loading...

Manfaat Jintan Putih, Kandungan Nutrisi dan Efek Sampingnya

Posted by


Jintan Putih, Bumbu Penyedap Masakan Yang Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan



Jika selama ini yang lebih dikenal sebagai obat herbal yang sudah teruji manfaatnya adalah jinten hitam maka jinten putih lebih banyak dikenal sebagai rempah bumbu masakan. Jintan putih selain digunakan untuk menyedapkan masakan, juga memilikin kegunaan lainnya bagi kesehatan. Tetapi sebelumnya tentu akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi di dalam jintan putih ini. Di dalam 100 gram jintan putih terkandung:

Kandungan Gizi Nilai Gizi
Energi 375 kalori
Karbohidrat 44,24 gram 4 %
Protein 17,8 gram 32 %
Lemak total 22,27 gram 74 %
Kolesterol 0 mg 0 %
Serat 10,5 gram 26 %
Folat 10 µg 2,5 %
niacin 4,58 mg 28,5 %
Pyridoxine 0,435 mg 33 %
Riboflavin 0,32 mg 24,5 %
Thiamin 0,628 mg 52 %
Vitamin A 1270 IU 42 %
Vitamin C 7,7 mg 13 %
Vitamin E 3,3 mg 22 %
Vitamin K 5,4 µg 4,5%
Sodium 1788 mg 38 %
Potasium 68 mg 11 %
Kalsium 931 mg 93 %
Tembaga 0,867 mg 96 %
Zat besi 66,36 mg 829 %
Magnesium 366 mg 91 %
Mangan 3,3 mg 145 %
Fosfor 499 mg 71 %
Zinc 4,8 mg 43,5 %
Beta karotene 762 µg
Beta crypto xanhin 0 µg
Lutein zeaxanthin 448 µg

Manfaat Jintan Putih Untuk Kesehatan
Membantu Menurunkan Berat Badan. Ingin cepat langsing dan sehat? Jintan bisa menjadi solusi alternatif yang efektif untuk membantu snds menurunkan berat badan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jintan mengandung cukup banyak serat yakni 10,6 gram atau sekitar 26% dari total kebutuhan serat setiap harinya. Kandungan tersebut bisa kita manfaatkan dalam membantu melancarkan sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh. Sehingga lemak dan kotoran yang ada di dalam tubuh pun tidak menumpuk dan membuat kita gemuk.

Melancarkan Peredaran Darah. Jintah putih juga bisa membantu untuk menyehatkan serta melancarkan peredaran darah. Kandungan mineral seperti zat besi, mangan, tembaga, zinc, potasium dan yang lainnya merupakan unsur – unsur yang sangat dibutuhkan untuk menyehatkan darah dan peredaran darah di dalam tubuh. Mineral tembaga misalnya dibutuhkan dalam pembentukan sel – sel darah merah.

Membantu Menstabilkan Tekanan Darah. Kandungan potasium sebanyak 68 mg sangat berguna untuk membantu menormalkan tekanan darah serta detak jantung. Potasium merupakan komponen yang sangat penting untuk meregulasi sel – sel tubuh dan cairan tubuh yang berguna untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Mengobati Sakit Perut. Jintah putih sudah digunakan sejak dahulu kala dan sudah dimanfaatkan kandungannya untuk mengobati sakit perut. Jika anda mengalami kembung, perut bergas, perut perih maupun diare bisa diredakan dengan mengkonsumsi jintan putih.

Merilekskan Otot – Otot. Jintan putih memiliki kandungan magnesium dan potasium. Kedua komponen tersebut sangat bermanfaat untuk melemaskan dan merilekskan otot – otot tubuh ysng tegang seperti saat setelah berolahraga atau setelah bekerja seharian.

Menyehatkan Sistem Pencernaan. Selain dapat mengobati sakit perut, jintan putih juga dapat sekaligus menyehatkan sistem pencernaan secara menyeluruh. Ini karena jintan putih mengandung tinggi serat serta terdapat pula anti mikroba dan anti fungal sehingga dapat melindungi sistem pencernaan dari serangan penyakit berbahaya yang dapat menyerang organ – organ pencernaan.

