loading...

Khasiat dan Manfaat Okra Serta Cara Mengolahnya

Posted by

Mengenal Manfaat Okra, Sayur Khas Kuliner India

manfaat khasiat okra
Okra Abelmoschus esculentus berasal dari Asia Tenggara. Namun lebih populer di India, Afrika Barat, dan Brasil. Para pekebun di Indonesia, mulai menanam okra sejak 1877. Teysmann menulisnya dalam sebuah jurnal het Natuurkunding Tijdschr v.N.I. jilid 38 halaman 55, bahwa ketika kunjungannya ke Makassar pada 1877 melihat biji okra diperdagangkan dengan nama kopi jawa dan dikirim ke Singapura sebagai pengganti (surogaat) kopi. Buahnya yang panjang melancip dari eksemplar-eksemplar dimakan mentah sebagai sayuran, penduduk mengkonsumsinya sebagai lalap.
Okra adalah sayuran sangat sehat untuk dikonsumsi masyarakat kita, tetapi kenapa yang banyak mengkonsumsi adalah bangsa lain seperti: Arab Saudi, Malaysia, Singapura, India, Jepang sampai saat ini export ke Jepang sangat banyak sekali. Hal ini karena tidak adanya sosialisasi oleh yang mengerti kepada masyarakat awam.
Meskipun okra telah lama ditanam di Indonesia, namun sepertinya saat ini okra tidak banyak dikenal, untuk mencari dipasaran pun sulit sekali, hal ini karena kurangnya sosialisasi mengenai manfaat okra.
Bagi orang Indonesia yang pernah bekerja atau tinggal lama di negara-negara seperti Malaysia, Arab Saudi, Singapura, Amerika, India, Jepang Taiwan apabila bertemu dengan sayuran ini akan sangat suka sekali.
Seandainya orang Indonesia mengetahui khasiat okra sebagai sayur secara menyeluruh seperti mereka mengenal timun, buncis, gambas dan sayuran sejenisnya, akan memperlakukan sayur ini sebagai sayuran pada umumnya yang bisa ditumis, dibuat sop, buat lalap sambal dan sebagainya.
Okra Bermanfaat untuk Menstabilkan Gula Darah
Okra juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Berikut sedikit tips bagi yang ingin mencobanya:
  1. Buah okra yang masih muda testurnya segar dan lembek satu buah dipotong-potong menjadi beberapa irisan kemudian dimasukkan dalam segelas air minum.
  2. Biarkan selama 3 jam sebaiknya pagi hari sebelum makan setelah itu diminum sekaligus akan membuat lambung kita terisi serat yang berkadar tinggi dari lendir okra tersebut. Lendir inilah yang bermanfaat untuk menstabilkan gula darah. Sebaiknya dilakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan.
Okra Sebagai Masakan
manfaat khasiat okra 2
Okra juga bisa dimasak dengan bumbu apa saja misalnya: balado, oseng-oseng, lalapan, sambal trasi, gulai okra dan bahkan masakan Eropa. Untuk memasaknya sedikit berbeda dengan sayuran pada umumnya. Dalam memasak yang harus diperhatikan adalah lendirnya supaya tidak memenuhi tempat masak kita. Berikut caranya:
  1. Buat bumbu yang akan dipakai membuat masakan Okra sampai masak benar.
  2. Siapkan okra di iris kecil-kecil atau menurut selera.
  3. Setelah itu masukkan irisan okra kedalam bumbu kurang dari 5 menit jangan sampai lendir keluar lantas diangkat dan sajikan.
Rasanya enak sekali seperti mentimun atau gambas atau buncis namun khasiatnya berlipat dari sayuran lain. Kebutuhan okra di negara Jepang, Taiwan, Arab sangat tinggi, dengan demikian lebih banyak sayuran okra diekspor ke luar negeri dari pada dikonsumsi di dalam negeri.
Sayuran okra di negara-negara tersebut dijual di restoran-restoran besar juga di Mall dalam bentuk segar atau olahan. Namun sayangnya di Indonesia sendiri jarang sekali kelihatan, hal ini menurut kami karena kurangnya sosialisasi sayur ini di masyarakat Indonesia.
Di India okra seperti makanan sehari-hari dan sudah dibudidayakan secara masal sampai dieksport ke negara lain. Sedangkan di Indonesia juga sudah dibudidayakan, namun oleh sebagian kecil pengusaha pertanian dalam kapasitas yang dapat dikatakan masih sangat kecil. Tanaman ini sangat produktif sekali di daerah tropis tetapi lain halnya di negara dengan 4 musim. Oleh karenanya yang menjadi tempat budidaya okra diantaranya adalah Indonesia dan yang disekitar katulistiwa.
Pasar di Indonesia sendiri sebenarnya sangat luas dengan adanya turis-turis asing, pekerja-pekerja dari luar negri di pertambangan atau perkotaan perkotaan yang sudah mengerti akan okra.
Untuk mensosialisasi Sayuran ini perlu adanya kegunaan atau nilai manfaat yang perlu disampaikan kesetiap orang di Negara Indonesia
Nilai manfaat itu antara lain :
  1. Budidayanya yang cukup mudah
  2. Menanamnya dengan cara ditugal seperti tanam jagung atau kedelai, tidak memerlukan mulsa juga tidak memerlukan gulutan, setelah tumbuh kira-2 15 hst hari tanaman dibubun seperti persis kita tanam jagung.
  3. Pupuk juga tidak terlalu boros.
  4. Pada umur 45 hari tanaman mulai berbunga warna putih kekuningan menghadap sinar matahari dan keesokan harinya sudah mulai membentuk buah
Khasiat dan Manfaat Okra
Menurut Ms Sylvia Zook PhD (Ahli Gizi) dari University of Illinois, okra memiliki beberapa keuntungan:
  1. Serat unggul ditemukan dalam Okra membantu untuk menstabilkan gula darah dengan membatasi tingkat di mana gula diserap dari saluran usus.
  2. Okra itu lendir mengikat asam empedu kolesterol dan membawa racun dibuang ke dalamnya oleh hati penyaringan.
  3. Okra membantu melumasi usus besar karena kualitas curah pencahar. Serat Okra menyerap air dan memastikan massal dalam tinja. Ini membantu mencegah dan memperbaiki sembelit. Tidak seperti dedak gandum yang keras dan bisa mengiritasi atau melukai saluran usus, okra memfasilitasi penghapusan lebih nyaman dengan karakteristik licin nya sebagai pengikat kelebihan kolesterol dan racun (dalam asam empedu).
  4. Okra serat sangat baik untuk memberi makan bakteri baik (probiotik). Hal ini memberikan kontribusi bagi kesehatan saluran usus. Ini mirip dengan yang berkembang biak dengan yogurt di usus kecil dan membantu biosintesis vitamin B kompleks.
  5. Okra yang baik untuk pengobatan musim panas panas. Okra adalah sayuran tertinggi bagi mereka rasa lemah, letih, dan menderita depresi.
  6. Okra digunakan untuk penyembuhan bisul dan untuk menjaga lentur sendi. Ini membantu untuk menetralisir asam yang sangat alkali. Selain itu okra mampu menyediakan lapisan pelindung sementara untuk saluran pencernaan.
  7. Okra memperlakukan radang paru-paru, sakit tenggorokan, dan iritasi usus besar.
  8. Di India, okra telah berhasil digunakan dalam penggantian plasma darah eksperimental. Untuk mempertahankan sebagian besar nutrisi, okra harus dimasak dengan cara yang sedikit berbeda, misalnya dengan api kecil atau ringan dikukus. Beberapa memakannya mentah.
Manfaat lainnya:
Okra adalah sayuran yang ideal untuk menurunkan berat badan dan gudang manfaat kesehatan asalkan dimasak di atas api kecil untuk mempertahankan sifat-sifatnya. Ini juga untuk memastikan bahwa lendir yang sangat berharga yang terkandung di dalamnya tidak hilang karena panas tinggi.
Protein dan minyak yang terkandung dalam benih-benih Okra berfungsi sebagai sumber pertama kadar protein nabati. Hal ini diperkaya dengan asam amino pada orang-orang seperti triptofan, sistin dan asam amino belerang.
Vitamin C merupakan antioksidan kuat dan anti-inflamasi. Kegiatan anti-inflamasi dapat mengurangi timbulnya gejala asma. Sebuah studi awal besar telah menunjukkan bahwa anak-anak muda dengan pengalaman asma secara signifikan kurang mengi jika mereka makan diet tinggi buah-buahan kaya akan vitamin C. 1/2 cangkir Okra matang mengandung lebih dari 13 mg vitamin C.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:03

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.