loading...

Manfaat Daun Kari, Bumbu Rempah Yang Kaya Manfaat

Posted by

Manfaat Kesehatan Daun Kari

Daun KARI. Tumbuhan renek ini berasal dari keluarga Rutaceae dan dari spesies Murraya koeniggi, mengeluarkan daun-daun kecil berwarna hijau. Daun kari ini biasanya bermanfaat dan berkhasiat menambah bau harum masakan dan masyarakat India banyak mengkonsumsi daun kari ini.

Pokok kari juga dikenali sebagai 'kariveppilai' dalam bahasa Tamil, juga dikenali sebagai karipulei, kari-kari, veppu-neem dan daun ilai. Dalam bahasa Kannada, ia dipanggil ‘neem hitam’, kerana daunnya mirip dengan pohon neem yang pahit, walaupun tidak ada hubungan dengan pokok neem. Pokok kari tidak ada hubungan dengan daun salam (bay leaf) dan daun kemangi (basil leaf) yaitu daun yang beraromatik dari Mediterania.

Bunga Pokok Daun Kari
Bunganya kecil berwarna putih kekuningan dan mempunyai aroma yang sangat harum. Buahnya kecil, sebesar terung pipit, berwarna hijau ketika muda dan bertukar ke ungu berkilau setelah matang. Buahnya boleh dimakan, tetapi biji benihnya dikatakan beracun. Agaknya, sebab itulah buahnya yang ranum ini tidak diganggu serangga atau burung...

Pokok kari berkembang biak melalui biji benih, keratan batang dan anak yang tumbuh dari akarnya. Selain ditanam di halaman rumah karena daunnya ia juga ditanam sebagai tanaman hias.

Hasil penelitian menunjukkan di dalam daun kari terkandung:
* 66.3% pelembab
* 6.1% protein
*1.0% lemak
*16.0% karbohidrat
*6.4% fiber

Daun kari juga mengandungi mineral dan vitamin seperti kalsium, fosforus, zat besi, asid nikotinik dan vitamin C. Ia juga mengandungi volatile oil dan sejenis glukosid yang disebut koenigiin.

Daun kari mempunyai khasiat herbal yang tinggi dan sangat banyak digunakan dalam pengobatan Ayurveda di India. Daun kari mempunyai nilai sebagai antioksidan, anti-diabetes, antimikrob, anti-inflamasi, Hepatoprotektor, anti-hiperkolesterolemia dan lain-lain lagi. Daun kari juga dikatakan baik untuk merawat rambut yang panjang dan sehat. Selain dari itu daun kari juga dapat mencegah uban. Kulit pokok, daun dan akar pokok daun kari digunakan sebagai tonik. Pucuk daun muda biasa dijadikan lalapan.

Khasiat Daun Kari meredakan mencret dan ambeien
Daun kari dapat  tonik herba untuk menguatkan perut dan meningkatkan keupayaannya serta mengatasi masalah penghadaman. Ia juga boleh digunakan sebagai laksatif (julap) lemah untuk mengatasi masalah sembelit. Jus daun kari yang dicampur dengan madu juga dapat menjadi penawar kepada cirit birit dan buasir.

Khasiat Daun Kari Atasi masalah loya dan pening.
Jus daunnya yang segar dicampur dengan jus limau nipis digunakan untuk mengatasi masalah loya dan pening terutamanya akibat makan lemak yang berlebihan. Caranya dengan mencampurkan satu sudu teh jus daun kari dan satu sudu teh jus limau nipis. Daun kari juga berkesan dalam mengatasi masalah haid dan penyakit gonorea (gonorrhea), menghilangkan rasa loya dan pening-pening lalat bagi wanita mengandung.

Air rebusan kulit batangnya yang kering dapat digunakan untuk mengubat diabetes. Amalan memakan 10 helai daunnya setiap hari selama 3 bulan dikatakan dapat mencegah kencing manis yang disebabkan oleh keturunan dan kegemukan.

Khasiat Daun Kari dalam pengobatan
Dari segi manfaat dan khasiat daun kari sangat penting dalam mengatasi masalah-masalah haid dan gonorhea, menghilangkan rasa pegal dan pusing bagi wanita yang mengandung dan menyembuhkan penyakit mencret dan penyakit berak berdarah. Selain itu manfaat dan khasiat daun kari juga baik untuk melancarkan peredaran darah.

Walaupun terdapat macam-macam kegunaan tumbuhan ini, namun penggunaannnya perlu mendapat nasehat dari dokter untuk menghindari keracunan.

Khasiat daun Kari sebagai obat penyakit diabetes
Jika keluarga anda mempunyai masalah turun menurun penyakit diabetes coba memakan pucuk daun kari selama 3 bulan tanpa memasak atau merebusnya, buat sebagai lalapan Insya-Allah akan sembuh penyakit tersebut.

Khasiat Daun Kari untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh
Manfaatkan Khasiat Daun Kari untuk kecantikan dan kesehatan tubuh dengan cara yang murah & lebih aman.
  • Minum air rebusan daun,akar,kulit kayu,batang dan bunga kari.Ia akan melegakan segala gangguan dalam perut.
  • Makan daun kari secara mentah untuk mengatasi mencret.
  • Buat teh dari daun kari yang kering dan minum airnya. Khasiatnya dapat menambah selera makan dan mengurangkan muntah-muntah.
  • Jika terkena gigitan ular, minumlah campuran daun kari yang telah diaduk dengan kunyit mentah dan garam.Ini adalah langkah awal sementara sebelum penderita dibawa ke rumah sakit.
  • Untuk kanak-kanak yang sakit perut,minumlah campuran jus daun kari.
  • Campurkan satu sendok makan minyak kelapa dengan segenggam daun kari.Masak sehingga hangus.Setelah dingin gunakan ia sebagai tonik rambut untuk menghitamkan rambut dan mencegah uban.
  • Untuk menghilangkan loyo bagi wanita mengandung,campurkan campuran jus daun kari dan dua sudu teh jus limau nipis serta sesendok teh gula.
  • Untuk menghilangkan sembelit,rendamkan daun kari dengan air panas.Kemudian campurkan dengan madu sebelum diminum.
Info Tambahan Khasiat Daun Kari
1. Daun Kari Bagus untuk menghitamkan rambut.
2. Perawatan untuk bengkak di tubuh badan.
3. Khasiat Daun Kari Baik untuk mencegah kencing manis.
4. Khasiat Daun Kari dapat Mengurangkan kolestrol dalam badan.
5. Mengatasi masalah bagi wanita mengandung.
6. Daun kari boleh digunakan untuk menjauhkan lalat.

Resep dari India:
Untuk mendapatkan/menambah keturunan, konsumsi daun karip setiap hari berikut dengan pucuknya untuk lalapan atau daun yang sudah tua dicampurkan kedalam gulai kari.

Lebih enak bila dimakan mentah seperti anda makan salad atau lalapan dimana kari akan tercerna dalam abdomen secara perlahan. Daun Kari tidak perlu direbus dikhawatirkan akan menghilangkan kandungan enzim dan menjadi tidak berkasiat.
Buahnya yang dimasak dengan minyak kelapa hingga kehitaman boleh dihancurkan dan digunakan untuk mengobati gigitan serangga dan hewan berbisa. Daunnya yang dilumatkan dan digunakan untuk merawat lebam dan bengkak dengan cara menampalnya pada bagian yang sakit itu.

Kalau kita mendengar istilah kari, terbayang akan bau harum rempah yang menggoda, bau haruman daun kari terasa enak untuk kuah yang dicampur dengan rasa pedas, masam dan rasa rempah yang unik.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:34

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.