loading...

Mengapa Ulat Bulu Gatal? Ini Cara Mengobatinya!

Posted by

Penyebab Gatal Pada Ulat Bulu Yang Menempel di Kulit dan Cara Mengobatinya secara Alami

Ulat Bulu Penyebab Gatal. Ulat bulu adalah sejenis ulat kepompong dari keluarga serangga Lepidoptera sebelum menjadi kupu-kupu atau ngengat. Ulat bulu bermacam-macam jenisnya. Ada yang beracun, ada yang tidak. Ulat bulu yang beracun mempunyai sel kelenjar racun ( Toksin ) yang terdapat di sepanjang tubuhnya.


Sel-sel ini dapat mengeluarkan racun yang akan disalurkan melalui rongga-rongga kecil dalam bulu-bulu ulat itu. Ketika terkena kulit, bulu akan patah dan keluarlah racun yang menyebabkan rasa gatal dan bentol-bentol merah. Hal ini disebabkan oleh toksin yang merusak sel-sel tubuh sehingga tubuh mengeluarkan histamin, serotonin, dan heparin sebagai reaksitubuh kita.

Ulat bulu yang tidak beracun dapat juga menyebabkan rasa gatal terutama pada mereka yang alergi pada bulu, Alergi ini muncul sebagai reaksi tubuh kita pada kehadiran benda-benda asing Cara Mengobati Rasa Gatalnya Parut kunyit, ambil air parutannya. Campurkan dengan kapur sirih dan sedikit air, panaskan dan angkat setelah 5 menit. Diamkan hingga dingin. Oleskan racikan tadi pada area yang gatal hingga merata dan diamkan selama 10 menit sampai rasa gatal hilang

Cara Mengobati Gatal Karena Ulat Bulu dengan Bahan-bahan Alami

Manfaatkan Garam dan minyak goreng untuk Mengatasi Gatal si Ulat Bulu
Campurkan dua bahan tersebut ke dalam sebuah mangkuk kecil. Tak perlu terlalu banyak, cukup 1 sdt garam dan 1/2 sdm minyak goreng saja. Balurkan pada bagian yang bentol-bentol dan gatal. Kemudian biarkan dalam beberapa menit. Bentol-bentol akan mereda dan gatal pun ikut hilang.

Menggunakan Parutan Kunyit Untuk Obat Gatal karena Ulat Bulu
Kunyit merupakan anti infeksi alami yang mampu merawat luka hingga kering dan sembuh. Bila gatal -gatal akibat ulat bulu muncul, cuci bersih kunyit dan parut bersama dengan kulitnya. Balurkan di tempat yang bentol dan gatal. Nyeri dan rasa panas akibat ulat bulu cenderung akan berkurang dan hilang.

Obat Alami Gatal Karena Ulat Bulu dengan Bawang Merah
Sama halnya dengan kedua bahan di atas, bawang merah juga mampu meredakan gigitan ulat bulu. Cukup dengan mencincang halus dan mengoleskannya di bagian yang bentol, perlahan bentol dan gatalnya akan mereda. Hati-hati saat menggunakannya pada anak-anak, karena bawang mengeluarkan zat yang bisa membuat mata terasa pedih dan mengeluarkan air mata. Sehingga, penggunaan bawang merah ini harus di bawah pengawasan orang dewasa.

Tips Jika Terkena Ulat Bulu:

Buang semua bulu ulat yang melekat di kulit. Hilangkan bulu ulat uang menempel pada kulit dengan menggunakan kertas, sarung tangan atau selotip. Hilangkan bulu-bulu tersebut secepat mungkin sebelum menyebar ke bagian tubuh lain.

Bersihkan dengan mencuci bagian yang terkena bulu. Gunakan air panas atau cuci dengan air dan sabun untuk membantu menghilangkan racun ulat bulu yang tersisa.

Usap dengan garam. Usapkan garam dan gosokkan selama 5 menit pada daerah yang terkena bulu untuk menghilangkan sisa bulu dan racun yang tidak hilang saat dicuci.

Gunakan minyak kelapa atau batu es. Gunakan minyak kelapa murni atau batu es untuk membantu mengobati pembengkakan dan nyeri akibat racun ulat bulu. Bila reaksi pembengkakan berlanjut, segera hubungi dokter karena hal ini bisa menjadi reaksi alergi yang serius.

Jangan digaruk. Tahan keinginan untuk menggaruk daerah kulit yang gatal akibat racun ulat bulu. Hal ini bisa menimbulkan luka yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Sebaiknya gunakan krim atau lotion yang bisa mengurangi reaksi gatal karena gigitan serangga

Cara mencegah dan Menghindari kulit gatal karena ulat bulu :
Menyemprotkan insektisida di pagi hari
Menyemprotkan langsung insektisida pada sarangnya di dedaunan dan tanaman mampu mengontrol serangan ulat bulu dengan cepat, pagi hari adalah waktu yang terbaik saat ulat-ulat berjemur dibawah sinar matahari

Menggunakan bacillus thuringiensis
Adalah pestisida alami berupa bakteri yang tergolong patogen fakulatif dan dapat hidup di daun tanaman maupun pada tanah. Bakteri ini bisa menghasilkan protein yang bersifat toksin atau racun sehingga bisa mematikan serangga. Jenis pengendalian ini dirancang tidak hanya untuk mengendalikan ulat tapi juga akan mematikan ulat.

Membuang daun yang menjadi sarang telur ulat
Telur akan terlihat jelas pada dedaunan. Jika anda menemukannya, buang atau kubur daunyang berisi telur ulat tersebut ke tanah. Sebaiknya dilakukan di pagi atau sore hari, yaitu ketika sebagian ulat masih berada pada sarang. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan untuk menghindari terkena bulu atau ulat yang beracun

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:57

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.