loading...

Mengapa Burung yang Bertengger di Kabel Listrik Tidak Kena Setrum ?

Posted by

Burung Tidak Tersengat Listrik Saat Bertengger di Kabel, Ini Alasannya!

Kalau listrik mengalir lewat tubuh seseorang atau seekor binatang, alirannya akan menimbulkan sengatan. Tetapi kalau burung bertengger di kabel, listrik mengalir lewat kabel dan tidak melalui burung itu. Itulah sebabnya mengapa si burung tidak kena setrum.

Burung Bertengger di Kawat Listrik


Listrik mengalir karena adanya perbedaan voltase antara ujung kabel yang satu dan ujung kabel yang lain. Sebagaimana air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, arus listrik mengalir dari voltase tinggi ke voltase rendah. Perbedaan antara kabel listrik dan tanah dapat sebesar 100 hingga beberapa ribu volt. Kalau adasesuatu yang memberi jalan antara kabel itu dan tanah, listrik akan mengalir melewatinya.

Bagaimana sengatan listrik dapat menewaskan burung?

Kalau arus listrik melewati suatu benda, akan timbullah panas. Kalau arus kuat melewati burung atau binatang lain, panas yang timbul dapat menyebabkan luka bakar parah. Sengatan listrik dapat menyebabkan jantung binatang berhenti berdenyut. Arus yang sangat kuat dapat menyebabkan cedera parah atau bahkan menyebabkan kematian, tetapi arus yang lemah biasanya tidak berbahaya.

Penjelasan Ilmiah:

Arus listrik akan mengalir dari tegangan tinggi ke tegangan rendah seperti air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah. Bumi atau tanah memiliki tegangan rendah, maka listrik selalu mengalir ke bumi dari sumber tegangan melalui konduktor.

Tubuh kita merupakan konduktor yang baik, sehingga mampu mengalirkan listrik dari sumber listrik ke bumi jika kita tidak menggunakan alas kaki atau langsung menginjak tanah. Listrik akan mengalir jika ada rangkaian tertutup seperti percobaan yang dilakukan di sekolah.

Sebuah lampu yang dihubungkan dengan batere akan menyala jika saklarnya dihubungkan. Artinya, terjadi perpindahan potensial dari kutub negatif ke kutub positif. Jika kutub yang dihubungkan sejenis, maka listrik tidak akan mengalir.

Bagaimana dengan burung? Burung hanya menginjak salah satu kabel dari kawat listrik dan tidak menyebabkan perbedaan potensial pada kabel listrik tersebut sehingga tidak terjadi aliran listrik yang menyetrum burung. Kalau sampai burung tanpa sengaja menginjak dua kabel, yaitu kabel bertegangan dengan kabel yang netral, burung tersebut juga akan kesetrum.

Selain itu, burung juga tidak menyentuh tanah, sehingga listrik dari kabel bertegangan tinggi tidak mengalir ke bumi yang bertengangan rendah. Jadi, kalau kamu pengen mencoba bertengger di atas kawat listrik tanpa kesetrum, pastikan kamu hanya menginjak salah satu kabel dan pastikan tubuhmu tidak menyentuh tanah.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:28

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.