loading...

Penyebab Rambut Beruban, Dari Hitam Menjadi Putih

Posted by

Macam-macam Penyebab Rambut Beruban
Penyebab tumbuhnya uban yang paling natural adalah faktor U yaitu usia atau umur. Seiring bertambahnya umur mau tidak mau rambut hitam akan berubah menjadi putih akibat banyaknya uban yang timbul. Tanpa disemir atau obat lainnya, tumbuhnya uban pada usia tua adalah proses yang wajar dan biasa saja. Tetapi bagaimana jika saat masih muda sudah timbul uban dikepala? Tidak hanya satu dua helai saja tetapi banyak? Bahkan melebihi uban orang-orang yang sudah berumur. Apa Penyebabnya?

Ternyata banyak sekali penyebab tumbuhnya uban saat usia masih muda, berikut ini diantara penyebab uban tumbuh saat usia muda:

Kondisi kulit kepala yang kotor
Kondisi kulit kepala yang kurang bersih ternyata dapat menjadi penyebab lain munculnya uban. Oleh sebab itu, rawatlah rambut anda secara teratur.

Pewarnaan rambut
Sering menggunakan pewarna rambut bisa merusak rambut. Bahan kimia yang hadir di dalamnya dapat merusak sel-sel melanin.

Mencuci rambut dengan air sadah
Mineral dan oksidan hadir dalam air sadah menyebabkan rambut rontok; kering, kusam, tipis dan keriting. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan rambut beruban.

Ketidakseimbangan hormon
Perubahan hormon sangat berperan untuk menentukan kondisi kulit dan rambut. Setiap perubahan hormonal yang signifikan dalam tubuh seperti kehamilan atau penyakit tiroid dapat menyebabkan tumbuhnya uban prematur.

Menopause dini
Wanita yang mengalami menopause dini beresiko beruban prematur dan mungkin memerlukan penanganan medis.

Kekurangan asam folat
Asam folat sangat penting bagi tubuh manusia. Kekurangan vitamin ini tidak hanya memperlambat pertumbuhan rambut anda, namun juga bisa menyebabkan rambut anda berubah warna menjadi abu-abu.

Penyakit tiroid
Salah satu penyebab munculnya uban di rambut yaitu penyakit tiroid. Tiroid yang kurang atau terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menghasilkan uban prematur. Jadi, pastikan untuk memeriksa kadar tiroid anda jika tiba-tiba muncul uban.

Kekurangan vitamin B12
Defisiensi B12 berhubungan erat dengan munculnya uban rambut prematur. Vitamin B12, seng dan tembaga berperan memberi makan untuk rambut. Oleh karenanya, selalu sertakan makanan yang kaya vitamin B12 dalam diet anda.

Genetik
Alasan lain tumbuhnya uban prematur pada rambut yaitu karena genetik. Jika orang tua anda pernah mengalami kelainan ini, kemungkinan besar akan diturunkan kepada anda.

Vitamin C dan E
Jika tubuh mengalami kekurangan vitamin C dan E, maka rambut anda akan berubah menjadi abu-abu. Kekurangan dua vitamin tersebut mereka dapat mengurangi jumlah sel-sel yang betugas menghasilkan melanin sehingga menyebabkan rambut beruban.

Merokok
Merokok juga merupakan salah satu faktor penyebab utama munculnya uban di usia dini. Merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok. Radikal bebas tersebut nantinya akan menurunkan tingkat melanin.

Makanan cepat saji
Selain merokok, gaya hidup lain yang tidak menyehatkan adalah sering mengkonsumsi junk food. Junk food atau makanan olahan dapat mempercepat penuaan rambut dengan mengurangi produksi melanin. Orang-orang yang sangat kecanduan junk food cenderung memiliki rambut beruban di usia muda.

Stres
Stres memang terbukti berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah rambut rontok dan rambut beruban prematur. Segala bentuk guncangan batin, seperti syok, sedih dan gelisah dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin.

Diet yang salah
Penyebab lain munculnya uban yaitu penerapan diet yang tidak seimbang. Ketika tubuh anda tidak mendapatkan suplai vitamin dan mineral yang tepat, maka fungsi tubuh anda tidak berjalan dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk rambut beruban.

Penggunaan hair dryer dan catok rambut secara berlebihan
Jika anda terlalu sering menggunakan hair dryer atau catok rambut, hal ini dapat membuat batang rambut anda menjadi lemah. Panas yang dihasilkan oleh alat tersebut dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menyebabkan beruban prematur.

Bisa dikatakan bahwa tumbuhnya uban di kepala pada saat usia masih muda sangat terkait dengan kebiasaan atau pola hidup yang cenderung tidak sehat terutama pada pola makannya. Ternyata banyak makanan olahan yang sering dikonsumsi akan bisa memicu dan mempercepat tumbuhnya uban di kepala.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:22

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.