loading...

Penyebab Gagal Jantung dan Gejalanya

Posted by

Faktor penyebab gagal jantung paling sering disebabkan oleh gagal kontraktilitas miokard, seperti yang terjadi pada infrak miokard, hipertensi lama atau kardiomiopati. Namun, pada kondisi tertentu, bahkan miokard dengan kontraktilitas yang baik tidak dapat memenuhi kebutuhan darah sistemik ke seluruh tubuh untuk memenuhi kebutuhan metabolik tubuh. Kondisi ini disebabkan misalnya masalah mekanik seperti regurgitasi katup berat dan lebih jarang, fitsula arteriovena, defisiensi tiamin (beriberi) dan anemia berat. Keadaan curah jantung yang tinggi ini sendiri dapat menyebabkan gagal jantung, tetapi bila tidak terlalu berat dapat menpresipitasi gagal jantung pada orang-orang dengan penyakit jantung dasar. Gagal jantung merupakan keadaan klinis dan bukan suatu diagnosis. Penyebabnya harus selalu dicari.

faktor penyebab gagal jantung

Berbagai faktor penyebab gagal jantung atau mengeksaserbasi perkembangan gagal jantung pada pasien dengan penyakit jantung primer.

1. Obat-obatan seperti penyekat  dan antagonis kalsium dapat menekan kontraktilitas miokard dan obat kemoterapeutik seperti doksorubisin dapat menyebabkan kerusakan miokard.

2. Alkohol bersifat kardiotoksik, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

3. Aritmia, mengurangi efisiensi jantung, seperti yang terjadi bila kontraksi atrium hilang (fibrilasi atrium, AF) atau disosiasi dari kontraksi ventrikel (bolok jantung). Takikardia (ventrikel atau atrium) menurunkan waktu pengisian ventrikel, meningkatkan beban kerja miokard dan kebutuhan oksigen menyebabkan iskemia miokard, dan bila terjadi dalam waktu lama, dapat menyebabkan dilatasi ventrikel serta perburukan fungsi ventrikel. Aritmia sendiri merupakan konsekuensi gagal jantung yang umum terjadi, apapun etiologinya dengan AF dilaporkan pada 20-30 % kasus gagal jantung. Aritmia ventrikel merupakan penyebab umum kematian mendadak pada keadaan ini.

4. penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan terjadinya penyempitan dan kekakuan pada pembuluh darah. Serta pembekuan darah yang menyimbat pembuluh darah.

5. Tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan kerja jantung lebih berat lagi. jantung kita aka bekerja lebih keraj jika mendorong darah melalui jalan keluar yang menyempit.

6. Kurang olahraga menjadi salah satu faktor penyebab gagal jantung. Untuk itu usahakan selalu meluangkan waktu anda untuk berolahraga kurang lebih sekitar 30 menit dalam sehari agar peredaran darah anda dari jantung menjadi lancar. Dan lemak tidak mengganggu sirkulasi peredaran darah dalam tubuh anda.

7. Makanan yang tidak sehat sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Untuk itu makanan yang kita konsumsi setiap hari harus selalu kita perhatikan. Faktor utama penyebab penyakit gagal jantung terdapat pada makanan fastfood. Jadi pastikan anda selalu memperhatikan nutrisi dari buah atau sayuran yang anda konsumsi itu terjaga dan seimbang.

Gejala- gejala yang muncul dari faktor penyebab gagal jantung antara lain:

–         Batuk kronis

–         Darah di dalam dahak atau lendir

–         kemampuan berolahraga berkurang

–         kelelahan atau kecapekan

–         Pembengkakan pada mata kaki dan tungkai kaki

–         Bertambahnya berat badan secara tiba-tiba

–         rasa sakit pada dada yang diikuti dengan sesak nafas.

Cara Pengobatan Penyakit Gagal jantung

Prinsip pengobatan ini adalah pencegahan atau pengobatan dini terhadap faktor penyebab gagal jantung. Pengobatan tahap ini adalah secara medis dan dilakukan oleh dokter.

Tujuan pengobatan adalah :

1.      Dukung istirahat untuk mengurangi beban kerja jantung anda.

2.      Meningkatkan kekuatan dan efisiensi kontraktilitas miokarium dengan preparat farmakologi

3.      Membuang penumpukan air tubuh yang berlebihan dengan cara memberikan terapi antidiuretik, diet dan istirahat sesuai petunjuk yang diberika dokter yang merawat anda saat ini.

Terapi Farmakologis :

1.  Glikosida jantung.

Terapi Digitalis , dilakukan utnuk meningkatkan kekuatan kontraksi otot pada jantung dan memperlambat frekuensi jantung anda. Efek yang dihasilkan  dari terapi ini seperti: peningkatan curah jantung, penurunan tekanan vena dan volume darah.

2. Terapi diuretik.

Terapi diuretik diberikan untuk memacu eksresi natrium dan air melalui ginjal untuk mengurangi faktor penyebab gagal ginjal yang anda derita. Penggunaan terapi ini harus hati – hati karena memiliki efek samping hiponatremia dan hipokalemia.

3. Terapi vasodilator.

Obat-obat vasoaktif digunakan untuk mengurangi impadansi tekanan terhadap penyemburan darah oleh ventrikel.

4. Diet

Pembatasan Natrium untuk mencegah, mengontrol, atau menghilangkan edema untuk mengurangi faktor penyebab gagal jantung.

Diuretik yang digunakan untuk mengurangi cairan dan pembengkakan.Penghambat ACE yang digunakan untun menurunkan tekanan darah dan mengurangi beban kerja jantung anda.Penyekat beta (beta blockers) yang digunakan para dokter ntuk mengurangi denyut jantung dan menurunkan tekanan darah agar beban jantung anda sedikit berkurang.Digoksin yang berguna untuk memperkuat denyut jantung anda dan daya pompa jantung jantung anda. Terapi nitrat dan vasodilator koroner yang menyebabkan vasodilatasi perifer dan penurunan konsumsi oksigen miokard.Digitalis untuk memperlambat frekuensi ventrikel dan meningkatkan kekuatan kontraksi, peningkatan efisiensi jantung. Saat curah jantung meningkat, volume cairan lebih besar dikirim ke ginjal untuk filtrasi dan ekskresi.Inotropik positiftermasuk Dobutamin adalah obat simpatomimetik dengan kerja beta 1 adrenergik. Efek beta 1 meningkatkan kekuatan kontraksi miokardium (efek inotropik positif) dan meningkatkan denyut jantung (efek kronotropik positif) dan mampu mengurangi faktor penyebab gagal jantung.Sedati yang diberikan untuk mengurangi kegelisahan penderita penyakit gagal jantung bertujuan mengistirahatkan dan memberi relaksasi.

Anda dapat mengurangi munculnya faktor penyebab gagal jantung dengan memilih makanan super yang memiliki kandungan yang cukup untuk asupan tubuh anda, menghentikan hebiasaan merokok sedini mungkin, tidur yang cukup, memantau kadar gula darah dalam tubuh dan mengelola stress agar tidak terlalu menekan diri anda. Semoga dengan adanya atrtikel faktor penyebab gagal jantung ini dapat bermanfaat bagi kita semua yang membacanya. Terima kasih.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:19

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.