loading...

Mengapa Pinguin Bisa Lama Menyelam di Dalam AIr?

Posted by

Pinguin, Hewan Lucu Yang Pandai Berenang


Pinguin

Pinguin merupakan burung yang tidak bisa terbang namun sangat pandai berenang dan menyelam
Pinguin adalah spesies burung yang tidak bisa terbang dan tubuhnya tidak ditutupi dengan bulu yang lebat karena memang fungsi dari bulu pinguin tidak untuk terbang seperti jenis burung pada umumnya. Pinguin termasuk dalam ordo Sphenisciformes dan tergolong famili Spheniscidae, kebanyakan famili mereka adalah hewan akuatik.

Hewan akuatik adalah hewan yang hidup dan melakukan aktivitasnya kebanyakan berada di air, oleh karena itu pinguin merupakan burung yang tidak dapat terbang. Pinguin kebanyakan hidup diwilayah bumi bagian selatan atau dikutub. Diseluruh belahan dunia terdapat 16 jenis spesies pinguin. Spesies pinguin terbesar adalah Pinguin kaisar (Aptenodytes forsteri) dengan tinggi mencapai 1,1 meter dan berat hingga mencapai 35 kg bahkan lebih.

Secara umum ukuran pinguin akan mempengaruhi daya tahan tubuh pinguin dihabitatnya, pinguin kaisar memiliki tubuh yang besar sehingga habitat pinguin ini berada di daerah kutub yang suhunya sangat dingin, sedangkan paa jenis spesies pinguin yang lebih kecil habitat mereka akan berada pada daerah yang lebih hangat bahkan tropis. Pinguin juga termasuk karnivora karena makanan pinguin adalah krill (sejenis udang), ikan, cumi-cumi, dan hewan air kecil lainnya. Pinguin dapat meminum air laut karena dia memiliki kelenjar spraorbital pada tubuhnya. fungsi kelenjar tersebut adalah untuk menyaring kadar garam dari air laut yang diminum pinguin agar tidak berlebihan pada aliran darah. Lalu garam tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk cairan lewat saluran pernapasan pinguin.

Pinguin memiliki warna hitam pada tubuh bagian luar dan putih pada tubuh bagian dalamnya, warna itu dapat membuat pinguin berkamuflase dari predator pemangsanya ketika dia sedang berenang dilaut untuk mencari makan. Meskipun pinguin adalah burung yang tidak dapat terbang tetapi pinguin sangat gesit dan lincah ketika berenang didalam air. Hal itu disebabkan oleh fungsi dari sayap burung pinguin yang seperti sirip ikan dan bentuk tubuh burung pinguin yang sesuai untuk berenang cepat. Pinguin mampu berenang dengan kecepatan 6 hingga 12 km/jam bahkan dapat mencapai 27 km/jam pada kondisi tertentu. Seperti halnya burung yang lain pinguin juga berkembang biak secara ovipar (bertelur). Telur pinguin biasa dierami oleh pinguin jantan sedangkan pinguin betina pergi mencari makanan. Pinguin merupakan hewan yang juga senang hidup dalam kawanan atau sebuah koloni besar.

Bagaimana Pinguin Bisa Bertahan Lama Menyelam Dalam Air Laut Saat Mencari Ikan Sebagai Makanannya?

Jawabnya adalah:
Menurut penelitian ternyata darah pinguin mampu menyimpan oksigen yang sangat banyak dan saat menyelam pinguin bisa "memerintahkan" jantungnya agar bekerja lebih lambat sehingga bisa sangat menghemat oksigen yang tersimpan dalam darah pinguin tersebut. Jadi mekanisme tersebut adalah penyebab mengapa pinguin bisa bertahan lama menyelam di dalam air.

Mengapa Pinguin Tidak Bisa Terbang?

Makanan Utama Penguin Berada di Dalam Air
Seperti yang kita ketahui,makanan utama penguin adalah ikan dan makhluk hidup laut lainnya semisal udang dan cumi-cumi.

Ikan yang menjadi santapan utama penguin ini berenang cukup dalam di bawah permukaan air, Sehingga apa bila pinguin terbang seperti elang atau burung pemakan ikan lainnya yang mencari makanan dengan menyergap ikan yang berenang di permukaan akan membuat pinguin sulit mendapatkan makanan-nya.
 
Pinguin Memiliki Bobot Tubuh Yang Berat
Penguin tidak bisa terbang di udara karena sayap mereka terlalu kecil untuk dapat mengangkat berat badan mereka yang cukup besar. Daya yang diperlukan untuk tetap melayang melawan gravitasi sebanding dengan lebar sayap. Sayap yang penguin miliki berukuran sangat kecil, selain itu bobot tubuh mereka juga sangat berat.

Pinguin Memiliki Sayap Yang Kecil
Mengapa pinguin memiliki sayap yang kecil?, Karena,dengan sayap kecil tersebut penguin hanya terkena sedikit hambatan oleh air dan membuat penguin lebih lincah dan tangkas di dalam air.

Tulang sayap mereka menyatu dengan lurus, bukan miring seperti burung terbang, dan hal ini membuat sayap penguin lebih kaku dan lebih kuat seperti sebuah sirip.

Sayap kecil dan bentuk tubuh yang ramping penguin sangat ideal untuk menyelam di dalam air.Sayap yang lebih besar akan menciptakan hambatan ketika berenang di dalam air, sedangkan sayap penguin yang berukuran kecil sangat baik untuk berenang dan menyelam dalam kecepatan tinggi.
 
Penguin Dirancang Untuk Menyelam Bukan Terbang
Penguin memiliki tingkat mioglobin yang lebih tinggi. Mioglobin adalah cara utama penguin untuk menyimpan cadangan oksigen ketika menyelam dalam waktu yang lama Berbeda dengan otot pada burung terbang yang dipenuhi dengan mitokondria dan enzim untuk menambah daya dan energi yang digunakan untuk penerbangan.

Burung terbang tidak bisa menghabiskan banyak waktu di bawah air seperti penguin karena mereka memiliki mioglobin lebih sedikit.

Selain itu, bulu penguin juga dioptimalkan untuk lingkungan akuatik. Bulu penguin yang pendek dan ketat untuk membuat permukaan halus sehingga hambatan ketika menyelam di dalam air akan menjadi lebih rendah, Sedangkan burung terbang memiliki bulu yang sangat halus untuk menjebak udara dan mengangkat mereka terbang di angkasa.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:36

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.