loading...

Tips Cara Mengawinkan Lobster dan Memilih Induk Yang Baik

Posted by

TEKNIK MENGAWINKAN LOBSTER dan PEMILIHAN INDUK YANG BAIK

Gabungkan Induk jantan dan betina menjadi satu dalam suatu media kolam atau aquarium.Dengan aquarium berukuran 1x 0,5 meter tinggi 0,25 meter , bisa dimasukan sekitar lima lobster betina dan tiga lobster jantan.
Dalam kebiasaan lobster melakukan perkawinan adalah saling mencari kecocokan. meskipun sering bertemu mereka tidak saling membuahi, jika tidak cocok. Karenanya, maka dilakukan pengawinan masal, bukan berpasangan.Setelah lobster berada dalam kelompok mereka akan saling memilih. bagi yang cocok aka melakukan perkawinan. Ukuran tubuh lobster betina dan jantan tidak harus sama. Letakanlah delapan buah pipa paralon berukuran 2 in dengan panjang 10-15 cm kedalam bak atau media kolam/aquarium. Dua minggu setelah digabungkan maka biasanya sudah ada indukan yang bertelur.

Jika terjadi kesulitan dalam mengawinkan lobster maka berilah makan yang merangsang induk betina matang gonad. misalnya cacing tanag dan tauge/ kacang ijo. Frekwesi pemberian duakali sehari 25% pada pagi hari dan 75% pada malam hari/sore.

Cara memilih induk yang berkualitas.
1. Pilih lobter yang pertumbuhannya paling cepat diantara pertumbuhan lobster lain.
2. Beli Indukan ditempat Penjual yang terpercaya.
3. Perhatikan kelaminnya jangan pilih lobster banci.Betina asli : Dihitung dari belakang kaki ketiga dipangkalnya terdapat bulatan kecil di kaki kiri dan kanan. Jantan asli : Pada pangkal kaki pertama dari belakang terdapat benjolan yang menonjol keluar.
4.Hindari lobster yang kepalanya besar tapi tubuh dan ekornya kecil.
5. Kawinkan lobster ketika panjang lobster mencape ukuran 10 cm.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:16

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.