loading...

Macam-Macam Sakit Kepala dan Penyebabnya

Posted by

Macam – Macam Jenis Nyeri Kepala

Mengetahui Nyeri Kepala dan Macam – Macam Nyeri Kepala- Tahukan anda apakah nyeri kepala itu? Nyeri kepala/ sakit kepala adalah rasa nyeri atau tidak nyaman di bagian atas ( superior ) kepala yang kadang dapat menyebar ke bagian wajah, gigi rahang, kuduk dan leher (prof.lumbang tobing.25).
Nyeri kepala merupakan penyakit yang pasti akan dirasakan semua orang, tidak memandang umur baik anak – anak, remaja, dewasa ataupun orang tua akan merasakan sakit kepala. Sakit kepala bermacam – macam gejalanya, bisa berupa sakit kepala sebelah, sakit kepala kedua bagian, sakit kepala belakang leher, dll yang akan kita bahas nanti.


Dilihat dari penyebabnya, sakit kepala dibagi menjadi dua bagian :

  1. Sakit kepala dengan dasar mekanisme (patofisiologi) yang jelas atau bisa disebut dengan sakit kepala " skunder "
  2. Sakit kepala dengan dasar penyebabnya (patogenesis) yang belum jelas atau disebut dengan sindrom nyeri kepala " primer "

Nyeri Kepala Dengan Dasar – Dasar Patofisiologis

Batok kepala ( cranium ) pada manusia itu bersifat keras, tidak lentur, dan tidak bisa merenggang,  di dalamnya mempunyai 3 komponen utama  yaitu :
1. Otak ,sebanyak ( 1400 ml / 2,5 % dari berat tubuh)
2. Cairan otak ( LCS : luquor cerebro spinal ), sebanyak ( 150 ml )
3. Darah otak sebanyak ( 150 ml / 1/6 dari seluruh perdarahan tubuh)
Perlu di ketahui ketiga komponen isi cranium tersebut akan selalu konstan dalam jumlahnya, karena untuk menjaga kestabilan tekanan yang ada di dalam cranium tersebut. Teori hipotesis Monro-Kellie memberikan contoh untuk memahami peningkatan intracranial, teori ini menerangkan bahwa tulang tengkorak tidak dapat meluas Sehingga ketika salah satu dari ketiga komponen tersebut meningkat maka akan terjadi kompensasi dengan cara mendesak komponen lain hingga volumenya akan berkurang dan terjadilah kenaiklan tekanan intra cranial yang menyebabkan nyeri kepala.
Peningkatan intra cranial di sebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah tumor, cedera kepala yang dapat menimbulkan pendarahan intracranial, edema ( pembengkakan ) otak, obstruksi LCS, dll. Pasien dengan gejala penyakit seperti ini umumnya akan terjadi :
1. nyeri kepala setelah bangun tidur dan akan membaik pada siang hari.
2. nyeri kepala akan diperberat oleh bersin, mengejan, membungkuk, mengangkat beban, dll, yang semuanya akan meningkatkan tekanan intracranial.
3. Terkadang terdapat pula mual muntah.
Nyeri kepala tipe ini bisa juga di derita dengan tekanan intracranial rendah yang berhubungan dengan berat badan yang besar.

Nyeri Kepala Tanpa Patogenesis ( Penyebab )

Nyeri kepala jenis kedua lebih sering terjadi dari pada yang pertama, penyebab dari nyeri kepala tipe ini belum dapat dipastikan, namun kemungkinan besar terjadi karena ganguan psikogenik yaitu ansietas atau depresi yang akan merangsang terjadinya gejala nyeri kepala, psikogenik dapat terjadi karena banyak hal, diantaranya adalah :
1. Pekerjaan yang terlalu berat
2. Lingkungan yang tidak nyaman
3. Obat – obatan seperti OAINS.
4. Pikiran yang terlalu terforsir
Macam – macam dari nyeri kepala tipe ini banyak sekali, diantaranya adalah migren dengan aura atau tanpa aura, nyeri kepala sebelah,  nyeri kepala sampai ke mata, nyeri kepala tipe tegang, dll.

Sumber :
1. Ginsberg Lionel,2007,lecture notes neurologi, jakarta, Erlangga
2. Sylvia, 2005, patofisiologi, jakarta, buku kedokteran EGC



Sakit kepala bisa dialami oleh siapa saja. Penyebabnya sangat amat banyak dan bervariasi. Mulai dari makanan yang salah hingga kondisi tubuh yang memang tidak memungkinkan untuk bugar. Yang ironis, sakit kepala yang terlalu sering dan berulang juga bisa menjadi penanda dari beberapa jenis penyakit berbahaya. Maka dari itu, kali ini kami akan memaparkan beberapa cara alami untuk mengatasi sakit kepala. Khususnya jika sakit kepala tersebut dibarengi dengan demam atau naiknya suhu badan (panas). Silakan simak cara sederhana mengatasi sakit kepala karena demam berikut ini.

Cara mengatasi sakit kepala karena demam alami

Pertama, minumlah banyak air putih

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminum banyak air putih. Sebab biasanya saat Anda pusing, pikiran dan suhu tubuh rasanya meningkat. Tak jarang orang yang justru mudah emosi saat didera rasa sakit seperti ini. Air akan menambah cairan dalam tubuh Anda sehingga Anda tidak dehidrasi sekaligus bisa mengurangi rasa sakit kepala. Di samping air, Anda juga bisa mencoba teh hijau. Hal ini karena teh hijau memiliki kandungan sebagai anti inflamasi dan anti virus untuk menangkal masalah infeksi yang bisa menyebabkan sakit dan demam.

Kedua, hindari minum kopi

Air putih memang disarankan untuk diminum dalam jumlah banyak dan cukup saat Anda sedang mengalami pusing, sakit kepala, atau pun demam. Namun, bukan air putih yang telah bercampur dengan kopi. Pasalnya, kandungan kafein dalam kopi tidak baik untuk rasa sakit yang tengah Anda rasakan. Kafein tersebut justru bisa membuat penyakit atau rasa sakit yang Anda rasakan semakin parah.

Ketiga, kumur dengan air garam

Cara mengatasi sakit kepala karena demam alami ketiga adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Cara ketiga ini terbilang sangat sederhana namun cukup efektif untuk meringankan masalah sakit kepala. Campuran air dan garam bisa melawan virus yang sebenarnya menyebabkan demam dan sakit kepala.

Keempat, makan sup

Sup hangat juga menjadi salah satu cara sederhana meredakan sakit kepala karena demam. Sup hangat dengan sayuran lengkap di dalamnya sangat baik untuk kecukupan nutrisi tubuh serta efektif dalam mengatasi masalah sakit kepala.

Kelima, obat sakit kepala

Anda juga bisa mencari obat sakit kepala yang sudah termasuk obat penurun panas. Obat sakit kepala dari ida misalnya, bisa memberikan efek baik bagi Anda asal digunakan sesuai dengan dosis yang disarankan atau berlaku.

Keenam, istirahat

Agar apa yang Anda konsumsi bisa berdampak baik bagi tubuh Anda, sebaiknya ambil waktu untuk beristirahat secara cukup. Istirahat akan memberikan ruang kepada tubuh untuk memperbaiki diri dan bisa menjadi ajang recovery yang baik.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:16

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.