loading...

Manfaat Tersembunyi Dalam Biji Duku dan Buah Duku

Posted by

Manfaat Biji Duku Sebagai Penurun Demam

Buah dan Biji Duku. Buah duku adalah buah musiman yang banyak penggemarnya. Saat mengonsumsi buah duku kadang kita terkunyah biji duku. Tahu dong rasanya biji duku? Betul biji duku rasanya pahit sehingga jika tertelan akan mengganggu kenikmatan kita saat memakan duku.

Beberapa Manfaat Buah Duku:
Memperlancar sistem pencernaan. Karena buah Duku mengandung dietary fiber atau serat yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

Sebagai Obat Cacingan, menurunkan demam panas, serta membantu mengurangi diare. Caranya : ambil Biji buah duku, kemudian tumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit air. Minum secukupnya sesuai kebutuhan. setelah itu kita minum, satu kali sehari, sekali minun seperempat gelas.
Menguatkan gigi. Karena buah duku mengandung fosfor yang baik untuk gigi.

Mengobati gigitan serangga berbisa gigitan serangga berbisa, malaria, dan obat disentri. Caranya : Ambil tepung kulit kayu buah duku, yang dimaksud dengan tepung kulit kayu duku adalah sejenis serbuk putih yang biasanya menempel dikulit kayu buah duku.Setelah diambil kemudian oleskan tepung kulit kayu buah duku tersebut kebagian tubuh kita yang tergigit atau tersengat kalajengking.

Buah duku sebagaimana buah lain banyak memiliki manfaat bagi kesehatan, bagaimana dengan biji duku? Adakah manfaatnya bagi kesehatan?


Berikut ini manfaat Biji Duku

Biji duku yang pahit rasanya, ditumbuk dan dicampur air untuk obat cacing dan juga obat demam.

Buah Duku memiliki nama latin Lansium domesticum Corr, biji dari buahnya secara empiris telah diyakini oleh masyarakat Kalimantan memiliki khasiat menurunkan demam. Akan tetapi khasiat tersebut perlu dikaji dan dibuktikan kebenarannya dengan pendekatan ilmiah, sehingga kita dapat mengetahui khasiat yang sebenarnya. Kemudian penelitian ini pun dilakukan dan bertujuan untuk mengetahui potensi yang ditimbulkan oleh biji buah duku sebagai obat penurun panas atau antipiretik.

Antipiretik berkerja sebagai penghambat aktivitas enzim siklooksigenase yang mengkatalisis reaksi pembentukan prostaglandin yakni senyawa yang dapat merangsang peningkatan suhu tubuh. Dengan menguji ekstrak etanol biji buah duku terhadap 30 ekor tikus yang telah didemamkan dengan penyuntikan vaksin telah menunjukan bahwa ektrak tersebut dapat mencegah suhu tubuh tikus putih jantan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:05

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.