loading...

Manfaat Tanaman Herbal Suruhan Bagi Kesehatan

Posted by

Tanaman Suruhan. Tanaman herbal suruhan kaya akan kandungan kimia seperti alkaloid, tanin, kalsium, oksalat, lemak dan minyak asiri. Anggota famili Piperaceae bersifat pedas dan sejuk.
Cara Memperbanyak tanaman Suruhan: Cara pembudidayaannnya adalah: Perbanyakan tanaman dengan biji. Pemeliharaan tanaman ini mudah antara lain membutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembapan tanah dan pemupukan, terutama pupuk dasar. Suruhan menghendaki tempat yang cukup matahari dan sedikit terlindung.


Manfaat Tanaman Suruhan
Abses, bisul, jerawat, dan radang kulit : Dua pohon tanaman segar ukuran kecil ( tinggi o 7-10 cm tinggi ) dicuci bersih. Rebus tanaman dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum airnya sekaligus 1 gelas selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 x dengan dosis yang sama. Sisa air ramuan sebaiknya dibuang. Buat ramuan segar lagi untuk setiap kali akan minum ramuan yang berikutnya.

Luka bakar dan terpukul : Ambil tanaman segar secukupnya. Cuci bersih, lalu lumatkan tanaman, Tempelkan ramuan dibagian tubuh yang sakit.

Penyakit ginjal : Cuci bersih tanaman segar berukuran kecil ( tinggi 7 – 10 cm tinggi ). Rebus tanaman dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum airnya sekaligus selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 x, masing- masing 1 gelas. Sisa air ramuan sebaiknya dibuang. Buat ramuan segar lagi untuk setiap kali akan minum ramuan yang berikutnya.

Sakit perut : Tumbuk halus herba segar yang telah dicuci bersih. Peras hasil tumbukan, lalu minum air perasan itu.


Sumber : Penebar swadaya


Manfaat Tanaman Suruhan Untuk Obat Asam Urat
Penggunaan herbal sebagai obat untuk beragam penyakit telah marak dilakukan. Tidak terkecuali inovasi lima mahasiswa Departemen Biokimia Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) bagi penyakit asam urat.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Nursofiyana Saumi Ningrum, Wulan Widianti, Elsha Ukieyanna, Khairrunnisa, dan Novilia Eka Syafitri, mereka menemukan jika daun suruhan mampu menjadi penangkal penyakit asam urat.

Penyakit asam urat (gout) terjadi pada 840 orang setiap 100 ribu orang. Penyakit ini sangat berhubungan dengan hiperurisemia akibat kelebihan produksi dari asam urat dan dipengaruhi oleh tingginya asupan makanan yang kaya akan basa purin, seperti jeroan, kacang-kacangan, makanan hasil laut, dan makanan hasil fermentasi.

Alopurinol merupakan obat medis yang digunakan untuk menghambat enzim xantin oksidase (XO), tetapi obat ini memberikan banyak efek samping seperti radang hati dan reaksi alergi. Oleh karena itu, perlu obat alternatif yang memiliki aktivitas pengobatan lebih baik dan efek samping yang rendah.

Sudah banyak penelitian penghambat aktivitas XO pada berbagai tanaman herbal yang berpotensi sebagai antigout di antaranya ekstrak metanol Cinnamomum cassia, Chrysanthemum indicum, dan Lycopus europaeus. Selain itu, ekstrak kasar flavonoid herba sidaguri terbukti memiliki daya hambat/inhibisi terkuat bila dibandingkan dengan produk jamu komersial antigout lainnya yang beredar di pasaran.

Tanaman obat lain yang diprediksi memiliki aktivitas yang sama adalah daun suruhan (Peperomia pellucida L. Kunth). Tanaman yang termasuk dalam famili Piperaceae merupakan tanaman asli Amerika tropis yang telah lama diimpor dan kini banyak tumbuh di dataran rendah Jawa.

Sebelumnya daun ini digunakan sebagai obat luar untuk mengobati pusing. Sementara hasil perasan daunnya dapat digunakan untuk pengobatan penyakit perut atau reumatik karena asam urat tinggi.

“Daun suruhan kami ekstrak dengan dua cara yakni dengan air dan etanol. Keduanya terbukti dapat menurunkan kerja enzim XO cukup baik. Daya inhibisi ekstrak etanol suruhan jauh lebih besar daripada ekstrak air,” ujar Ketua Tim, Nursofiyana, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Senin (26/8/2013).

Untuk mengetahui kadar racun pada Suruhan, tim juga melakukan pengujian toksisitas. Baik ekstrak air dan etanol suruhan memiliki potensi bioaktif karena suatu senyawa memiliki potensi bioaktif jika nilai LC50-nya di bawah 1.000 ppm.

“Nilai LC50 masing-masing ekstrak dapat dijadikan sebagai batas konsentrasi tertinggi pada penentuan ragam konsentrasi ekstrak dalam uji enzimatik aktivitas XO. Hal ini dikarenakan pada formulasi obat akan lebih aman jika konsentrasinya dibuat di bawah nilai LC50,” tuturnya.

Melalui penelitian tersebut mereka menyimpulkan, ekstrak etanol suruhan terbukti secara in vitro berpotensi sebagai obat antigout karena dapat menghambat enzim XO lebih baik dibandingkan ekstrak air suruhan.

Sumber Okezone.com

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:17

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.