... Allah ... dan Allah saja.

Jangan hanya balasan dunia (materi) saja yang kita katakan kpd anak2, hal tidak akan membuat anak kokoh. Agar setiap amal shalih yanh dikerjakan anak2 bukan dunia yang diharapkan sebagai balasan.

Mengharapkan hanya balasan dunia akan menyebabkan kemusyrikan. Kemusyrikkan menyebabkan kerusakan.

Misal : tas rusak, ajari anak utk meminta pada Allah, ayo munajat pada Allah, minta pada Allah agar ayah diberi rezeki utk membelikan tas.

Hadirnya generasi yabg dahsyat adalah dengan bagaimana cara dan bahasa penyampaian nasihat?
Jelaskanlah dengan bahasa Qur'an dan Hadist.

#Point yg saya dapat disini : untuk itu orangtua harus terus tholabul ilmu (menuntut ilmu) untuk memahami bahasa2 yang ada di Qur'an dan Hadist utk dinasihatkan.

💘 Bagaimana membuat anak mencintai Allah dan Rasulullah?
Adalah dengan 2 hal yaitu : 1). Doa dan 2) keteladanan.

Doa
Karena kita tidak punya kuasa untuk urusan hati seseorang, maka mintalah kepada Allah. Doakan !!!

Keteladanan
Keteladanan dari orangtua diperlukan agar anak2 kita tidak mencari keteladanan diluar yang keliru.
Misal:
👉 kita ingin anak2 kita menghafalkan Qur'an tapi dirumah/mobil kita stelkan musik. (Terlepas perbedaan hukum musik) tapi jelas dalam sebuah hadist disebutkan bahwa musik tidak pernah sejalan dengan Qur'an

👉 Bagaimana anak bisa mencintai membaca buku-buku sejarah nabi, jika kita mengumbar hiburan anak-anak kita melalui TV.

💘 Kesalahan dalam mengajarkan tauhid adalah dengan hanya mengajarkan teori tanpa praktek.

Cara mengajari anak wudhu:
Dengan mempraktekkannya. Ambil air praktekkan cara berwudhu.

Demikian resume ini dibuat. Tentunya masih banyak kekurangan. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:32

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.