loading...

Buah Kueni, Tidak Sepopuler Mangga Tapi Manfaatnya Luar Biasa

Posted by

Manfaat Buah Kueni Bagi Kesehatan
Buah Kueni/Kuini. Jika anda penggemar buah mangga tentu anda juga mengenal buah kuini. Buah kuini memiliki aroma yang sangat harus bahkan mampu mengalahkan harumnya buah mangga. Buah kuini ini umumnya lebih banyak dimakan sebagai rujak dicampur dengan buah-buahan lainnya karena rasa buah kuini cenderung masam sehingga nikmat jika dimakan dengan sambal pedas sebagai rujak. Dan perlu hati-hati jika mengonsumsi kueni yang masih muda karena banyak sekali kandungan getahnya yang bisa bikin gatal-gatal disekitar mulut.



Sebagaimana sejawatnya buah mangga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, buah kueni juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisinya. Sebagaimana buah-buahan lainnya, buah kueni adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Dan yang paling penting, manfaat buah kueni adalah sebagai sumber serat yang sangat baik bagi pencernaan.

Beberapa manfaat buah kueni antara lain adalah untuk memperlancar proses pencernaan, sumber antioksidan penangkal radikal bebas, pencegah terjadinya kanker seperti kanker usus, dalam jumlah terbatas buah kueni aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan lain-lain.

Berikut ini manfaat yang terkandung pada buah Kueni:

Buah yang memiliki sifat antikanker. Sama seperti buah mangga, buah kueni memiliki kandungan manfaat antioksidan yang cukup tinggi. Hal ini akan membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Dan juga yang paling penting adalah sanggup untuk mencegah terjadinya penyakit kanker.


Buah kueni memiliki Indeks glikemik yang rendah sehingga aman bagi penderita diabetes dalam jumlah terbatas. Buah kueni memiliki indeks kandungan gula darah atau glikemik yang rendah. Itu artinya, buah kueni apabila dikonsumsi secara wajar, tidak akan menaikkan kadar gula darah secara signifikan, dan aman dikonsumsi bagi yang menderita penyakit diabetes.

Bisa untuk cegah Jerawat. Beberapa ahli mengatakan bahwa buah kueni dapat membersihkan pori-pori kulit yang mengalami penyumbatan. Hal ini karena manfaat buah kuini berpotensi untuk membersihkan kulit, agar menjadi lebih cerah dan dapat menghilangkan jerawat yang mengganggu. Hal ini tentu saja akan menambah rasa percaya diri.

Kandungan Nutrisi Kueni dan Manfaatnya



Buah Kueni Sumber Vitamin C. Ini dia salah satu kandungan tertinggi dari buah kueni yaitu Vitamin C. Kandungannya bisa mencapai separuh atau kurang lebih 40-50 % kandungan vitamin C per 100 gr buah kueni. Hal ini merupakan kandungan nutrisi tertinggi yang dimiliki oleh buah kueni, mangga dan bacang. Berikut ini merupakan manfaat vitamin C :
  • Meningkatkan dan menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuh
  • Sebagai zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas
  • Mencegah dan mengobati terjadinya sariawan
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Dapat membunuh kuman-kuman serta bakteri
Buah Kueni mengandung Kalsium yang bagus bagi tulang dan gigi. Walaupun hanya sedikit, buah kueni ternyata memiliki kandungan kalsium yang juga baik untuk tubuh kita. Paling tidak, kalsium yang terkandung di dalam manfaat buah kuini dapat membantu pemenuhan kebutuhan akan kalsium setiap harinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat kalsium :
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Mencegah terjadinya gangguan pada tulang, seperti osteoporosis dan keretakan tulang
  • Memperkuat struktur tulang dan gigi
  • Menambah tinggi badan
Mempunyai kandungan Zat besi yang bagus bagi penderita Anemia. Buah kueni juga memiliki kandungan zat besi yang untuk memnuhi kebutuhan zat besi dalam satu hari. Manfaat zat besi sendiri memiliki banyak kegunaan, antara lain :
Mempercepat penyembuhan luka
Menambah kandungan darah di dalam tubuh.

Buah Kuini mengandung Fosfor. Dalam 100 gr buah kuini, kira – kira terdapat 11 mg fosfor atau sekitar 2 %. Fosfor memiliki manfaat yang berdampingan dengan kalsium yang diserap oleh tubuh, yaitu dalam hal menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi manusia.


Vitamin A. Buah kueni juga mengandung banyak vitamin A. Janganlah hanya berpikir bahwa vitamin A hanya ada pada manfaat wortel saja. Buah-buahan lain seperti kuini juga memiliki kandungan vitamijn A yang tinggi dan baik untuk tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari vitamin A dalam kuini :
Menjaga kesehatan mata
Meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh
Mencegah terjadinya gangguan pada mata, seperti rabun jauh, mata minus, mata plus, dan silindris

Vitamin B6. Sama seperti saudaranyayaitu mangga, buah kueni juga mengandung vitamin B6 yang tinggi. Vitamin B6 yang ada di dalam buah kueni jumlahnya kira-kira sekitar 10%. Cukup besar bukan? Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin B kompleks yaitu vitamin B16 :
Meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh
Membantu proses pencernaan dari kandungan protein yang masuk ke dalam tubuh
Membantu proses pertumbuhan dan perkembangan dari sel-sel

Buah Kuini mempunyai kandungan Serat yang tinggi. Buah kueni mengandung serat yang cukup tinggi. Sama seperti manfaat buah-buahan lain, serat ini sangat penting bagi tubuh kita sehari-hari. Serat dapat bermanfaat dan berguna untuk :
  • Melancarkan pencernaan
  • Mencegah terjadinya sembelit
  • Mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti gagal ginjal dan batu ginjal
  • Mengikat lemak yang masuk di dalam tubuh
Demikian beberapa manfaat buah kueni bagi kesehatan serta kandungan nutrisinya. Silakan sebarkan dan bagikan artikel buah kueni ini jika bermanfaat. Terima kasih.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 17:51

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.