loading...

Ciri Khas Semut Rangrang Jantan, Berumur Pendek

Posted by

Mengenal Ciri Khas Semut Rangrang Jantan

Semut Rangrang Jantan. Dalam dunia semut, dikenal sistem kerjasama kelompok yang sangat solid dan kompak. Pembagian tugas antara semut-semut demikian rapi dan masing-masing melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggungjawab. Berbagai jenis semuat dalam satu koloni antara lain semut pekerja, semut prajurit dan tentunya ratu semut. Salah satu tugas yang dilaksanakan dengan penuh semangat dan tanggung jawab meskipun resikonya sangat tinggi yaitu MATI, dilaksanakan oleh semut jantan pada koloni semut rangrang. Tugas yang dimaksud dan akhirnya membawanya kepada kematian adalah tugas mengawini RATU Semut. Bisa dikatakan semut jantan ini adalah semut yang sangat berjasa untuk menjaga perkembangan populasi dalam koloni semut rangrang selain jasa dari ratu semut tentunya. Semut jantan memiliki ukuran sekitar 8 mm hingga 10 mm dengan tubuh berwarna coklat tua dan memiliki sepasang sayap untuk terbang. Ukuran tubuh semut jantan biasanya lebih kecil bila dibandingkan dengan ukuran tubuh ratu semut rangrang.


Semut rangrang jantan yang telah siap kawin biasanya berumur antara 64 sampai 71 hari sejak menetas. Tugas semut jantan hanya satu, yaitu mengawini sang ratu. Proses perkawinan antara semut jantan dan ratu biasanya dilakukan selama 1 hingga 7 hari.

Perkawinan semut rangrang adalah proses penempatan sel telur ke dalam kantong-kantong penyimpanan telur pada tubuh sang ratu dan calon ratu dewasa. Setelah selesai melakukan perkawinan, semut jantan akan mati.

Semut jantan tergolong pada semut produktif karena memiliki tugas yang sangat penting dalam kelangsungan koloni sebuah sarang semut rangrang. Selain semut jantan, yang termasuk semut produktif adalah ratu semut.

Meskipun memegang peranan yang sangat penting, anehnya semut jantan tidak bisa hidup lama, setelah melakukan tugasnya, yaitu mengawini ratu semut, semut jantan akan mati, namun dari hasil perkawinannya itu akan menghasilkan ribuan bahkan puluhan ribu telur yang kemudian akan berkembang menjadi larva dan pupa dan akhirnya menetas menjadi semut rangrang.

Pentingnya tugas semut jantan ini juga karena, dari telur hasil perkawinannya, tidak hanya menghasilkan semut rangrang biasa, melainkan ada beberapa jenis, seperti ratu semut, semut jantan, semut pekerja, dan semut prajurit yang nantinya akan memiliki tugas penting sendiri-sendiri dalam mempertahankan koloninya.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:37

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.