loading...

15+ Tempat Tujuan Wisata Alam Unik di Gunung Kidul

Posted by

Tempat Wisata Alam Unik dan Khas Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Setiap daerah di negara kita memiliki tempat tujuan wisata yang khas dan alami. Tidak terkecuali di gunungkidul. