loading...

Jenis-jenis Burung Pleci, Ciri Khas dan Keunggulannya

Posted by

Pleci selain mudah dalam perawatannya, murah harga bakalannya, burung Pleci juga sangat mengasyikan jika sudah bisa memiliki banyak isian lagu untuk kita nikmati dan bisa menjadi kebanggaan pemiliknya.

BURUNG PLECI
Bahkan burung Pleci jika sudah ngalas dengan ngalas isian bervariasi akan menjadikan harga burung semakin meroket tinggi dan mahal. Harga burung Pleci yang palin fantastis dirilis dalam sebuah media burung online terakhir yaitu sekitar 105 Juta rupiah, adalah seekor Pleci Auriventer milik seorang Pleman dari Surabaya.
Auriventer merupakan jenis Pleci lain yang memiliki postur tubuh lebih besar dibanding Pleci lain di tanah air, Auri banyak digemari di negara lain di asia seperti Singapura, Malaysia, Vietnam dan lainnya.

Jenis-jenis burung Pleci
  • Pleci Buxtoni, jenis pleci kecil dengan dada abu-abu, punggung hijau zaitun ini memiliki garis kuning di tengah dadanya. Memiliki ukuran tubuh hampir sama dengan pleci dakun mata coklat, buxtoni memiliki suara nyaring dan jernih mengkristal. Jenis ini juga cukup banyak dipelihara untuk dilombakan.
  • Pleci Montanus, Pleci gunung biasa Pleman menyebutnya. Jenis pleci ini memiliki ciri badan lebih besar dan panjang, bagian dada Montanus berwarna abu-abu juga, bagian punggung agak kuning kehijauan sampai sayapnya, bagian mata Montanus berwarna putih. Jenis Pleci ini memiliki suara yang keras dan kasar dibanding Pleci Buxtoni.
  • Pleci Salvadori Enggano, kaca mata jenis ini memiliki ciri suara dan laguan yang lebih keras dan lantang. Dengan badan besar seperti jenis Auriventer, Pleci Enggano memiliki ciri dada abu-abu gelap, bagian kepala agak hitam sedangkan bagian punggung agak kekuningan.
  • Pleci black capped, jenis Pleci black capped memiliki ciri khas hampir mirip dengan Salvadori Enggano dengan bagian kepala terdapat warna hitam. Black Capped memiliki warna dada abu-abu juga dan bagian punggungnya kuning kehijauan, jenis ini memiliki postur tubuh lebih kecil dari auri namun lebih besar dari Buxtoni.
  • Pleci mata putih, jenis burung Pleci dakun maput ini merupakan jenis burung kaca mata favorit Pleman di tanah air. Pleci maput atau terkenal dengan sebutan Pleci Muria memiliki harga cukup mahal, karena memiliki kemampuan bertarung yang tangguh di atas gantangan Selain berjiwa petarung, Pleci muria juga bisa lebih variatif isian lagunya dan keras dalam berkicaunya.
  • Pleci dakun macok, jenis pleci ini paling banyak dipelihara Pleci mania dan masih mudah kita jumpai di kios-kios atau pasar burung. Pleci mata coklat juga merupakan jenis kaca mata favorit pleci mania, jenis ini memiliki suara yang cukup jernih dan keras meskipun tidak sekeras dan variatif Pleci mata putih. Dakun macok memiliki ciri dada kuning, punggung hijau kekuningan dan iris mata berwarna coklat.
  • Pleci auriventer, burung kaca mata ini tergolong langka dan memiliki harga bakalan yang cukup mahal sekitar 150 s/d 250 untuk bakalannya. Memiliki postur tubuh besar, panjang dan ramping menjadikan Auri bisa mengalunkan suara yang keras namun merdu. Dengan ciri dada berwarna abu-abu, punggung hijau tua dan bagian alis mata Auri sangat eksotis dengan warna lingkar mata putih tebal. Auri banyak dijumpai di Pulau Sumatera, beberapa kali saya jumpai di forum-forum klub burung ada yang menawarkan jenis Auri dan disebutkan berasal dari Aceh.
Foto-foto Macam-macam Jenis Pleci Kaca Mata

gambar burung kacamata Kacamata Kai, Zosterops grayi
Pleci KAi ( Zosterops Grayi )

foto burung Pleci Sulawesi Zosterops Consobrinorum
Pleci Sulawesi ( Zosterops Consobrinorum )

Foto dan gambar Burung Pleci Kacamata Jawa, Zosterops flavus
Pleci Jawa ( Zosterops Flavus )




Gambar Burung Pleci Makasar
Pleci Makasar ( Zosterops Anomalus )

Gambar Burung Pleci Kacamata Togian, Zosterops somadikartai
Pleci Togian ( Zosterops Somadikartai )

Foto Pleci Kacamata laut, Zosterops chloris
Pleci Laut ( Zosterops Chloris )

Foto dan gambar Burung Pleci kacamata
Pleci Tual ( Zosterops Uropygialis )

Burung Arfak pleci kacamata
Pleci Arfak ( Zosterops Fuscicapilla )

Pleci Manado dahi hitam
Pleci Dahi Hitam, Manado ( Zosterops Atrifrons )

kacamata Wallacea
Pleci Wallacea ( Zosterops Wallacei )

Pleci Papua, Zosterops novaeguineae
Pleci Papua ( Zosterops Novaeguineae )

Gambar burung Kacamata limau, Zosterops citrinella - sebelumnya citrinellus]
Pleci Limau ( Zosterops Citrinella )

Gambar Burung Pleci Mata Putih Ambon
Pleci Mata Putih Ambon ( Zosterops Kuehni )

Gambar Burung Pleci Zosterops mysorensis
Pleci Biak ( Zosterops Mysorensis )

Kacamata kecil, Zosterops minor
Pleci Kecil ( Zosterops Minor )

Zosterops Hypoxanthus
Pleci Kepala Hitam ( Zosterops Hypoxanthus

Gambar foto pleci zosterops Meeki
Pleci Tagula ( Zosterops Meeki )

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:11

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.