loading...

Tempat Tujuan Wisata di Klaten

Posted by

Daftar Tempat Tujuan Wisata di Klaten

1. Deles Indah,
2. Sendang Kali Reno ( Deles Kemalang ) :
3. Sendang Tretes ( Ngreden Wonosari )
4. Sendang Nglebak (Desa Krakitan Kecamatan Bayat)
5. » Umbul Buto ( Kedungan Pedan )
6. » Rowo Jombor ( jimbung )
7. » Sendang Bulus Jimbung
8» Taman Rekreasi anak anak di Bukit Sidoguro
9. » Gua Kendil dan Gua Payung ( Krakitan Bayat )
10. » Bukit Petung ( Sidorejo Kemalang)
11. » Umbul Gedaren ( Kel jatinom Kec jatinom )
12. » Gua Suran ( Kel jatinom Kec jatinom )
13. » Pemandian Lumban Tirto
14. » Pemandian Jolotundo
15. » Pemandian ponggok
16. » Umbul Tirto Mulyono dan Tirto Mulyani ( Pluneng Kebonarum )
17. » Sendang Klampeyan
18. » Sendang Gotan
19. » Sendang Riyo Manggolo
20. » Sendang Maerokoco
21. » Sendang Sinongko ( Pokak Ceper )
22. » Sendang Belik gatak ( Jimus Polanharjo )
23. » Umbul Tirtomoyo (Ds. Kedungan Kec. Pedan)
24. » Gunung Watu Prahu (Dk. Girisono Ds. Gunung Gajah Kec. Bayat)
25. » Taman Bambu Cendani (Ds. Sidorejo Kec. Kemalang)
26. » Goa Jepang (Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang)
27. » Goa Jetis (Kelurahan Jatinom Kec. Jatinom)
28. » Umbul Susuhan (Desa Manjungan Kec. Ngawen)
29. » Umbul Her Pancuran Sidomulyo (Ds. Soropaten Kec. Karanganom

Kabupaten Klaten terletak diantara dua pusat kebudayaan besar yaitu Kerajaan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Hal itu menyebabkan di Kabupaten Klaten juga masih kental dengan adat kebudayaan yang sampai sekarang masih banyak dilestarikan seperti perayaan nyadran, apeman, kupatan dll. Selain wisata alam dan wisata budaya, tempat wisata yang tak kalah pentingnya di Kabupaten Klaten adalah wisata religi. Wisata religi ini maksudnya wisata hati yang diperuntukkan masyarakat yang percaya terhadap suatu tempat dapat mendatangkan barokah. Tempat ini biasanya berupa makam tokoh terkenal pada masa lampau. Ada 2 makam yang sangat populer di Kabupaten Klaten yaitu Makam Sunan Bayat di Kecamatan Bayat dan Makam Ki Ageng Gribig di Jatinom. 

Candi Prambanan

Candi Prambanan bisa dikatakan sebuah temat wisata yang sudah mendunia. Tempat wisata ini banyak sekali dikunjungi oleh banyak wisatawan asing. Lokasi Candi Pranbanan adalah di perbatasan Kabupaten Klaten dan Provinsi Yogyakarta.

Sepertinya tidak banyak di Indonesia yang membuat Warung yang terapung di atas air. Hal ini ada di Kabupaten Klaten tepatnya diRowo Jombor. Disini berjejer puluhan Warung apung yang menyediakan berbagai macam masakan berbahan baku ikan air tawar, dari mulai lele, nila, gurameh dll.Untuk menikmati warung apung ini gratis, namun tentu saja anda harus membeli makanan yang ada di warung ini.  Lokasi Warung Apung Rowo Jombor / Jimbung ini berada di Desa Jombor Krakitan Bayat Klaten atau sekitar 6 km ke arah selatan dari kota Klaten.

Museum Gula Jawa Tengah

Museum Gula Jawa Tengah lebih banyak dikenal masyarakat sebagai Museum Gula Gondang Winangoen atau Museum Gula Klaten. Hal itu karena museum ini terletak di Pabrik Gula Gondang Winangoen milik PTPN IX. Lokasi Museum Gula Jawa Tengah terletak di Jalan Raya Jogja – Solo Km. 25, Klaten – Jawa Tengah. Karena berupa museum, maka di tempat ini banyak disimpan berbagai macam benda bersejarah yang ada hubungannya dengan industri gula dan perkembangannya. Diantara barang kuno kolesi dari Museum Gula Jawa Tengah adalah peralatan mesin giling yang tidak terpakai, lokomotif pengangkut tebu zaman dulu, maket pabrik gula, macam-macam jenis tebu dll. Selain museum, di kompleks Pabrik Gula Gondang Baru juga terdapat agrowisata yang menawarkan wisata keluarga yang menarik serta rest area dan kopi Banaran Cafe. Bagi anda yang sedang melintas di ruas jalan Yogya Solo dapat mampir disini sekedar melepas penat dan menikmati secangkir kopi atau teh.

Pemandian Umbul Cokro Tulung

Pemandian Cokro Tulung merupakan sebuah pemandian yang terdapat di Desa Cokro Kecamatan Tuung Kabupaten Klaten. Di pemandian ini terdapat kolam dengan sumber airnya berasal dari air tanah yang masih asli. Hal ini menciptakan kesegaran tersendiri apabila mandi di pemandian ini. Lokasi umbul Cokro Tulug ini ramai dikunjungi pada saat menjelang Bulan Ramadhan. Hal itu karena di Klaten ada tradisi bahwa sebelum melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadhan maka kita dianjurkan meakukan "Padusan". Padusan pada dasarnya kegiatan menyucikan jiwa dan raga kita dalam menyambut Bulan Puasa yang penuh berkah. Bahkan pada saat padusan anda dapat menikmati sajian orkes dangdut yang biasanya disediakan oleh pihak pengelola.

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo merupakan fasilitas kolam renang yang disediakan oleh Hotel Galuh Prambanan yang beralamatkan di Jl. Manisrenggo, KM 1, Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah 57454. Namun tempat ini sudah dikembangkan oleh pengelola untuk masyarakat luas sebagai wisata keluarga yang mengasyikkan. Anda dan keluarga dapat menikmati berenang di tempat ini dengan berbagai permainan air yang beragam. Di lokasi ini bisa dikatakan sebagai mini waterboom, sehingga banyak orang yang datang ke lokasi ini.

Ziarah ke Makam Ki Ageng Gribig jatinom

Ki Ageng Gribig merupakan seorang ulama penyebar Agama Islam di daerah Klaten yang masih keturunan Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit. Makam ini akan ramai dikunjungi pada malam Jumat legi dan Jumat kliwon. Selain itu di lokasi ini terdapat tradisi unik yaitu pembagian apem yang dilaksanakan pada hari Jumat, sekitar tanggal 15 Bulan Sapar dalam penanggalan Jawa, berlokasi di dekat makam Ki Ageng Gribig. Acara ini dsebut dengan Ya qowiyu. 
Wisata Religi ke Makam Sunan TembayatMakam Sunan Tembayat terletak di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Sunan Tembayat merupakan seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di Klaten. Sunan Tembayat awalnya seorang Adipati di Semarang bernama Pandanaran. Adipati Pandanaran pindah ke Bayat karena hendak menuntut ilmu Agama Islam kepada Sunan Kalijaga.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:59

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.