loading...

Macam-Macam Mesin Fax dan Cara Menggunakannya

Posted by

Perawatan Mesin facsimile dan Cara Penggunaannya

Mesin facsimile masih sangat dibutuhkan saat ini, walaupun sudah ada komputer yang terhubung dengan internet yang memungkinkan seseorang mengirimkan dokumen melalui surat elektronik atau e-mail. Penggunaan mesin facsimile masih dibutuhkan oleh banyak perusahaan untuk mengirim data transaksi terutama purchase order, yang harus ditandatangani dan distempel secara manual, karena tandatangan dan stempel yang discan dirasakan oleh banyak kalangan kurang valid.

Tentunya anda juga sudah tahu fungsi mesin facsimile yaitu :
Mengirim data atau dokumen
Menerima data atau dokumen

BAGAIMANA MERAWAT MESIN FACSIMILE ?

Dengan memahami fungsi dari mesin tadi tentunya kami juga akan mencoba menjelaskan bagaimana cara kerja dari mesin tersebut :

1. Pengiriman data atau dokumen

Pengiriman data ini dilakukan oleh bagian scaner atau lebih spesifik lagi disebut dengan Contact Image Sensor/CIS, pada mesin facsimile lama masih menggunakan CCD. Berbeda dengan mesin fotocopy cara kerja perekaman data dengan sistem moving document atau dokumen yang bergerak. Pergerakan ini dilakukan dengan motor dan Roller feeder.

Bentuk CIS apabila kita lihat dengan membuka bagian depan mesin berupa kaca, apabila kaca ini kotor maka hasil pengiriman dokumen menjadi tidak bersih menjadi buram dan banyak bintik-bintik hitam. Untuk menjaga hasil pengiriman yang baik CIS ini harus dibersihkan dari debu dengan menggunakan kain majun yang dengan diberikan cairan pembersih sebagaimana kita membersihkan kaca rumah kita. Pada bagian cover terdapat plastik yang menempel berwarna putih untuk mesin kecil brother berupa feed roll berwarna putih bagian ini juga harus dibersihkan karena merupakan dasar putih perekaman data, apabila bagian ini kotor hasilnya jadi buram.

Bagian feed roller harus dibersihkan karena bila terkena debu penarikan dokumen menjadi lebih lama, hal ini akan menyebabkan dokumen menjadi lebih panjang dibandingkan dengan dokumen asli.

Jangka periodik yang dianjurkan untuk melakukan hal diatas adalah tiga bulan sekali.

2. Menerima dokumen

Pada bagian ini adalah pencetakan dokumen. Pada bagian ini ada dua sistem pencetakan.

2.1. Thermal sistem

Menggunakan thermal head sebagai pencetak ada dua pada sistem ini yaitu kertas gulungan dan kertas HVS dengan menggunakan film karbon sebagai media tinta.

Sistem yang menggunakan kertas gulung kita pelu memprhatikan kwalitas kertas karena setiap kertas mempunyai kepekatan yang berbeda, dengan menggoreskan kuku pada permukaan kertas yang licin akan terlihat kepekatan kertas. Sedangkan sistem yang menggunakan kertas hvs A4 dengan karbon film hasil pencetakan ditentukan oleh kwalitas karbon film.

Untuk bagian thermal head ini sebaiknya kita berhati-hati karena sangat rawan, bagian panjangnya selebar kertas ukuran A4 dan folio, jangan sampai tergores akan menyebabkan cacat pada hasil penerimaan.

2.2. Drum unit

Untuk saat ini mesin facsimile jenis ini menggunakan teknologi lasr sebagai penulis permukaan drum cara kerjanya mirip fotocopy digital. Yang perlu diperhatiakan pada mesin jenis ini bagian kaca antara drum unit dan laser, karena bagian ini sering terkena toner saat kita mengganti toner. Apabila bagian ini kotor hasil terima akan buram.

