loading...

Tempat Tujuan Wisata di Cilegon Banten

Posted by

Tempat Wisata di Cilegon Banten

Gunung Batu Lawang

Gunung yang berada di wilayah Gerem – Merak, anda dapat melihat objek wisata berupa hamparan pegunungan granit yang memiliki bermacam-macam bentuk bebatuan sehingga membentuk semacam pintu selamat datang. Selain itu anda akan melihat hamparan pesisir barat Kota Cilegon dari Gunung Batu Lawang.

Gunung Batur

Gunung Batur terletak dikawasan kecamatan Pulomerak, dapat ditempuh sekitar 10 menit dari pusat Kota Cilegon dengan jarak ± 8 km. Adalah suatu daerah tujuan wisata Agro, yang berorentasi pada wisata minat khusus, seperti : Hiking, Camping Area, Study Flora dan Fauna, Jogging, Layang gantung atau gantole

Pulau Merak Besar dan Merak Kecil

Pulau Merak Besar terletak tepat (± 500 M) didepan pelabuhan penyebrangan Merak – Bakauheni (ASDP), dengan luas areal sekitar 20 Ha. Dipulau ini terdapat Flora ( Aneka tumbuhan dan pepohonan ) dan Fauna (Kera, Ular, dan aneka Kerang ), alamnya masih asri dan tidak berpenghuni, terdapat pula bebatuan dan koral situs Tsunami Gunung Krakatau tahun 1883. Sedangkan Pulau Merak Kecil terletak ± 1 Km disebelah daya pelabuhan Merak dan dapat ditempuh ± 10 menit dengan menggunakan perahu motor. Pulau ini memiliki luas areal 4,62 Ha dan merupakan gugusan dari Pulau merak besar. Selain sebagai destinasi wisata di Kota Cilegon gugusan pulau ini juga menjadi gugus penghalang ombak laut yang melindungi Pelabuhan Merak dari terjangan ombak selat Sunda.

Pulau Merak Besar adalah Pulau Hutan Lindung yang berfungsi sebagai Pelindung Pelabuhan Ferry dan Terminal Terpadu Merak. Pulau Merak Besar ini juga berfungsi juga sebagai penahan gelombang yang menuju pelabuhan Merak dan dijadikan sebagai kawasan lindung yang dilestarikan keberadaanya, pulau ini sangat strategis untuk melindungi kedua asset milik pemerintah pusat dan daerah. Dan Pulau Merak Besar ini juga sangat berpotensi karena memiliki potensi sumberdaya Kelautan dan Flora dan Fauna, alamnya masih asri dan tidak berpenghuni, terdapat pula bebatuan dan koral situs Tsunami Gunung Krakatau tahun 1883. Pulau Merak Besar dapat ditempuh sekitar 15 menit dari pusat Kota Cilegon yang memiliki luas kurang lebih 40 Ha dan sangat potensi akan Sumber Daya Alam Hayati dan Perikanan, seperti Pasir Putih terletak disebelah Barat dan Selatan, Terumbu Karang disebalah Timur dan Utara serta Potensi Penangkapan Ikan Laut jenis Pelagis Kecil, Demersal dan Ikan Karang.

Pantai Kelapa Tujuh

Pantai kelapa tujug terletak di Merak, kota Cilegon Banten 9 Km dari pintu Tol Jakarta – Merak, kearah utara pelabuhan penyeberangan Merak. Pantai ini menawarkan pesona pantai pesisir yang landai dengan pedagang kaki lima di sekitar pantai selain itu pantai ini menawarkan kerindangan yang khas karena tepat berada di balik lereng gunung Batur.

Pantai Pulorida

Objek wisata yang satu ini terletak di kota Cilegon, Provinsi Banten sekitar 4 km dari Pelabuhan Merak.

Pantai Anyer

Objek wisata pantai anyer sebenarnya masuk ke dalam wilayah Kabupaten Serang tetapi mengingat aksesbilitasnya yang lebih dekat dengan Kota Cilegon, pantai ini sering di masukkan sebagai objek destinasi wisata yang ditawarkan saat liburan.

Mercusuar Anyer

Anyer merupakan objek wisata yang terletak di desa Cikoneng kabupaten serang provinsi Banten, terkenal karena ke indahan pantainya yang sangat mempesona. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang pada setiap akhir pekan untuk menginap di resort, hotel atau penginapan yang tersebar di sekitar pantai.

Selain pantai, Anyer juga memiliki bangunan yang menjadi ikon sangat bersejarah yakni Mercusuar Anyer.

Mercusuar Anyer dapat dijangkau dengan mudah, jika dari arah jakarta keluar di Exit Tol Cilegon Barat Krakatau Steel dan dilanjutkan menyusuri kota cilegon menuju arah Anyer melintasi kawasan pabrik kimia dan pasar Anyer. Dari kota Cilegon hanya berjarak lebih kurang 30 Menit.

Mercusuar Anyer didirikan pada tahun 1885 di era kepemimpinan Raja Belanda Willem III. Tinggi menjulang 75,5 Meter, Mercusuar anyer memiliki 18 lantai dengan jendela dan tangga melingkar yang menghubungi setiap lantainya. Di puncak Mercusuar terdapat lampu suar berpenutup setengah lingkaran yang dapat berputar 360 derajat dengan kondisi yang sudah tak berfungsi lagi.

Menurut sejarahnya, Mercusuar Anyer yang berdiri sekarang merupakan Mercusuar pengganti yang sebelumnya porak poranda pada peristiwa meletusnya Gunung Krakatau di tahun 1883. Sisa dari Mercusuar lama hanya berupa pondasi Batu bata merah di pinggir pantai tak jauh dari Mercusuar yang ada sekarang.

Mercusuar Anyer juga merupakan Penanda Nol Kilometer yang merupakan Titik nol kilometer jalan pos Anyer (Banten)-Panarukan (Jawa Timur ). Di bangun atas perintah Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Deandels dengan panjang kurang lebih 1000 km dan merenggut banyak korban dalam proses pembanunannya karena dipekerjakan secara paksa (rodi).

Mercusuar Anyer adalah saksi bisu di era kolonial yang banyak menyengsarakan rakyat banten anyer khususnya.

Terlepas dari kelamnya sejarah Mercusuar Anyer, semoga dapat menjadi pelajaran bagi generasi sekarang dan yang akan datang sehingga Mercusuar Anyer dapat dilestarikan dan menjadi Objek wisata sejarah Banten yang dapat menjadi ikon Anyer selain pantainya. 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:36

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.