loading...

Bawang Dayak, Manfaat dan Kandungan Zat Aktifnya

Posted by

Satu Lagi Manfaat Bawang-bawangan, Bawang Dayak

Nama Baawang dayak mungkin agak asing bagi kita karena selama ini mungkin kita hanya lebih mengenal bawang putih, bawang merah dan bawang lanang. Sedangkan bawang dayak jarang disebut dalam keseharian. Ternyata bawang dayak atau yang dikenal juga dengan sebutan bawang berlian|bawang sabrang, bawang tiwai, bawang mekah dan bawang hutan ini, merupakan salah satu tanaman yang sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan dan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Namun belum banyak masyarakat yang mengetahuinya, Karena tanaman ini hanya ditemukan pada daerah tertentu saja. Khasiat yang terdapat dalamnya yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit sehingga oleh masyarakat kalimantan banyak digunakan sebagai tanaman obat dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Penemuan khasiat bawang dayak sebagai pengobatan herbal ini sebetulnya berasal dari kebiasaan warga Kalimantan pedalaman yang menggunakan bawang dayak ini sebagai obat berbagai macam penyakit yang kemudian dilakukan penelitian oleh banyak kalangan hingga di temukan banyak sekali manfaat bawang dayak sebagai pengobatan alternatif, Penelitian lebih lanjut mengenai kandungan yang terdapat pada bawang ini menemukan beberapa senyawa aktif yang dapat dikembangkan sebagai tanaman obat herbal.

Bawang Dayak
Menurut penelitian dan analisis kandungan, bawang dayak ternyata memiliki kandungan zat anti bakteri dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat mengobati beragam penyakit baik ringan maupun penyakit yang berat. Kandungan anti bakterinya dapat mencegah berkembangnya bakteri, virus dan mikroba lainnya sehingga menghentikan penularan penyakit. Sedangkan kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu menghadapi radikal bebas sehingga efektif sebagai pencegah kanker, pencegah radang, tumor dan pendarahan.

Senyawa yang terkandung dalam bawang tiwai ini antara lain yakni senyawa aktif berupa naphtoquinones beserta turunannya. Kandungan tersebut yang membuat bawang dayak merupakan antibakteri alami yang ampuh dan dapat dijadikan sebagai pengobatan modern.

Manfaat Bawang Dayak Sebagai Obat Penyakit :
  • Sinusitis (radang sinus)
  • Asam urat
  • TBC
  • Hepatitis (penyakit kuning)
  • Kanker
  • Mioma
  • Nefrothiliasis (batu ginjal)
  • Radang rektum
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Diabetes militus
Cara Menggunakan Bawang Dayak Sebagai Obat Tradisional
Penyajian Bawang Dayak untuk Pengobatan untuk memperoleh manfaat senyawa aktif dari bawang dayak cukup gunakan pelarut air. Caranya ambil 5-6 butir bawang, kemudian potong kecil-kecil dan rebus bawang dengan 2 gelas air dengan api kecil tapi tidak sampai mendidih hingga air berkurang setengahnya kemudian minum air rebusan bawang dayak tersebut 2 kali sehari.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:13

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.