loading...

Bolehkah Seorang Janda Menikahkan Dirinya Sendiri Tanpa Wali?

Posted by

Apakah Boleh Bagi Seorang Janda Menikahkan Dirinya Sendiri Tanpa Wali?

Oleh : Ustadz Ferry Nasution

Jawabnya: Tidak boleh, artinya tidak sah bagi seorang Janda ataupun Gadis menikah Tanpa Wali.

Berdasarkan kisah Maqil bin Yasar sebagai yang telah menghalangi pernikahan saudara perempuannya yang akan ruju' dengan mantan suaminya yang mana keduanya akan sama-sama mau kembali untuk berumah tangga.

Haditsnya: dari hasan albashry, dia berkata, tentang tafsir (surah Al Baqarah: 232), telah menceritakan kpdku Ma'qil bin Yasar, sesungguhnya ayat ini turun berkenaan dengan dirinya, dia berkata: Aku PERNAH MENIKAHKAN (menjadi wali) bagi saudara wanitaku dengan seorang laki-laki. Kemudian laki-laki itu menthalaqnya, kemudian setelah saudara wanitaku telah selesai masa iddahnya, laki-laki itupun (mantan suaminya) datang kepadaku untuk menikahinya kembali. Maka (ketika itu) aku mengatakan kepadanya: Aku telah menikahkan dan mengawinkanmu dengannya, dan aku muliakanmu, lalu kamu thalaq! Kemudian, sekarang kamu datang kepadaku untuk meminangnya kembali?! Tidak! Demi Allah, tidak boleh dia kembali kepadamu selama-lamanya. Padahal laki-laki ini orang yang baik, dan wanita ini pun menghendaki ruju', maka Allah turunkan ayat "Maka janganlah kamu (para wali) menghalangi mereka.." 

Maka aku berkata: "Sekarang aku akan mewalikannya dan menikahkannya (kepada mantan suaminya) wahai Rasulullah. kemudian Ma'qil menikahkan saudara perempuannya kepada laki-laki itu.
(Bukhary: 5130)

Ini merupakan Hujjah yang sangat kuat yang menunjukkan tidak sah nikahnya seorang janda tanpa wali.

Yang mana dalam hadits ini Ma'qil menjadi wali bagi saudara wanitanya baik ketika gadis ataupun janda.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:22

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.