loading...

Manfaat Pohon Jaranan (Pohon Kayu Jaran)

Posted by

Pohon Kayu Jaran, Menghijaukan dan Menyehatkan

Tanaman yang punya nama ilmiah Lannea coromandelica ini biasa ditanam di pinggir jalan atau dipekarangan sebagai pagar hidup. Di daerah Sulawesi disebut dengan nama Kayu Jawa dan tersebar luas di Indonesia. Di Jawa sendiri disebut pohon Kudo, Jaranan, Ki Kuda, Kedondong Laki, dan di Flores disebut pohon Reo. Pohon Kayu Jawa atau Kudo ini masuk dalam famili Anacardiaceae yang artinya satu keluarga dengan pohon mangga.

Nama internasionalnya adalahIndian Ash Tree, dan diperkirakan berasal dari daerah india kemudian menyebar luas sampai indonesia. Di India sendiri tanaman ini merupakan tanaman obat yang cukup penting dan banyak digunakan masyarakat disana.
Secara sekilas tanaman ini mirip dengan angsana dan biasa ditanam berdampingan dengan angsana. salah satu ciri pohon jaranan ini adalah saat musim kering daunnya gugur dan tinggal ujung ranting yang ditumbuhi malai bunga.

Manfaat dan Khasiat Obat dari pohon Kayu jawa/Kudo/Kayu jaran:

Penawar bisa racun
Pucuk daun dari pohon Kayu Jawa ampuh untuk penawar bisa (racun) binatang berbisa, seperti ular atau gigitan serangga. Caranya pucuk daunnya secukupnya kemudian ditumbuk boleh dicampur dengan garam secukupnya lalu oleskan pada luka.

Obat tetes mata merah dan Belekan
Cara menggunakannya: potong pucuk batang muda dengan diameter 3-4cm pada pagi hari sebelum matahari terbit (antara jam 4-5 pagi), tetesan air daribatang kayu jawa dapat dimanfaatkan untuk tetes mata alami untuk mata merah.

Luka sayat dan sakit gigi:
Kupas kulit batang kayu jawa lalu kerik batang kayu jawa pada bagian kambiumnya, lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:48

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.