Perawatan mesin ini dianjurkan sebulan sekali.

Untuk beberapa hal misalkan mesin fax tidak hidup sama sekali, tidak ada nada tone, paper jamed, tidak bisa kirim dan terima atau kendala tenik lainnya sebaiknya anda menghubungi teknisi Faks atau membawa ketempat srvice centre mesin facsimile tersebut.

Itulah sedikit gambaran yang bisa diuraikan disini. Tentunya faktor kebersihan mesin itu sendirilah yang membuat hasil yang kita kirim menjadi bagus. Semoga dapat bermanfaat.

Cara Mengisi Memory Fax Panasonic KX-ft 63


mengisi memory ini sama halnya seperti phone book

pemograman nomor telefon/fax
tekan Direktory Program
masukan nama dengan menggunakan key pad atau Easy Dial, lalu tekan start /copy[set] untuk menyimpan
masukan nomor telefon dengan menggunakan key pad atau Easy Dial, lalu tekan start/copy[set] untuk menyimpan
ulangi langkah 2 sampai 3 untuk menyimpan nomor berikutnya
tekan stop untuk keluar program

penggunaan key pad untuk memasukan nama

1 = 1 [ ] { } + -/ = , ._ ‘ : ; ? l

2 = A B C a b c 2

3 = D E F d e f 3

4 = G H I g h i 4

5 = J K L j k l 5

6 = M N O m n o 6

7 = P Q R S p q r s 7

8 = T U V t u v 8

9 = W X Y Z w x y z 9

0 = 0 < > ”

← untuk menggeser kursor kekiri

→ untuk menggeser kursor kekanan

MUTE untuk –

Receive mode untuk spasi

stop untuk menghapus karakter

contoh untuk mengisi nama “Office”

6 =3x → 3 =6x → 3 =6x → 4=6x → 2=6x → 3=5x tekan start/copy[set]

mengedit nama dan nomor yang telah disimpan
putar easy dial hingga terlihat nama yang dicari
tekan direktory program
tekan tanda bintang
masukan nama baru dengan key pad atau easy dial, lalu tekan star/copy[set]
masukan nomor telefon/fax dengan key pad atau easy dial, lalu tekan start/copy[set]

menghapus nomor dan nama yang tersimpan
putar easy dial hingga muncul nama yang dicari
tekan direktory program
tekan tanda pagar
tekan start/copy[set]

mengirim dokumen dengan easy dial
masukan dokumen hingga terdengar nada beep
putar easy dial hingga terlihat nama yang akan dikirim
tekan start/copy[set]

Cara Menggunakan Mesin Fax




Bagi orang yang baru pertama kali menggunakan mesin fax/facsimile/faximili memang sangat membingungkan cara menggunakan mesin fax. Pada tulisan ini akan dijelaskan cara menggunakan mesin fax.

Menghidupkan/turn on mesin fax

Mesin fax yang ada di Indonesia semua menggunakan power konsumsi 220 V ac 50-60Hz sesuai dengan tegangan PLN. Masukan steker pada stop kontak listrik yang tersedia. Mesin fax akan hidup dan lihat pesan di layar display yang akan di front panel.

Pesan yang ada dilayar display *untuk dengan thermal paper

OPEN COVER/OUT OF PAPER buka cover dan masukan kertas sesuai dengan petunjuk yang ada di tempat meletakan kertas.

PRESS START tekan tombol START perhatikan mesin bekerja, untuk mesin fax yang menggunakan cutter mesin akan memotong kertas dan yang tidak ada pemotong hanya keluar kertas saja.

10 : 35 AM mesin fax sudah stanby

langkah berikutnya masukan jack telefon dimesin dibagian yang tertulis Line, lalu coba angkat gagang handset atau tekan tombol sp-phone/monitor dengarkan nada tone, apabila ada nada tone berarti mesin sudah siap untuk digunakan.

