loading...

Mau Membeli Anggrek? Ini Cara Memilih Anggrek Yang Baik

Posted by

Cara Memilih dan Membeli Anggrek Yang Baik
Add caption

Membeli anggrek adalah pekerjaan gampang-gampang susah. Apalagi bagi mereka yang tinggal didaerah yang memiliki cuaca panas. Untuk daerah dingin relatif lebih mudah dalam membeli dan memilih anggrek yang akan ditanam karena kondisi cuacanya lebih mendukung kehidupan berbagai macam anggrek. Resiko terbesar jika salah saat memilih anggrek yang akan dibeli adalah anggrek bisa mati atau tetap tumbuh tetapi tidak pernah berbunga sepanjang hidupnya. Jadilah kita hanya merawat daun anggrek tanpa bunga. Jadi bagaimana cara memilih anggrek yang tepat dan bagus untuk ditanam?

Anggrek, tanaman hias berbunga yang sudah lama dikenal di Indonesia. Bahkan Indonesia merupakan sumber anggrek spesies terbesar didunia. Anggrek merupakan tanaman hias berbunga yang paling banyak peminatnya. Karena bunganya yang indah dan banyak variasinya, mudah didapat dan harga terjangkau, perawatannya mudah. Dengan teknologi silangan (hybrid), dihasilkan beraneka ragam corak bunga anggrek. Sampai ratusan kombinasi warna.

Sebelum menentukan untuk membeli, jenis anggrek apa yang menjadi pilihan, pengetahuan tentang karakter kultur sangatlah penting. Yang mana, akan berhubungan dengan cara perawatan selanjutnya. Jangan sampai salah pilih. Sehingga mengalami kesulitan dalam perawatan. Anggrek tidak mau tumbuh dengan baik bahkan tidak berbunga. Hal yang perlu juga diperhatikan adalah syarat pertumbuhan dari jenis anggrek yang akan dipilih.

Membeli anggrek mau di tempatkan dimana. Didaerah yang panas atau dingin. Karena setiap jenis anggrek mempunyai daerah pertumbuhan yang berbeda, kebutuhan temperatur dan kelembaban yang berbeda pula. Jangan sampai salah membeli, anggrek bulan (phalaenopsis) ditanam didataran rendah, panas dan kering. Yang mana seharusnya untuk daerah dataran sedang sampai tinggi, yang mempunyai kelembaban yang tinggi. Kesalahan penempatan/daerah penanaman akan mengakibatkan pertumbuhan tanaman anggrek tersebut tidak maksimal dan bunga akan jarang keluar.

Beragam tanaman anggrek dijual dipasaran. Dari umur remaja sampai yang sudah berbunga. Di nurserypun menyediakan dalam jumlah yang besar. Sehingga mudah sekali hobiis untuk mendapatkan tanaman anggrek. Namun untuk mendapatkan tanaman yang berkualitas, dalam arti tanaman sehat dan diharapkan rajin berbunga, tidak asal ambil saja. Secara umum yang perlu dilakukan adalah cari nursery anggrek yang berkualitas. Mempunyai besar tanaman seragam dan perawatannya bagus.

Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan oleh para hobiis, ketika membeli dan memilih tanaman anggrek di pasaran/nursery.

1. Daun berwarna hijau dan segar

Tanaman anggrek yang sehat daunya berwarna hijau mulus. Tidak ada bintik-bintik hitam bekas serangga atau hangus karena sinar matahari. Daun yang segar menandakan perakaran tanaman sudah bagus, perawatan juga bagus. Sedang daun yang kekuningan dan mungkin sampai layu bisa disebabkan karena serangan jamur. Atau bisa juga tanaman kurang perawatan/penyiraman dan pemupukan.

2. Batangnya gemuk

Tanaman anggrek dengan perawatan yang bagus, yaitu pemupukan sesuai dosis dan rutin, penyiraman tidak pernah terlambat, akan dihasilkan tanaman dengan batang yang gemuk. Batang gemuk perlu diperhatikan adalah gemuk yang kokoh, bukan gemuk yang lembek. Batang gemuk, tapi tidak kokoh atau lembek, biasanya tanaman dipacu dengan pemupukan N yang tinggi. Hal ini perlu dihindari, karena tanaman akan mudah loyo dan busuk. Tanaman anggrek dengan batang kurus biasanya kurang pemupukan dan penyiraman.

3. Perakaran kokoh

Tanaman anggrek bila sudah kuat/tidak goyang dipotnya, menandakan bahwa tanaman tersebut sudah kuat perakarannya/banyak akarnya. Hal ini bisa terjadi bila perawatan tanaman tersebut bagus. Tanaman anggrek yang masih goyang dipotnya, menandakan tanaman tersebut belum banyak tumbuh akar. Karena perawatan yang kurang bagus. Bisa juga baru dipisah dari indukannya. Atau baru ganti pot.

Anggrek sebagai tanaman hias, yang utama dilihat adalah bunganya. Namun demikian bukan berarti batang dan daun tidak diperhatikan. Sebelum berbunga proses pertama adalah pertumbuhan batang dan daun. Bila terjadi keterlambatan pertumbuhan batang dan daun dapat dipastikan anggrek tersebut juga terlambat berbunga, bahkan tidak berbunga sama sekali. Kesatuan dari ketiganya akan tercipta keindahan yang fantastis. Batang yang gemuk dan kokoh, daun tebal hijau segar dan mulus, serta bunga yang menawan adalah idaman semua hobiis tanaman anggrek.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:44

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.