loading...

Tips Perawatan Kompor Gas dan Cara Menggunakannya

Posted by

Cara  Menggunakan dan Merawat Kompor Gas

A.  Penggunaan
  • Pastikan dulu selang gas terletak berjauhan dengan keluarnya api, tidak terlekuk dan tidak berjamur.
  • Jangan pernah menyalakan api tanpa ada apapun diatasnya, meski hanya beberapa detik. Toh,kompor gas memiliki kepraktisan menyalakan dan mematikan api, dibanding kompor minyak.
  • Lebih baik juga bila mengalasi kompor, ini akan mempermudah  mengambil kotoran-kotoran yang ada dibawah kompor,terutama  jika alasnya dapat langsung dibuang.
  • Setelah menggunakan biasakan bersihkan dengan lap kering.
  • Rutin memastikan keadaan tabung gas, sebelum menggunakan. Pastikan tidak berbau dan tabung tidak dingin (seperti es)
  • Pahami bagaimana cara kerja tabung,karena ternyata banyak wanita didapur hanya tahu memasak,tapi mencabut regulator saja tidak bisa.
B. Perawatan
  • Kompor gas mudah dibersihkan, bisa dicuci dengan air sabun biasa,lalu dikeringkan, tentu lepasi dulu kepala tungku dan bagian enamel  lainnya.
  • Nah, untuk tempat keluarnya api/ corong api  yang rutin dilakukan adalah menusuk lubang tempat keluar api atau bisa mnggunakan sikat, agar tidak ada kotoran yang nyangkut dan  api yang keluar tetap biru.
  • Selanjutnya, kepala tungku (terutama yang sudah lama) dibersihkan dengan cara direndam di air cuka  ± 1 jam, agar kembali cling-cling lagi.
  •  Coba perhatikan tombol kompor, biasa banyak juga kotoran menempel dibaliknya. Jika tombolnya mudah dicabut,maka langsung bisa dibersihkan.
  • Untuk pemantik api bisa dibersihkan menggunakan jarum atau korek kuping.
  • Selang gas juga perlu dibersihkan dengan cara dilap dengan air hangat. Pastikan tidak retak dan tidak berjamur.

Cara Kerja Kompor Gas

Kompor gas elpiji adalah alat masak yang menghasilkan panas tinggi, dimana bahan bakar berupa elpiji untuk memberikan pemanasan, baik untuk memanaskan ruangan dimana kompor itu berada ataupun untuk memanaskan kompor itu sendiri, dan barang-barang yang diletakkan di atasnya dengan menggunakan bahan bakar elpiji. Begitulah pengertian kompor gas adalah gabungan definisi kompor dan definisi elpiji sebagai bahan bakarnya.

Cara Kerja Kompor Gas

Mari kita mengetahui lebih lanjut prinsip kerja kompor gas lpg yaitu:
Komponen kompor gas utama : katup, spuyer, tungku, pipa saluran gas. Jika pada kompor gas dengan pematik otomatis, ada tambahan pematik, saluran gas tambahan (bukan masuk ke saluran tungku, tetapi di atasnya dan mengarah ke tungku), dan katup cut off.

Pada kompor gas pada umumnya, prinsipnya sama seperti semprotan kaleng parfum/cat semprot. Setiap tabung gas bertekanan,maka aliran gas LPG bergerak ketika katup dibuka. Aliran gas LPG masuk ke saluran dan keluar dari spuyer menuju rongga tungku. Gas ini kemudian kita bakar menggunakan pematik atau korek api. Api tidak menjalar ke saluran gas karena desain lubang-lubang kecil pada tungku dan penggunaan spuyer. Karena kecilnya lubang spuyer, tekanan dan kecepatan aliran gas pada lubang spuyer sangat tinggi sehingga api tidak cukup cepat menjalar ke lubang spuyer.

Jika kompor dengan auto ignition (pematik api otomatis), ada mekanisme penyemburan gas, pematik, dan penutupan gas secara cepat (cut off, pakai per). Tiga langkah mekanik ini terintegrasi dalam pemutar katup gas.

Cara Membersihkan Kompor Gas
Sebelum membersihkan kompor gas hendaknya mempersiapkan peralatan yang simpel yaitu: tang, obeng plus minus, dan pompa.

Tang, sangat efektif untuk melepaskan sprayer. Sebaiknya menggunakan kunci pas yang ukurannya sesuai dengan ukuran sprayer boleh juga dipakai.

Obeng plus minus, dipergunakan untuk melepaskan cover kompor (tutup bg. atas).

Pompa, untuk membuang, menyebul kotoran yang terdapat di dalam selang pipa (bukan slang karet) kompor gas.

1. Langkah pertama adalah melepaskan Regulator pada tabung gas. Hendaknya melepaskan Kalau regulatornya pakai pengencang/jepitan, pengencangnya dilepas lebih dulu. Biarkan tabung tinggal sendirian. Angkat kompor berikut slang dan regulatornya dan bawa bareng-bareng ke tempat yang lapang. Di beranda juga boleh. Dan letakkan pelan-pelan.

2. Langkah kedua adalah mengangkat tungku kompor (grid), burning (tempat api menyala), berikut tatakan. Yang terlihat biasanya terdapat kawat kecil sebagai pengunci pada batangan besi dimana dudukan itu menempel. Bisa dibuka pakai tangan. Kemudian diangkat dudukan burningnya.

3. Langkah ketiga adalah mengambil obeng dan membuka cover (bagian atas ) kompor gas. Kalau yang atasnya tidak dapat dibuka (paten) ya nggak usah dibuka. Tujuan kita akan membuka sprayernya. Jadi kalau bagian atas kompor paten, ya dibalik saja. Yang penting sprayer terjangkau, dan dapat dibuka.

4. Langkah keempat dengan membuka sprayer dengan tang atau dengan kunci pas yang sesuai dengan ukuran kepala sprayer, buka pengatur kepekatan gas, dan pegas (per). Lihat gambar pemantik di bawah ini.

5. Langkah kelima adalah membersihkan semua komponen kompor, dengan lap yang dibasahi dengan minyak tanah.

6. Langkah keenam adalah mencuci bersih dan membersihkan sprayer dari segala kotoran, dan meniup dengan pompa (sebul) supaya kotoran yang menempel di dalam sprayer hilang (keluar).

7. Langkah ketujuh adalah melepaskan regulator dari selangnya, dengan cara  membuka klem dengan obeng dan cabut regulatornya.

8. Langkah kedelapan adalah memasukkan selang dari regulator kedalam saluaran angin keluar dari pompa (slang pompa diganti slang dari regulator). Bersihkan bagian dalam slang pipa yang terdapat di bagian dalam kompor gas, dengan cara memompa angin kedalamnya agar kotoran didalamnya keluar.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:16

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.