loading...

Cara Instalasi Listrik dan Mencegah Bahaya Listrik

Posted by

Cara Mencegah Terjadinya Bahaya Listrik

1. Jangan menumpuk stop kontak pada satu sumber listrik.
2. Gunakan pemutus arus listrik (Sekering) yang sesuai dengan daya tersambung, jangan dilebihkan atau dikurangi.
3. Kabel-kabel listrik yang terpasang di rumah jangan dibiarkan ada yang terkelupas atau dibiarkan terbuka.
4. Jauhkan sumber-sumber listrik seperti stop kontak, saklar dan kabel-kabel listrik dari jangkauan anak-anak.
5. Biasakan menggunakan material listrik, seperti kabel, saklar, stop kontak, steker (kontak tusuk) yang telah terjamin kualitasnya dan berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia) / LMK (Lembaga Masalah Kelistrikan) / SPLN (Standar PLN).
6. Pangkaslah pepohonan yang ada di halaman rumah jika sudah mendekati atau menyentuh jaringan listrik.
7. Hindari pemasangan antene televisi terlalu tinggi sehingga bisa mendekati atau menyentuk jaringan listrik.
8. Gunakan listrik yang memang haknya, jangan mencoba mencantol listrik, mengutak-atik KWH Meter atau menggunakan listrik secara tidak sah.
9.Biasakan bersikap hati-hati, waspada dan tidak ceroboh dalam menggunakan listrik.
10.Jangan bosan-bosan untuk mengingatkan anak-anak kita agar tidak bermain layang-layang di bawah/dekat jaringan listrik.

Bisa ditambahkan disini adalah pemasangan ELCB (earth leakage circuit breaker) yang sekarang telah banyak digantikan dengan GFI (ground fault interrupter) atau RCD (residual-current device). Piranti ini fungsinya untuk memutuskan hubungan apabila ada kebocoran arus listrik atau apabila ada orang yang tersengat listrik. Kebanyakan piranti ini dipasang di kamar mandi (stop kontak untuk hair dryer atau electric shaver/pencukur kumis) atau service room (tempat mesin cuci), yang pada umumnya memiliki lantai basah.

Selain daripada itu, apabila memiliki rumah baru maka lebih baik meminta untuk dipasang instalasi listrik dengan sistem 3 kabel. Karena ini akan memastikan bahwa peralatan listrik anda akan memiliki pembumian/grounding yang benar. Pernahkan anda terasa kesetrum ketika memegang lemari es? Ini kemungkinan karena instalasi listrik di rumah anda tidak memakai sistem 3 kabel.

Instalasi listrik di rumah dan di gedung

Kuncinya adalah harus memperhatikan struktur dari bangunan rumah itu, pastikan juga bangunan sekitar anda mempunyai instalasi listrik yang baik sehingga tidak merugikan Anda. Karena instalasi listrik dari sekeliling rumah/gedung bisa bereffect kepada aliran listrik kita juga walaupun tidak langsung. Utamanya pastikan kualitas dan ukuran kabel yang digunakan, jangan gunakan kabel tipis pada jaringan besar, pastikan keseimbangan pemakaian listrik dalam suatu ruangan dengan kualitas kabel yang dipasang.

Selain KEAMANAN Anda juga butuh kenyamanan dalam penggunaan energi listrik setiap harinya, oleh karena itu jangan sungkan-sungkan untuk menggunakan alat listrik yang BERKUALITAS, karena barang yang berkualitas tidak menipu, baik dari kekuatan material pembuatannya, juga sisi keamanan yang sudah diperhitungkan matang. Untuk harga pasti lebih tinggi sedikit, tetapi pastinya siapapun takkan mau menukar selisih harga tersebut dengan bahaya yang akan didapat.
Gunakanlah produk alat listrik yang berkualitas dan telah terstandarisasi oleh pemerintah

Pastikan penempatan fungsi listrik yang ideal baik secara pencahayaan atau fungsi keluar masuk arus listrik.


Standar instalasi listrik yang bagus
Instalasi listrik sebaiknya menggunakan panel pembagian yang di maksudkan untuk pembagian tiap-tiap ruangan yang akan di instalasi listrik ,misalnya instalasi listrik pada tempat tinggal,setiap ruangan pada tempat tinggal sebaiknya mempunyai line sendiri/masing-masing,misalkan ruang tamu,dapur,taman dan lain sebagainya tujuannya adalah jika ada salah satu ruangan terjadi konsleting listrik maka ruangan yang lain masih bisa di fungsikan.dan tujuan lainya penggunakaan panel listrik ialah untuk segi keamanan jika ada konsleting listrik pada ruangan-ruangan tersebut cukup mematikan listrik dari panel tersebut.

Panel listrik terdiri dari berbagai macam ukuran tergantung pada penggunaan.tata cara instalasi panel listrik sangat mudah dan tidak begitu sulit namun di butuhkan ketelitian dan konsentrasi
  • Langkah pemasangan panel listrik ialah mempersiapkan box panelnya di tempat yang telah di persiapkan .
  • Pasang busbar arde dan neutral pada tempat yang telah di sediakan di box panel tersebut.
  • Pasang MCB menurut ukuran penggunaan dan jumlah yang di perlukan.
  • Selanjutnya pasang semua kabel grounding/arde pada busbar arde.
  • Pasang kabel netral pada busbar neutral yang telah di sediakan.
  • Pasang kable line/positip pada mcb di sini banyak yang perlu di perhatikan hitung semua perkiraan pemakaian listrik di tiap ruangan untuk menentukan besar kecilnya ampere MCB.setelah itu pasang rel kabel atau penjamper mcb di bagian bawah MCB.jangan lupa memasang meanswith dengan tujuan jika ingin memadamkan semua ruangan cukup menurunkan atau mematikan meanswith maka semua arus listrik akan terputus.
Tapi perlu di ingat bahwa panel listrik rentan sekali dengan kerusakan jika tidak sering di periksa karma di setiap koneksinya menggunakan baut,jika dalam tempo waktu yang lama dan beban yang banyak maka baut-baut tersebut bias mengalami kekenduran dan mengakibatkan ngepong atau renggangnya sambungan atau koneksi tersebut,maka sebaiknya setiap instalasi listrik yang menngunakan panel listrik di periksa setiap 6 bulan sekali.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:51

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.