Mengirim Dokumen atau naskah / Kirim fax

Cara Pengiriman ada dua cara :


1. Manual *
siapkan dokumen yang akan dikirim
masukan dokumen secara face down /tulisan membelakangi si pengirim
angkat handset/tekan tombol sp-phone/monitor akan terdengar tone
masukan nomor fax tujuan
apabila sudah terdengar nada fax / beef panjang, tekan tombol start
mesin fax akan bekerja, dan tunggu sampai dokumen terkirim
dan display X DOCUMENT SENT X adalah banyaknya dokumen
*cara ini digunakan bila nomer yang dituju belum pasti terhubung dengan mesin fax atau posisi penerima di set dengan Tel mode, karena banyak pengguna yang memakai nomer fax sekaligus sebagai nomer telefon.
2. Otomatis **
siapkan dokument yang akan dikirim
masukan dokumen secara face down /tulisan membelakangi si pengirim
masukan nomer tujuan dan tekan start
mesin fax akan bekerja, dan tunggu sampai dokumen terkirim
dan display X DOCUMENT SENT X adalah banyaknya dokumen

**cara ini dilakukan apabila nomer tujuan memang khusus untuk fax untuk mesin lama tipe Vxx tidak perlu tekan start.

Menerima Dokumen fax

1. Manual

cara manual digunakan apabila seseorang menggunakan dua fungsi fax dan telefon, untuk langkah ini seseorang mensetting TEL untuk RECEIVE MODE.

Bila terdengar nada dering angkat hanset/tekan sp-phone pastikan apakah suara manusia atau beef panjang fax, jika suara manusia lanjutkan pembicaraan bila beef panjang fax tekan start, display RECEIVING dan kiriman akan dicetak.

untuk mesin fax yang mempunyai fasilitas friendly reception dan mengaktifkannya/posisi “on” tidak perlu tekan START cukup letakan handset pada tempatnya dokumen akan di cetak secara otomatis.

2. Otomatis

cara ini digunakan mesin memang khusus untuk menerima dokumen, cukup aktifkan RECEIVE MODE pada posisi “on” atau pada posisi FAX ONLY.

Macam-Macam Merk Mesin Fax






Macam-macam merk mesin fax antara lain Panasonic, Brother, Sharp, sahitel, baik yang menggunakan paper roll maupun yang menggunakan toner. seperti Fax Panasonic KX-Ft 61, Fax Panasonic KX-Ft 63, Fax Panasonic KX-Ft 67, Fax Panasonic KX-Ft 71, Fax Panasonic KX-Ft 73, Fax Panasonic KX-Ft 77, Fax Panasonic KX-Ft 901, Fax Panasonic KX-Ft 903, Fax Panasonic KX-Ft 907, Fax Panasonic KX-Ft 931, Fax Panasonic KX-Ft 933, Fax Panasonic KX-Ft 937, Fax Panasonic KX-Ft 981, Fax Panasonic KX-Ft 983, Fax Panasonic KX-Ft 987, Panasonic KX-LB512, Panasonic KX-LB612, Panasonic KX-LB802, Panasonic KX-LB882, Panasonic KX-LB775, Panasonic KX-fp342, Panasonic KX-fp701, Panasonic KX-fp362 dan type lainnya.

Mesin fax memerlukan perawatan agar hasil pengiriman dan penerimaan dokumen dapat dijaga kwalitasnya. adapun untuk ketentuan untuk fax panasonic yang menggunakan roll paper mesin fax pansonic memberi type kx-ft / KX-F31BX, KX-F33BX, KX-F37BX, KX-FT61, KX-FT 63, KX-FT67, KX-FT901,KX-FT 903, KX-FT907, KX-FT931, KX-FT933, KX-FT 937, KX-FT 981, KX-FT 983, KX-FT 987, ft berarti facsimile thermal yaitu fax panasonic yang menggunakan thermal head sebagai print head dengan media printing thermal paper yaitu kertas gulungan yang akan menjadi hitam bila terkena panas, untuk perawatan fax panasonic jenis ini lakukan perawatan 1 (satu) kali dalam 3 bulan, bersihkan semua bagian baik dalam maupun luar mesin sehingga mesin menjadi bersih luar dan dalam. kebersihan mesin fax/facsimile menjadikan hasil pengiriman dan penerimaan fax kita menjadi bagus.

