loading...

Gagal Ginjal, Penyebab dan Bahayanya Bagi Tubuh

Posted by

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Organ ginjal adalah organ tubuh yang memiliki bentuk lonjong. Kita masing-masing memiliki 2 buah ginjal yang sebesar kepalan tangan. Ginjal terletak dekat pertengahan punggung dan di bawah kerangka tulang rusuk. Setiap hari, ginjal menguraikan kurang lebih 200 liter darah untuk menyaring bahan limbah dan air. Bahan limbah dan air yang disaring akan menjadi urin, yang mengalir ke kandung kemih melalui pembuluh yang disebut ureter. Kandung kemih mampu menyimpan urin hingga waktunya kita buang air kecil.

Fungsi Ginjal sangat berperan dalam hal menjaga keseimbangan dalam tubuh. Jika tidak ada ginjal, bisa dipastikan tubuh kita akan penuh dengan racun dan kita akan mati. Secara tidak sadar, kita secara terus menerus memasukkan makanan dengan berbagai macam zat racun ke dalam tubuh. Bayangkan, berapa makanan berpengawet dan mengandung bahan-bahan yang tidak sehat setiap harinya. Apa saja yang Anda minum? Semuanya berpotensi merusak ginjal secara perlahan.

Selain menjaga keseimbangan dan membersihkan cairan dalam tubuh, termasuk darah, ginjal juga sangat berperan mempertahankan kesehatan tulang dan mengontrol produksi hemoglobin dan sel darah putih dalam tubuh. Proses penyaringan berbagai zat yang masuk dalam tubuh berlangsung di salah satu bagian ginjal yang disebut nefron. Setiap ginjal mengandung kurang lebih sejuta nefron.

Selain fungsi inti di atas, ginjal juga mengeluarkan tiga hormon yang sangat penting bagi kehidupan yaitu eritropoietin  atau EPO, yang berfungsi merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah. renin, yang mengatur tekanan darah. Kalsitriol, bentuk aktif vitamin D, yang membantu menahan zat kalsium untuk tulang.

Ginjal memegang peranan yang sangat vital dalam sistem hidup bagi tubuh kita. Anda bisa bayangkan sendiri bagaimana dan apa yang terjadi ketika fungsi ginjal mengalami gangguan atau yang biasa disebut dengan gagal ginjal. Akan ada banyak organ dalam tubuh yang ikut mengalami gangguan pastinya. Racun akan ikut mengalir dalam tubuh dan secara perlahan akan meracuni tubuh Anda. Untuk menjaga kesehatan ginjal, Anda bisa melakukannya dengan terapi gagal ginjal yang telah kami sediakan dalam website ini.

Penyebab Terjadinya Gagal Ginjal

Jika ginjal Anda mengalami kerusakan, secara otomatis semua organ tubuh akan mengalami gangguan dengan karakter yang ringan sampai yang berat. Anda perlu ketahui bahwa ginjal merupakan alat ekskresi tubuh yang paling vital. Ginjal berperan penting dalam rangka mengatur keseimbangan dan kebersihan cairan yang ada dalam tubuh, termasuk darah.

Gagal ginjal adalah penyakit yang sangat berbahaya dan memerlukan tindakan penyembuhan yang cepat dan tepat. Anda bisa gunakan herbal alami untuk mengembalikan kesehatan ginjal Anda secara alami. Anda perlu berhati-hati dengan jenis obat kimia, karena obat kimia dikenal berpotensi besar merusak ginjal. Saat menggunakan herbal alami, Anda juga harus bisa pastikan memperolehnya dari Herbalis. Berikut ini kami tuliskan beberapa penyebab gagal ginjal.

Penyebab gagal ginjal sangat bermacam-macam. Namun untuk mempermudah penjelasan, kali ini kami akan menjelaskan penyebab gagal ginjal berdasarkan letak gangguan atau luka penyebab kerusakan ginjal. Berikut adalah penyebab gagal ginjal:

Penyebab gagal ginjal prerenal

Penyebab gagal ginjal prerenal adalah penurunan suplai darah menuju ginjal, yang di akibatkan masalah kesehatan lain di luar organ ginjal. Sehingga ketika asupan darah dan nutrisi lainnya ke ginjal sangat berkurang, membuat ginjal tidak dapat berfungsi dengan maksimal.

Penyebab gagal ginjal renal

Gagal ginjal renal adalah keadaan dimana terjadi kerusakan pada organ ginjal itu sendiri, sehingga tidak bisa berfungsi seperti seharusnya. Kerusakan pada organ ginjal bisa diakibatkan oleh beberapa sebab, yaitu:

Kekurangan sistem imun tubuh.Obat-obatan kimia. Obat kimia memang sangat penting untuk menyembuhkan penyakit lain, namun pada sisi lain dapat mengganggu kesehatan ginjal. Berikut ini adalah contoh obat kimia yang biasa dipakai oleh masyarakat : antibiotika aminoglikosid merupakan jenis obat untuk melawan bakteri tubuh seperti diare, tipus, jamur dll. Anti Inflamasi Non Steroid merupakan jenis obat untuk mengobati peradangan tubuh. Analgetik merupakan jenis obat untuk meredakan sakit sementara.

Jenis gagal ginjal ini biasanya tidak diikuti dengan infeksi-infeksi saluran kencing, namun langsung merusak sel-sel pada ginjal yang akhirnya menyebabkan kanker, peradangan dan infeksi internal ginjal.

Penyebab gagal ginjal posternal

Penyebab gagal ginjal posternal adalah keadaan dimana terjadi keluhan atau penyumbatan jalan aliran hasil ekskresi ginjal semisal ureter (saluran kencing) dll. Kerusakan ginjal ini bisa disebabkan oleh adanyapenyakit batu ginjal. Adanya cairan dan zat racun yang tidak bisa dikeluarkan menyebabkan adanya tekanan yang berlebih pada organ ginjal. Kejadian ini bisa menjadi penyebab gagal ginjal yang sangat nyata.

Penyebab gagal ginjal Kronis

Penyakit gagal ginjal kronis berkembang dalam hitungan bulan sampai tahunan. Penyebab penyakit gagal ginjal kronis yang paling umum adalah:

Diabetes
Hipertensi
Batu ginjal
Penyakit
Prostat

Waspada Penyebab Gagal Ginjal

Pada intinya, penyakit gagal ginjal disebabkan oleh beberapa hal utama berikut ini :

Gaya hidup dan pola makan Anda yang tidak seimbang.Serangan bakteri dan virus atau kelainan genetika.Penyebab gagal ginjal yang terakhir adalah karena banyaknya bahan-bahan kimia atau sampah yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan agar tidak terjadi gagal ginjal? hal yang paling mungkin Anda lakukan adalah memperbaiki pola makan dan gaya hidup serta melakukan terapi gagal ginjal sesegera mungkin. Mengapa harus secepat mungkin? Kerusakan pada ginjal yang dibiarkan berlama-lama bisa mengakibatkan gagal ginjal yang parah yang harus ditangani dengan cara transplantasi ginjal atauhemodialisis (cuci darah).

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:57

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.