loading...

Memandikan Kucing? Gampang-gampang Susah, Ini Caranya!

Posted by

Cara Sederhana Memandikan Kucing Yang Benar

1. pastikan kucing dalam keadaan dan saat yang “ready” untuk mandi. maksudnya adalah mandikanlah pada saat pagi atau siang hari (jangan pada malam hari) dan kucing dalam keadaan sehat, tidak flu sedikitpun atau masih berada di 7 hari setelah vaksin atau setelah minum obat cacing. karena apabila tetap dimandikan akan beresiko untuk si kucing dimana pada masa itu stabilitas tubuh kucing tidak dalam keadaan fit dan siap sehingga kucing bisa mengalamii stress dan jatuh sakit.

2. siapkan terlebih dahulu air hangat (minimal sehangat kuku gitu deh -tes dengan kuku anda apakah cukup menghangatkan atau tidak-). namun apabila kucing anda memiliki kutu yang banyak, saya usulkan pakai air yang lebih hangat lagi untuk pembilasan awal sebelum memakai shampoo, hal ini untuk memicu kutu-kutu tersebut keluar akibat efek panas yang oleh air bilas tersebut.

3. memandikan kucing akan lebih baik apabila membilasnya dengan memakai shower, hal ini akan mempermudah proses pemandian. tapi apabila tidak memiliki akan lebih baik lagi memandikannya dengan memakai tempat pemandian bayi atau ember setinggi leher kucing. kucing pun bisa direndamkan secara berdiri dalam ember tersebut yang telah berisi air hangat dengan maksimal batas ketinggian air setinggi leher. but be carefull, karena kucing bisa terendam kelelep bila kita lengah, cara mengantisipasinya adalah dengan memegangi leher belakang si kucing terus memerus selama proses pemandian berlangsung dan membiarkan kaki depan si kucing untuk tetap berada memegang pinggiran atas ember agar si kucing tetap dapat berdiri.

3. bilaslah seluruh badan si kucing dan jangan lupa untuk membilas bagian muka si kucing dengan tangan atau kain basah hati-hati, karena apabila air sampai masuk pada telinga, hidung dan mata secara berlebihan hal itu dan merusak indera si kucing tersebut.

4. sabuni dan gosoklah dengan perlahan bulu si kucing dengan shampoo khusus kucing. namun apabila tidak ada, pakailah shampoo khusus bayi untuk menjaga kelembutan bulu si kucing.jangan pernah memakai shampoo mandi dewasa atau sabun mandi, apalagi sabun colek, hasil bersihnya memang bisa sama, tapi kehalusan bulu si kucing yang akan berubah.

5. bilaslah kembali si kucing hingga bersih, tetaplah pakai air hangat apabila masih mencukupi, pastikan bahwa tidak ada busa shampoo yang masih tersisa.

6. setelah dibilas hingga bersih, keringkan si kucing. ada 2 tahap dalam mengeringkan si kucing, tahap pertama adalah dengan memakai handuk, dan tahap selanjutnya adalah dengan memakai blower/pengering rambut. tahap pertama untuk memastikan bahwa bulu si kucing sudah tidak jenuh air dan untuk mempermudah dan mempersingkat tahap pengeringan memakai blower yang mana fungsinya adalah untuk memastikan si kucing benar-benar kering 100%.

7. pastikan bahwa si kucing benar-benar kering pada tahap pengeringan dengan memakai blower, karena apabila tubuh kucing masih dalam keadaan lembab akan berpotensi untuk menjadi sarang kutu dan jamur ditubuhnya.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:19

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.