loading...

Bisakah Bunga Tulip Ditanam dan Tumbuh Di Indonesia?

Posted by

Bagaimana Cara menanam Tulip Agar Bisa Tumbuh Di Indonesia?


Tanaman Bunga Tulip adalah nama genus untuk 100 spesies tanaman berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Tulip dikenal berasal dari negeri Belanda. Sejarahnya Tulip berasal dari negeri Turki yang pada saat itu masih bernama Turki Ottoman (Turkey emperor). Kerajaan Turki sangat tertarik dengan keindahan tulip dan mulai membudidayakan bunga tulip sejak tahun 1000. Motif-motif bunga tulip sudah sejak lama banyak dipakai dalam seni ornamen Persia dan Turki. Nama yang diberikan orang Eropa untuk tulip berasal dari bahasa Persia untuk sorban (bahasa Persia: دلبنت, dulband) karena bunga tulip ketika belum mekar sepenuhnya bentuknya terlihat seperti sorban.

Bunga Tulip

Asal Bunga Bunga Tulip
Tulip dikenalkan ke Belanda oleh seorang Turki yang datang ke Belanda dan mencoba untuk membudidayakannya dan berhasil. Semenjak saat itu orang-orang di Belanda sangat senang dan terpikat dengan keindahan bunga tulip. Permintaan akan pasokan bunga tulip sangat tinggi sedangkan pasokan rendah karena budidaya dan pertumbuhan bunga tulip yang panjang menjadikan harga tulip melambung tinggi. Untuk berbunga, tulip membutuhkan waktu satu tahun dari mulai pembibitan dengan umbi dan membutuhkan waktu 2-3 tahun jika ditanam mulai dari biji.

Selanjutnya apakah bisa tulip ditanam di Indonesia yang terkenal memiliki tanah yang subur dan banyak tanaman?. ditinjau dari segi suhu tanaman tulip membutuhkan suhu dibawah 16 derajat celcius untuk tumbuh (lebih rendah dari suhu AC). Andaikata ditanam di Indonesia dengan memodivikasi suhu di Green house hingga di bawah 16 derajat celcius dan tulip bisa tumbuh dengan baik dan berbunga, akan tetapi ketika di bawa keluar green house bunga tulip cepat layu dan mati. Hal ini disebabkan karena kondisi suhu di dalam dan di luar green house yang ekstrim mengakibatkan metabolisme bunga tulip menurun sehingga bunga tulip cepat layu dan mati. Menurut informasi, pernah ditanam tulip di dataran tinggi Dieng di Wonosobo, akan tetapi bunga yang dihasilkan menjadi lebih kecil dibandingkan dengan tulip yang sebenarnya. Satu hal yang menyulitkan adalah bibit bunga tulip hanya bisa kita impor dari luar negeri.

Macam-Macam Warna dan Jenis Bunga Tulip

Aneka Warna Bunga Tulip

Bunga Tulip Putih

 
Bunga Tulip Merah








Bunga Tulip Pink Ungu

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 17:36

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.