loading...

Bagaimana Cara Merubah Format Video Tercepat?

Posted by

Aplikasi Pilihan Untuk Mengubah Format Video 3GP AVI MKV MP4 dll

Format Video. Cara mengubah format video sebenarnya sangat mudah karena banyak aplikasi video converter yang bisa digunakan, yang menjadi masalah sebenarnya adalah berbagai istilah di bidang video yang sering kali menyebabkan hasil konversi video yang didapat tidak sesuai harapan. Selain itu, pemahaman bahasa inggris juga menjadi kendala karena kebanyakan aplikasi menggunakan bahasa tersebut, jadi pastikan anda mempunyai buku kamus atau menginstall kamus di PC dan HP maupun menggunakan jasa Google Translate.
Jika hal tersebut sudah terpenuhi, ada baiknya anda mengenal beberapa istilah penting dalam mengubah format video.

Format Video

  1. Video Format adalah hasil dari teknik kompresi video yang tipe filenya meliputi AVI, FLV, MKV, MP4, 3GP, MOV, dan sebagainya.
  2. Codec adalah kependekan dari coder-decoder atau compressor-decompressor. Dalam hal ini, codec diartikan sebagai perangkat komputer yang memiliki kemampuan meng-coding (baik encoding maupun decoding) data audio dan video.
  3. Frame Size adalah ukuran tinggi dan lebar video dalam satuan pixel, yang lebih dikenal sebagai resolusi video.
  4. Aspect Ratio adalah perbandingan antara lebar dengan tinggi sebuah gambar di video dalam satuan pixel.
  5. Bitrate atau Bit Rate adalah ukuran kecepatan bit suatu data yang menentukan jumlah data yang ditampilkan saat video maupun audio dimainkan dalam satuan bps (bit per second). Jadi, semakin besar ukuran bitrate semakin bagus hasilnya.
  6. Frame Rate adalah pergerakan halus (motion) gambar pada video yang ditampilkan setiap detik (fps 'frame per second'). Sederhananya, Frame Rate menunjukkan jumlah gambar di video yang terlihat setiap detik.
  7. Sample Rate atau Sampling Rate atau Sampling Frequency adalah tolak ukur kualitas audio dalam satuan hertz (Hz), jadi semakin besar angkanya semakin bagus dan mulus kualitasnya.
  8. Audio Channels adalah pengolahan saluran sinyal audio pada sound system. Secara umum dibagi menjadi mono dan stereo, untuk kualitasnya tentu saja stereo lebih bagus.

Mengapa Mengkonversi Video
Format video sering kali menjadi masalah ketika anda membuka atau memutar sebuah video. Sebagai misal, anda memainkan video yang berekstensi FLV di handphone, lalu muncul tulisan video format is not supported dan sejenisnya. Atau dalam kasus lain, video player anda bermasalah dengan codec, nah mengkonvert video ini bisa dijadikan sebagai salah satu solusinya.

How To Convert Video
Nah sekarang langsung saja praktek bagaimana cara mengkonversi atau convert format video ke format lainnya. Dalam hal ini, aku memberikan contoh mengubah format video MKV ke 3GP dengan dua aplikasi yakni Xilisoft Video Converter dan AVS Video Converter.

Xilisoft Video Converter
Silahkan melihat informasi dan mendownload aplikasi ini di situs resminya Xilisoft.com. Software lain yang sangat mirip dengan software ini adalah 4Media Video Converter, AVCWare Video Converter, dan ImToo Video Converter. Ok, jika sudah diinstall, mari kita langsung praktek meng-convert format video dengan Xilisoft Video Converter.


1. Cari video yang ingin dikonversi
2. Pilih profil untuk memilih format video yang diinginkan
3. Untuk mengetahui properti asli video, klik kanan pada video lalu pilih Propeties
4. Klik Profile, pilih Video Stream lalu sesuaikan dengan keinginan anda. Kemudian pilih Audio Stream, sesuaikan juga dengan selera anda.
5. Yang terakhir, Convert video dan tunggu sampai selesai.

AVS Video Converter
Sebelumnya unduh dulu aplikasinya di avs4you.com


1. Cari video yang akan di-convert
2. Pilih format video
3. Klik Advanced
4. Muncul propeti asli video (input) dan hasil yang dinginkan (output). Nah silahkan ubah pengaturan Video dan Audio pada Output File sesuai keinginan anda.
5. Jika sudah beres, klik Convert Now.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:24

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.