loading...

Manfaat dan Efek Samping Telur Asin Bagi Kesehatan

Posted by

Telur Asin, Makanan Bermanfaat Tetapi Jika Dikonsumsi Berlebihan Akan Membahayakan Kesehatan

Telur Asin. Umumnya telur asin biasa dibuat dari telur bebek. Prinsip telur asin sebenarnya adalah memasukkan garam kedalam telur tanpa merusak kerabang atau cangkang telur dengan jalan direndam dalam larutan garam plus tanah sebagai salah satu caranya. Manfaat telur asin adalah sebagai sumber gizi protein hewani, hanya saja perlu dicatat bahwa telur bebek memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, sehingga perlu hati-hati saat mengonsumsi telur asin terutama dari segi jumlah konsumsi per harinya.
Waspadai untuk orang yang memiliki kolesterol tinggi. Kandungan kolesterol telur bebek jauh lebih tinggi dari telur ayam, demi kebaikan sebaiknya mengkonsumsi dengan batasan. Setiap telur mengandung 619 miligram kolesterol, dimana ini dua kali lipat melebihi dari batasan asupan harian yang direkomendasikan. Dan batasan ini lebih dari tiga kali lipat bagi penderita masalah jantung dan kolesterol. Beberapa penelitian memang menunjukkan jika kolesterol dari makanan tak akan berpengaruh banyak, namun mengkonsumsi apapun secara berlebihan tentu tak baik akibatnya. Kolesterol tinggi bisa berpengaruh negatif terhadap kesehatan, terlebih bagi penderita penyakit jantung atau yang kondisi terkait arteri. Anda cukup sehat dengan hanya makan satu butir telur bebek sehari, dan sebaiknya menyandingkannya dengan makanan lain yang bebas kolesterol, seperti sayuran, buah-buahan atau makanan yang tinggi serat. Jika Anda sensitif dengan kolesterol tinggi, Anda mungkin harus berhati-hati atau berkonsultasi dengan dokter. Perlu diketahui bahwa Telur itik sangat tinggi kolesterol. Walaupun beberapa penelitian menunjukkan bahwa kolesterol dari telur tidak berpengaruh banyak terhadap darah, namun walau bagaimanapun lebih baik mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Hal ini terutama bagi orang yang sebelumnya diketahui memiliki kolesterol tinggi.

Waspadai konsumsi telur asin untuk penderita Hipertensi. Sementara itu, telur bebek yang diasinkan (telur asin) kebanyakan juga sangat asin, sehingga perlu waspada bagi penderita darah tinggi. Garam adalah sangat tinggi natrium, dimana asupan yang berlebihan bisa berakibat tidak baik bagi tekanan darah.

Langkah Sederhana Membuat Telur Asin:
Bahan-bahan:

  • Siapkan telur bebek yang baik kualitasnya, sebanyak 25 hingga 45 butir
  • Siapkan abu gosok atau bata merah yang sudah dihancurkan menjadi bentuk bubuk sebanyak kurang lebih 2 liter
  • Garam dapur ½ kg
  • Air
Cara membuat telur asin:
  • Cuci bersih telur denganmenggunakan air, lalu keringkan dan diamplas halus sedikit bagian kulitnya, agar pori – porinya terbuka
  • Campurkan abu gosok atau bubuk bata dengan garam, lalu tuangkan sedikit air hingga menjadi pasta.
  • Setelah itu, bungkus telur satu per satu dengan menggunakan larutan nomor 2
  • Simpan telur dalam ember atau wadah penyimpanan, kurang lebih 15 – 20 hari.
  • Setelah selesai, bersihkan kulit telur, dan telur asin siap untuk dihidangkan
Beberapa Manfaat Telur Asin:
Sumber Nutrisi Bagi Tubuh. Kandungan kalori telur bebek berasal dari protein, lemak dan karbohidrat. Protein dari telur adalah jenis protein yang berkualitas tinggi, dan setiap butir telur bebek mengandung 9 gram protein. Sementara itu ia juga mengandung 9,6 gram lemak serta 1 gram karbohidrat . Semua nutrisi ini baik untuk menghasilkan energi bagi tubuh, lebih mengenyangkan, dan mendukung seluruh kesehatan tubuh seperti otot, kulit, rambu.

Telur Asin Sumber Vitamin. Telur itik lebih meningkatkan asupan vitamin, seperti vitamin A dan vitamin B 12. Vitamin A bermanfaat untuk mempromosikan pengembangan sel baru demi menjaga jaringan tubuh yang sehat dan juga menjaga kesehatan penglihatan yang baik. Sebutir telur bebek mengandung sekitar 472 IU vitamin A, atau sudah memenuhi seperlima dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita, dan 16% untuk pria. Vitamin B12 berguna untuk kesehatan saraf dan meningkatkan fungsi sel darah merah. Setiap butir telur bebek menawarkan sekitar 3,8 mikrogram vitamin B12, dan jumlah ini melebihi asupan yang direkomendasikan. Didukung pula oleh sejumlah kecil beberapa dari vitamin B kompleks, vitamin D dan vitamin E.

Telur Asin Sumber Mineral Penting
Telur itik juga menawarkan gizi dari unsur mineral, yaitu selenium dan zat besi. Selenium berguna untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat, serta membantu tubuh untuk membuat hormon di kelenjar tiroid. Zat besi bermanfaat untuk membantu sel darah merah mengangkut oksigen dan membantu tubuh untuk memproduksi energi. Setiap butir telur bebek mengandung 2,7 miligram zat besi, yang memenuhi 34 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk laki-laki dan 15 persen untuk wanita. Sementara itu telur itik menawarkan 25,5 mikrogram selenium, atau memenuhi 46 persen dari kebutuhan harian. Mineral lain yang juga ditemukan, namun dalam jumlah kecil adalah seng, fosfor dan kalsium.

Manfaat Lain Telur Asin
  • Bagus Untuk Mempercepat pertumbuhan sel baru
  • Meningkatkan fungsi dari sel darah merah
  • Bermanfaat untuk kesehatan kulit karena telur asin memilki kandungan vitamin E 
  • Menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya gangguan pada tulang
  • Selenium membantu tubuh dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan
  • Mencegah gejala anemia karena telur asin memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:23

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.