Untuk type lain adalah yang menggunaka kertas hvs sebagai media printing fax panasonic diberi type KX-FP p=plain paper menggunakan meggunakan film carbon sebagai tinta.perawatan mesin ini 1 bulan 1 kali harus dibersihkan terutama pada bagian tempat film dan thermal transfer.

Untuk type lainnya adalah KX-L yaitu mesin fax panasonic yang menggunakan teknologi laser sebagai penulis pada bagian drum, prinsip kerjanya cetaknya mrip dengan mesin fotocopy dengan tinta toner. perawatan mesin ini dianjurkan 1 bulan sekali.

Mesin fax memerlukan perawatan agar hasil pengiriman dan penerimaan dokumen dapat dijaga kwalitasnya. adapun untuk ketentuan untuk fax panasonic yang menggunakan roll paper mesin fax pansonic memberi type kx-ft, ft berarti facsimile thermal yaitu fax panasonic yang menggunakan thermal head sebagai print head dengan media printing thermal paper yaitu kertas gulungan yang akan menjadi hitam bila terkena panas, untuk perawatan fax panasonic jenis ini lakukan perawatan 1 (satu) kali dalam 3 bulan, bersihkan semua bagian baik dalam maupun luar mesin sehingga mesin menjadi bersih luar dan dalam. kebersihan mesin fax/facsimile menjadikan hasil pengiriman dan penerimaan fax kita menjadi bagus.

Untuk type lain adalah yang menggunaka kertas hvs sebagai media printing fax panasonic diberi type KX-FP p=plain paper menggunakan meggunakan film carbon sebagai tinta.perawatan mesin ini 1 bulan 1 kali harus dibersihkan terutama pada bagian tempat film dan thermal transfer.

Untuk type lainnya adalah KX-L yaitu mesin fax panasonic yang menggunakan teknologi laser sebagai penulis pada bagian drum, prinsip kerjanya cetaknya mrip dengan mesin fotocopy dengan tinta toner. perawatan mesin ini dianjurkan 1 bulan sekali.

Mesin fax memerlukan perawatan agar hasil pengiriman dan penerimaan dokumen dapat dijaga kwalitasnya. adapun untuk ketentuan untuk fax panasonic yang menggunakan roll paper mesin fax pansonic memberi type kx-ft, ft berarti facsimile thermal yaitu fax panasonic yang menggunakan thermal head sebagai print head dengan media printing thermal paper yaitu kertas gulungan yang akan menjadi hitam bila terkena panas, untuk perawatan fax panasonic jenis ini lakukan perawatan 1 (satu) kali dalam 3 bulan, bersihkan semua bagian baik dalam maupun luar mesin sehingga mesin menjadi bersih luar dan dalam. kebersihan mesin fax/facsimile menjadikan hasil pengiriman dan penerimaan fax kita menjadi bagus.

Untuk type lain adalah yang menggunaka kertas hvs sebagai media printing fax panasonic diberi type KX-FP p=plain paper menggunakan meggunakan film carbon sebagai tinta.perawatan mesin ini 1 bulan 1 kali harus dibersihkan terutama pada bagian tempat film dan thermal transfer.

Untuk type lainnya adalah KX-L yaitu mesin fax panasonic yang menggunakan teknologi laser sebagai penulis pada bagian drum, prinsip kerjanya cetaknya mrip dengan mesin fotocopy dengan tinta toner. perawatan mesin ini dianjurkan 1 bulan sekali.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:12

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.