loading...

Fatwa Tentang Hukum Gambar dan Lukisan

Posted by

FATWA TENTANG GAMBAR DAN LUKISAN

Fatwa no 3059
Soal:
apa hukum menggantungkan gambar/lukisan/foto di dinding? Khususnya foto-foto/lukisan para raja, ulama dan orang-orang sholeh sekedar untuk memuliakan mereka..
Jawab:
Menggambar/melukis sesuatu yang bernyawa dan menggantungkannya di dinding adalah haram, baik gambar itu memiliki badan atau tidak, baik itu gambar para raja, ulama, orang soleh atau selain mereka. Dengan dalil keumuman hadits Nabi dalam masalah ini (hadits diatas).

Dan juga perintah Nabi Shalallohu 'alaihi wa sallam  kepada Ali Radhiyallohu anhu :” jangan biarkan satu gambar pun melainkan kamu hilangkan, dan jangan biarkan satu kuburan pun yang di agungkan melainkan engkau ratakan.” (H.R Muslim)

Hukum Memasang Foto Di Dinding Rumah

Fatwa no 2961
Soal:
Bagaimana hukum islam dalam menggantungkan foto di dinding rumah?
Jawab:
Menggambar/melukis sesuatu yang bernyawa dan menggantungkannya di dinding adalah haram, sebagaimana yang di sebutkan dalam hadits Nabi Shalallohu 'alaihi wa sallam  yang shohih bahwa haram menggantungkannya, dan juga haram membuatnya. Sebagaimana sabda Nabi Shalallohu 'alaihi wa sallam: “manusia yang paling berat siksanya di hari kiamat kelak adalah para pembuat gambar/pelukis”.

Dan sabda Nabi kepada Ali Radhiyallohu anhu: ” jangan biarkan satu gambar pun melainkan kamu hilangkan, dan jangan biarkan satu kuburan pun yang di agungkan melainkan engkau ratakan.” (H.R Muslim)

(Fatwa lajnah daimah lilbuhuts ilmiyah wal ifta’- KSA)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:16

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.