Membantu Mengobati Dan Mencegah Ambeien. Ambeien pada dasarnya diakibatkan oleh sembelit akibat kurangnya konsumsi serat sehingga menimbulkan luka pada anus. Sehingga luka tersebut dapat menimbulkan infeksi yang menyebabkan ambeien tersebut. Tingginya kandungan serat di dalam jintan putih dapat melancarkan pencernaan, qmencegah ambeien yang sekaligus membantu mencegah terjadinya ambeien. Sedangkan anti mikroba serta anti fungal di dalam jintan putih akan membantu menyembuhkan infeksi atau ambeien.

Gangguan Pernafasan. Mengalami gangguan pernafasan? Jintan putih bisa berfungsi untuk mengobati gangguan yang terjadi pada sistem pernafasan seperti bronkhitis, asma, dan gangguan pernafasan lainnya. Ini karena di dalam jintan putih terkandung kafein sebagai ‘stimulating agent’ serta minyak esensial yang berfungsi sebagai disinfektan. Kandungan – kandungan tersebut menjadikan jintan putih sebagai obat herbal yang ideal untuk meredakan asma maupun bronkhitis.

Mencegah Penyakit Kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan. Untuk itu penting bagi kita untuk mencegah penyakit ini dari sedini mungkin. Lalu, bagaimana cara mencegah kanker? Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi jintan putih. Jintan putih dikenal mengandung fito kimia yang dapat membentuk anti oksidan. Anti oksidan sangat penting untuk melawan radikal – radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Menyehatkan Kulit. Jintan putih mengandung vitamin e yang cukup tinggi yakni sebanyak 3,3 mg yang dapat memenuhi sekitar 22 % kebutuhan vitamin e setiap harinya. Vitamin e sangat dibutuhkan tubuh dan membuat kulit sehat dan bercahaya. Nah, jika anda ingin memiliki kulit yang sehat dan cerah, coba konsumsi si jintan putih ini secara teratur.

Jerawat. Jerawat merupakan kondisi kulit yang sangat mengganggu. Jerawat sangat mengganggu penampilan dan parahnya lagi jerawat dapat menurunkan rasa percaya diri. Selain itu, jerawat bahkan ketika sudah sembuh dapat menimbulkan bintik – bintik hitam yang sangat mengganggu. Jintan putih mengandung banyak minyak esensial yang dapat membantu menyembuhkan jerawat, bisul maupun gangguan kulit lainnya. Selain minyak esensial, jintan putih juga mengandung anti mikroba dan anti fungal yang dapat membantu mengobati sekaligus mencegah infeksi yang disebabkan oleh jamur maupun mikroba.

Mencegah Penuaan Dini. Vitamin e di dalam jintan putih dapat berfungsi sebagai anti ageing di dalam tubuh sehingga membantu mencegah penuaan dini dan gejalanya. Vitamin e juga berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat mencegah masuknya radikal – radikal bebas dan mencegah masuknya toksin yang dapat menjadi penyebab timbulnya keriput, noda hitam dan kendurnya kulit. Kandungan tersebut yang dikombinasi dengan adanya anti bakteri yang juga terdapat di dalam jintan putih menjadikan jintan putih sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin memiliki kulit sehat cantik yang bertahan lama.

Mengobati demam dan gatal – gatal. Jika suhu tubuh anda panas atau demam, jintan putih bisa sangat berguna untuk menurunksn panas. Selain panas, jintan putih juga dapat mengobati gatal – gatal. Caranya adalah dengan mencampurkan jintan putih pada air mendidih. Selanjutnya jika air tersebut sudah bersuhu hangat anda bisa menggunakannya untuk mandi, dan dijamin panas dan gatal – gatal pun akan sembuh.

Meredakan Sensasi Terbakar. Bagi anda penyuka makanan pedas, pasti anda sering mengalami sensasi terbakar di dalam mulut atau pada tangan setelah mengkonsumsi makanan pedas. Jika mengalami hal tersebut, anda bisa menggunakan jintan putih untuk menghilangkan sensasi terbakar tersebut. Caranyan sangat mudah yaitu cukup dengan mencampur jintan putih dan rebus di dalam air. Saat air sudah hangat, minum dan sensasi terbakar pun dapat hilang dengan segera.

Membantu Menghilangkan Ketombe Yang Membandel. Banyak produk perawatan rambut yang saat ini banyak beredar di pasaran. Namun terkadang banyak juga produk perawatan yang hanya menghilangkan ketombe untuk sementara waktu. Jintan putih mengandung minyak esensial yang bisa berfungsi untuk menghilangkan ketombe dan mencegah ketombe kembali lagi.

Jintan putih sudah dikenal sejak lama sebagai penyedap masakan. Berikut mengenai manfaat – manfaat jintan putih dalam dunia kuliner. Jintan putih dalam bentuk biji atau sudah dihaluskan merupakan bumbu atau penyedap masakan berbagai sajian masakan. Intan putih yang masih berbentuk biji sudah digunakan sejak jaman Yunani kuno sebagai p3nyedap masakan untuk olahan daging, ayam maupun ikan.

Di India, jintan putih merupakan bumbu wajib dalam masakan jeera daal, dan aaloo jeera. Sedangkan di Timur Tengah jintan putih digunakan sebagai bumbu khususnya untuk olahan daging, kari dan nasi. Di Pakistan dan India, jintan putih digunakan dalam industri makanan yang memproduksi permen, bahkqn hingga minuman ringan. Di India, jintan putih juga digunakan sebagai bumbu dan campuran pada masakan vegetarian.

Di pasaran, jintan putih tersedia dalam bentuk biji atau bubuk. Tetapi akan lebih baik jika anda menggunakan jintan putih yang masih dalam keadaan biji. Ini karena jintan putih yang masih dalam keadaan biji masih memiliki kualitas yang sangat baik dan masih terjaga aroma khas dari jintan putih itu sendiri. Sedangkan jintan putih dalam bentuk bubuk sudah berkurang kualitas maupun nilai gizinya pada saat proses pengolahan dari biji menjadi bubuk. Jika memilih jintan dalam bentuk bubuk, coba ambil sedikit saja dari jintan bubuk tersebut dengan menggunakann jari telunjuk dan ibu jari. Gesekan bubuk jintan putih tersebut diantara jari telunjuk dan ibu jari anda, jika jintan tersebut mengeluarkan bau harum jintan yang khas maka jintan tersebut merupakan jintan putih dengan kualitas yang bagus.

Untuk cara penyimpanan, menjaga jintan putih tetap dengan kualitas yang baik tidak lah rumit. Jintan putih dapat disimpan pada tempat kering bisa dimasukan kedalam kulkas maulun ditempatkan di tempat yang kering, sejuk maupun tempat yang tidak memiliki pencahayaan. Jika ditempatkan di dalam lemari es, pastikan wadah jintan putih bebas dari udara sehingga jintan dapat bertahan lama.

Catatan: Efek Samping Jintan Putih
Penggunaan jintan putih yang berlebihan dapat menyebabkan permasalahan pada sistem pencernaan anda seperti:
  • Gangguan pencernaan
  • Diare
  • iritasi organ pencernaan
  • luka pada usus
Ciri dari Jintan Putih ini adalah tumbuhannya yang berbentuk terna serta mempunyai batang ramping bercabang. Dan kebanyakan pemanfaatan dari Jintan putih ini digunakan sebagai bahan dasar dalam bumbu masakan pada daerah tertentu. Salah satu contohnya sebagai masakan terkenal yaitu kare / kari.

Manfaat Jintan Secara Umum: Sebagai Antiosidan alami yang baik untuk tubuh yang mempunyai fungsi sebagai enangkal segala macam serangan penyakit yang mengancam tubuh kita. Melancarkan serta menyembuhkan penyakit yang menyerang sistem pernafasan, Salah satu cnotohnya adalah : Sesak, batuk dan lain-lainnya. Mencegah sel kanker atau tumor berkembang serta tumbuh dalam tubuh, Hal ini sngat baik untuk kesehatan kita karena kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya untuk tubuh kita.Menyehatkan, Meregangkan otot yang kaku dan juga sangat baik untuk mengobati lemat, letih dan lesu serta rasa capek yang menyerang dikarenakan aktifitas kerja. Meningkatkan kinerja dari organ tubuh kita, Entah itu jantung, Ginjal dan alat lain yang berfungsi untuk tubuh kita.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:47

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.