loading...

Bawang Merah Untuk Merangsang Tumbuhnya Akar Tanaman

Posted by

Cara Memanfaatkan Bawang Merah untuk Merangsang Pertumbuhan Akar pada Tanaman Stek dan Cangkok

Dengan perlakuan khusus misalnya stek, cangkok, kultur jaringan atau dengan biji, tanaman akan lebih baik perkembangannya. Dalam perlakuan khusus biasanya kita perlukan hormon perangsang tumbuh untuk menjamin keberhasilanpertumbuhan tanaman yang kita maksud.

Pada umumnya hormon yang digunakan untuk merangsang pertumbuhan akar adalah menggunakan hormon sintetik yang memang praktis dan instan digunakan karena biasanya sudah tersedia di toko pertanian, tapi mungkin jika kita dalam penggunaanya tidak banyak, apabila menggunakan hormon sintetik pasti banyak yang tersisa, maka bisa kita coba hormon yang alami yang bisa kita buat sendiri dirumah tanpa mengeluarkan banyak biaya, dan hormon alami yang bisa kita buat bisa menggunakan umbi bawang merah. 

Pada intinya bawang merah mengandung hormon Auxin yang dapat merangsang pertumbuhan akar, seperti untuk merangsang pemercepatan tumbuhnya akar pada bahan stek, dan cangkok. 

Cara pembuatan ekstraknya adalah demikian :

Ambil beberapa umbi bawang merah yang sudah tua.

Cuci sampai bersih menggunakan air yang mengalir.

Kering anginkan umbi sampai kondisinya kering

Masukkan umbi ke dalam lumpang.

Tumbuklah sampai umbi-umbi tersebut hancur dan halus.

Peraslah hasil tumbukan tersebut seraya airnya disaring.

Ekstrak bawang merah yang sudah disaring dimasukkan ke dalam botol bersih.

Sementara ampasnya bisa dibuang.

Ekstrak bawang merah kemudian bisa langsung bisa dioleskan pada bagian yang nantinya akan mengeluarkan akar.

Nah bagi kita yang mau memperbanyak tanaman tapi nggak mau repot cari hormon/zat perangsang tumbuh, kita bisa gunakan bawang merah. 

Untuk tanaman yang mau di stek atau cangkok, guna mempercepat pertumbuhan akar maka olesilah bagian yang bakal masuk kedalam tanah atau mau dibungkus tanah dengan bawang merah, niscaya tanaman akan cepat berakar dan tumbuh dengan baik. 

Untuk tanaman yang sudah hidup lembutkanlah 1 siung bawang merah dan campurkan dengan air 100-300 ml air dan semprotkan merata pada tanaman bagian daun hingga batang dan akarnya. 

Untuk perbanyakan dengan biji, rendamlah biji ke dalam larutan air yang dicampur bawang merah yang telah dihaluskan selama 2 – 8 jam. Kemudian taburkan biji/benih secara merata ke media tanam. Niscaya benih akan lebih cepat tumbuh. Hal ini sudah saya buktikan pada benih cabai habanero saya. Tanpa perlakuan perendaman bawang merah benih baru tumbuh setelah sekitar sebulan, sedangkan benih yang saya rendam dengan bawang merah benih sudah tumbuh dalam waktu 6 hari.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:53

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.