loading...

Manfaat Bunga Eidelweis Bagi Kesehatan dan Cara Pemakaiannya

Posted by

Edelweis (kadang ditulis eidelweis) atau Edelweis Jawa (Javanese edelweis) juga dikenal sebagai 'Bunga Keabadian' yang mempunyai nama latinAnaphalis javanica,adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Indonesia. Tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian 8 meter dengan batang mencapai sebesar kaki manusia walaupun umumnya tidak melebihi 1 meter. Tumbuhan yang bunganya sering dianggap sebagai perlambang cinta, ketulusan, pengorbanan, dan keabadian ini sekarang dikategorikan sebagai tanaman langka.

           Edelweis juga melambangkan pengorbanan. Karena bunga ini hanya tumbuh di puncak-puncak atau lereng-lereng gunung yang tinggi sehingga untuk mendapatkannya membutuhkan perjuangan yang amat berat. Ditambah lagi dengan adanya larangan membawa pulang bunga ini, pemetik harus main petak umpet dengan petugas Jagawana.

          Yang paling menarik, meskipun dipetik bunga ini tidak akan berubah bentuk dan  warnanya, selama disimpan di tempat yang kering dengan suhu ruangan. Karenanya,  menurut orang-orang edelweis adalah bunga keabadian. Bunga yang membuat cinta agar kepada siapa akan tetap abadi.

Padahal Edelweis merupakan tumbuhan pelopor bagi tanah vulkanik muda di hutan pegunungan dan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya di atas tanah yang tandus, karena mampu membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu yang secara efektif memperluas kawasan yang dijangkau oleh akar-akar dan meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara. Bunga-bunganya, yang biasanya muncul di antara Bulan April dan Agustus, sangat disukai oleh serangga, lebih dari 300 jenis serangga seperti kutu, tirip, kupu-kupu, lalat, tabuhan, dan lebah terlihat mengunjunginya. 

Kini Taman Nasional Gunung Gede Pangrango diklaim sebagai tempat perlindungan terakhir bunga abadi ini. Di sini terdapat hamparan bunga edelweis yang tumbuh subur di alun-alun Suryakencana sebuah lapangan seluas 50 hektar di ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut.

Manfaat Edelweis Bagi Kesehatan

           Manfaat Edelweis Bagi Kesehatan memang jarang diketahui oleh para pengagumnya. Selama ini Edelweis kita ketahui hanya sebagai bunga langka yang hidup di ketinggian di atas 2000 meter di atas permukaan laut, biasanta tumbuh di wilayah puncak-puncak gunung di Indonesia dan gunung-gunung bersuhu relatif tropis. Dan biasanya oleh para pendaki kelas teri, di ambil dan dijadikan semacam kenangan penghias vas bunga di sudut kamar tidur.           Tetapi tahukah anda, bunga Edelweis memiliki manfaat bagi kesehatan? Jenis bunga ini memang terlihat rapuh, namun manfaatnya dapat mengencangkan kulit berkeriput, meningkatkan sirkulasi, mengobati iritasi, melindungi kolagen, dan mencerahkan kulit. Bunganya telah terbukti mengandung fitokimia yang mampu menghambat perkembangan radikal bebas.
          Edelweis disajikan menjadi teh untuk mengobati sirkulasi yang buruk, kanker payudara, batuk, dan difteri. Bahkan dibuat salep untuk melindungi kulit dari sengatan matahari, meringankan rasa sakit rematik dan membantu menyembuhkan luka.
             Apapun juga, Edelweis adalah bunga abadi yang hanya bisa tumbuh di ketinggian. Tidak selayaknya apabila kita merusaknya, apalagi bila anda adalah manusia yang mengaku pencinta alam dan suka meneriakkan sapaan: Salam Lestari. Biarkan dia hidup di rumahnya. Ambil dia apabila anda menggunakan manfaatnya bagi kesehatan, bukan sebagai bunga pajangan sampai mati. "Salam Rimba Indonesia !"
           Ekstrak edelweis ampuh mempercatik kulit.Bunga edelweis tidak hanya cantik di luarnya saja, tetapi juga memiliki banyak manfaat yang tersembunyi di dalamnya. Salah satunyauntuk dunia kecantikan.

           Saat kulit mulai kehilangan pesonanya, atau biasa disebut dengan wajah kusam. itu disebabkan oleh sel kulit mati yang menumpuk. Nah, salah satu jalan keluarnya adalah degan memanfaatkan ekstrak bunga edelweis.           Ekstrak edelweis menjadi bahan favorit perawatan kulit secara alami. Dalam bahasa Jerman edelweis berarti "mulia dan putih" dari kata edel und weiss. Dan benar, nama itu bukan hanya isapan jempol belaka, tetapi dapat juga menjadi pilihan untuk mempercantik wajah kita, dengan menggunakan sari pati atau ekstraknya.             Bunga yang sangat populer di kalangan pendaki di kawasan pegunungan Alpen ini nyaris punah. untung saja beberapa negara seperti Jerman, Austria, Italia, dan Swiss membuat suatu kesepakatan dalam upaya melindungi keberadaan bunga edelweis. Bahkan, lantaran dianggap begitu bermakna, edelweis juga diabadikan dalam sebuah lagu. Berikut berbagai manfaat edelweiss bagi kesehatan dan kecantikan. Ekstrak edelweiss telah digunakan sejak zaman dahulu, untuk menyembuhkan penyakit umum seperti disentri dan diare, serta TBC. Ekstrak edelweiss juga sering di tambahkan beberapa tetes dalam secangkir susu panas, yang di campur dengan madu.            Ekstrak edelweiss juga bermanfaat sebagai anti penuaan, banyak peusahaan kecantikan menggunakan ekstrak bunga untuk menghilangkan tanda-tanda penuan. Para peneliti telah menemukan kandungan ekstrak edelweiss, ekstrak edelweiss mengandung antioksidan dan anti-mikroba (yang berfungsi membunuh bakteri dan jamur). ekstrak edelweiss juga memiliki sifat pelindung yang sangat baik, dan berfungsi untuk membantu anda yang memiliki kulit yang sehat, bercahaya, serta membuat kulit terlihat segar. Secara efektif juga berperan menghancurkan radikal bebas.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:25

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.