loading...

Cara Mendaur Ulang Kertas Bekas Koran dan Buku Secara Sederhana

Posted by

Kertas Koran dan Buku Bekas? Ini Cara Sederhana Jika Ingin Mendaur Ulang Menjadi Kertas Baru

Menurut penelitian, ternyata kertas daur ulang menghemat sumber daya alam, menghemat energi, mengurangi emisi gas rumah kaca , dan membuat ruang TPA gratis untuk jenis lain dari sampah yang tidak dapat didaur ulang.

Daur ulang satu ton kertas dapat menghemat 17 pohon, 7.000 galon air, 380 galon minyak, 3,3 meter kubik ruang TPA dan 4.000 kilowatt energi yang cukup untuk kekuatan rumah rata-rata US selama enam bulan-dan mengurangi emisi gas rumah kaca oleh satu metrik ton ekuivalen karbon (MTCE).

Berapa kali kertas yang sama didaur ulang? Daur ulang Kertas tidak memiliki batas. Setiap kali kertas daur ulang, serat menjadi lebih pendek, lebih lemah dan lebih rapuh. Secara umum, kertas dapat didaur ulang sampai tujuh kali sebelum harus dibuang.

Kertas daur ulang
Dilain pihak, dengan sedikit sentuhan kreativitas anda dapat mengubah tumpukan kertas bekas tersebut menjadi sesuatu yang mempunyai nilai ekonomi. Anda dapat mencobanya sekaligus melakukan banyak penghematan untuk lingkungan.

Cara Mudah Membuat Kertas Daur Ulang

Menurut penelitian, ternyata kertas daur ulang menghemat sumber daya alam, menghemat energi, mengurangi emisi gas rumah kaca, dan membuat ruang TPA gratis untuk jenis lain dari sampah yang tidak dapat didaur ulang.

Tahukah Anda : "Daur ulang satu ton kertas dapat menghemat 17 pohon, 7.000 galon air, 380 galon minyak, 3,3 meter kubik ruang TPA dan 4.000 kilowatt energi yang cukup untuk kekuatan rumah rata-rata US selama enam bulan-dan mengurangi emisi gas rumah kaca oleh satu metrik ton ekuivalen karbon (MTCE)."

Ternyata membuat kertas daur ulang ini tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Alat dan bahannya bisa diperoleh dengan mudah dari lingkungan di sekitar kita. Mari kita praktekkan!

Alat yang dibutuhkan :

Screen dengan bingkainya
Kertas
Bata/Batu
Ember + Baskom
Setrika
Air
Kain Katun
Blender
Papan Kayu + Meja
Spons

Cara Membuat :
Ikuti langkah pembuatan kertas daur ulang pada info grafis di bawah ini :


Berikut penjelasan dari gambar di atas:
  • Robek kertas kecil-kecil lalu rendam dengan air di ember selama satu hari,
  • Blender kertas sampai seperti bubur,
  • Tuangkan bubur kertas ke dalam baskom yang berisi air, lalu aduk lagi,
  • Letakkan Spons di atas meja, taruh kain yang sudah dibasahi di atasnya,
  • Saring bubur kertas dengan screen sablon (jangan terlalu tebal),
  • Letakkan di atas kain dengan posisi screen sablon menghadap kebawah, Gosok sedikit-sedikit. lalu angkat dengan hati-hati,
  • Tutup dengan kain yang sudah dibasahi, ulangi langkah 5 dan 6,
  • Apabila sudah berlapis, kira-kira 3 lapis/2 lapis, tutup dengan menggunakan papan kayu yang ukurannya lebih besar dari bahan spon/kain. beri pemberat batu / bata,
  • Biarkan 1 jam atau lebih tergantung cuaca, sampai terlihat cukup kering,
  • Angkat perpasang lalu jemur di bawah terik matahari,
  • Setrika sepasang demi sepasang kemudian buka kainnya dengan pelan-pelan.
  • Nah! Kertas daur ulang sudah siap digunakan. Ulangi langkah-langkah beberapa kali sampai anda merasa puas dengan hasil yang di kerjakan.

Bila anda ingin memperindah kertas daur ulang anda, berikut beberapa tips untuk kreasi lanjutan.

1. Kreasi Kertas dengan Corak Nature : Untuk membuat corak Nature ini, anda bisa mengumpulkan bahan-bahan dari alam, contohnya seperti: bunga-bungaan, daun-daun, rumput-rumput, dan bahan lain. (untuk memudahkan proses pilih bahan yang mudah kering)

2. Kreasi Kertas dengan Corak Kertas Warna : Untuk membuat corak unik ini, anda bisa membuatnya dari bahan-bahan kertas bekas. misal ; kertas koran, tabloid, atau kertas lipat warna.Beberapa teknik-teknik
a. Proses Penempelan : Setelah langkah 6 diatas, bubur kertas yang sudah menempel pada kain jangan ditutup terlebih dahulu. tempelkan bahan-bahan yang beragam, akan lebih bagus lagi warnanya juga beragam.

b. Proses Pencampuran : Proses pencampuran ini dimula pada langkah 2. diatas, pada saat pembuatan bubur kertas (di blender) masukkan bahan-bahan, lalu lanjutkan langkah-langkah selanjutnya dengan biasanya.

c. Proses Pressing : Proses pressing ini sama seperti proses penempelan, bahan yang ada di tempel pada bubur kertas sebelum di press mengunakan papan kayu.

Ada beberapa yang menggunakan lem kayu untuk memudahkan proses pembuatan kertas, caranya lem kayu di campur dengan adonan kertas saat di blender.PEWARNAAN

Bahan-bahan alami yang dapat digunakan :
1. Kunyit : menghasilkan warna kuning alami
2. Daun Jati : menghasilkan warna merah alami
3. Daun Pandan : menghasilkan warna hijau alami
4. Gambir : menghasilkan warna hitam alami
5. Pacar Cina : menghasilan warna merah muda
6. Nila : menghasilkan warna Biru
Kreatifitas dapat digunakan untuk kreasi lain seperti kotak dus, kerajinan, dll.

Sumber : Kaskus.us

Manfaat Lain Dari Kertas Bekas
Kertas Bekas bisa dibikin beberapa kerajinan seperti:

Kap Lampu

Beri tampilan vintage pada rumah Anda dengan menggunakan koran bekas sebagai kap lampu. Caranya sangat mudah Ladies. Ambil kap lampu lama Anda, tempelkan koran menggunakan lem lalu oleskan vernis diatasnya. Biarkan kering dan oleskan satu lapis vernis untuk membuatnya lebih tahan lama.

Figura

Pastikan Anda memilih koran hanya dengan tulisan saja. Ambil pigura foto polos Anda dan tempelkan koran untuk menghiasnya agar lebih menarik.

Tas Koran

Jika Anda mengadakan pesta dan Anda ingin memberikan souvenir, Anda bisa menghemat biaya untuk membeli tas dengan membuat sendiri tas dari koran bekas. Anda juga dapat membuatnya dari majalah untuk tas yang berwarna.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:10

2 komentar:

  1. Wahh keren dan sangat kreatif sekali
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya... keren sekali...

    ReplyDelete

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.