loading...

Bunga Euphorbia, Manfaat dan Kandungan Zat Aktif Pada Tanaman

Posted by

Manfaat Tanaman Hias Bunga Euphorbia (Euphorbia milii Ch.des Moulins) 



Euphorbia
Bunga Euphorbia (Euphorbia milii Ch.des Moulins)

Ciri-ciri dan Gambaran Tanaman Euphorbia. Umumnya bunga euphorbia ini memiliki bunga sejati yang sempurna dengan organ seksual jantan dan betina yang lengkap. Namun, ada juga bunga euphorbia yang memilki bunga yang tidak sempurna yang tidak memiliki organ seksual dan bersifat steril, sehingga tidak dapat digunakan untuk perbanyakan generatif. Beberapa kultivar memiliki bunga yang keseluruhannya merupakan bunga yang tidak sempurna. Adapula bunga euphorbia yang sebagian bunganya merupakan bunga sempurna dan beberapa kondisi tumbuh bunga yang tidak sempurna. Akar bunga euphorbia merupakan akar serabut dangkal yang tumbuh menyebar. Habitat bunga euphorbia ini dapat tumbuh pada kisaran temperatur 4-40° Celsius. dihabitat aslinya, tanaman ini tumbuh dilahan terbuka (full sun) dan cukup toleran berada dilokasi sedikit ternaung (part shade location) seperti di pulau madagaskar. Budidaya bunga euphorbia menggunakan stek batang dan juga biji yang ada di tengah bunganya.

Bunga euphorbia adalah bunga yang indah dan cantik yang memiliki banyak duri pada bagian batangnya. Nama latin bunga euphorbia adalah Euphorbia milii Ch.des Moulins. Fungsi bunga euphorbia ini digunakan sebagai tanaman hias di sekitar pekarangan kita kadang juga di taruh di dalam pot yang di letakkan di depan rumah. Bunga euphorbia ini termasuk tanaman yang tidak menyukai banyak air dan menyukai sinar matahari penuh. Sejarah dan asal muasal bunga Euphorbia ini berasal dari pulau Madagaskar.

Ciri bunga euphorbia ini memeliki banyak duri, kelopak bunga yang kecil dan warna bunga euphorbia ada berbagai macam jenis warna dari merah, pink, putih dan lain-lain. Perawatan bunga euphorbia ini adalah media tanamnya jangan banyak berair contohnya seperti serbuk kulit kelapa (cocopeat), Sekam bakar, kotoran kambing, dan pasir tembikar malang yang butirannya agak besar, penyiramannya sebaiknya sekali sehari pada waktu sore atau pagi. Bunga Euphorbia ini tidak hanya digunakan tanaman hiasa saja namun bisa juga di gunakan sebagai obat herbal tetapi harus di perhatikan juga dosis penggunaannya karena tanaman ini juga beracun.

Bunga Euphorbia ini termasuk dari family Euphorbiaceae memiliki batang berduri. Jaringan xylemnya mengeluarkan eksudat putih disebut dengan getah susu putih agak kental (milky sap). Daun tanaman Euphorbia berbentuk oval dengan ukuran bervariasi menurut hibrida dan kultivar. Struktur Bunga Euphorbia kecil berwarna kuning dengan bagian bunga euphorbia cyathia bewarna warni sebagai hasil dari hibridasi.

Kandungan Kimia Bunga Euphorbia


Bunga euphorbia mengandung :
Batang: Taraxerol, taraxerone, friedelan-3 alfa-ol, friedelan-3 beta-ol, epifriedelanol, sterol, progesterone, karbohidrat, asam amino, asam sitrat, asam malat, dan asam fumarat.
Daun: Peroxidase, calsium oksalat, peptic substance, kanji.
Getah: Euphorbol, euphol, cyeloartenol.

Manfaat Tanaman Bunga Euphorbia Untuk Kesehatan
  • Diare akut.
  • Malaria, demam.
  • Membunuh serangga (insecticide).
  • Radang anak telinga.
  • Sakit gigi.
  • Hepatitis
  • Bisul
  • Pendarahan pada menstruasi
  • Luka bakar
  • Sesak napas (asmatis).
  • Rematik.
  • Sembelit.
  • Gigitan ular (akar)
Bunga euphorbia ini mengandung racun jadi dalam penggunaannya harus sesuai takaran dan tidak berlebihan. Wanita hamil dilarang menggunakan ramuan dari bunga ini.
Klasifikasi Bunga Euphorbia

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Euphorbiales
Famili: Euphorbiaceae
Genus: Euphorbia
Spesies: Euphorbia milii Ch.Des Moulins

Nama Daerah Bunga Euphorbia
Kaktus Pakis Giwang (Indonesia)
Tie hai tang (China),
Sudu-sudu, susurru, susudu (Jawa).
Anatomi dan Morfologi Bunga Euphorbia

Bunga euphorbia adalah tanaman bunga yang berasal dari Madagaskar. Bunga ini termasuk golongan kaktus. Sama halnya seperti kaktus-katus lain, euphorbia juga tumbuh subur di daerah yang panas dan kering.

Penyebaran bunga euphorbia dimulai dari Madagaskar lalu ke China dan ke Thailand. Dan sekarang sudah dapat dijumpai sampai di Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Asia. Nama bunga euphorbia diambil dari salah seorang dokter kerajaan Juba Mauritania di Afrika Utara yang bernama Euphorbus. Dokter Euphorbus lah yang memindahkan bunga ini dari gurun pasir menjadi bunga penghias yang cantik di kerajaannya.

Di Indonesia sendiri, binga ini bisanya digunakan sebagai border taman. Memiliki tinggi standar 150 cm dan lebar 100 cm. Bunga yang menggerombol hingga hampir menutup batangnya membuat bunga euphorbia nampak cantik. Penampilan yang sangat cantik itulah yang akhirnya menobatkan si bunga euphorbia ini menjadi “ratu bunga berduri”.

Bunga euphorbia merupakan tanaman yang sangat adaptif. Bahkan di dataran tinggi sekalipun bunga ini dapat tumbuh dengan baik.Di dataran rendah pertumbuhannya akan lebih cepat. Dengan kondisi udara yang hangat serta sinar matahari yang cukup, akan membuat tanaman ini berbunga dengan cepat. Namun, bila kondisi lingkungan tidak bersih atau banyak polusi, euphorbia akan malas bahkan tidak akan mau berbunga.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:50

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.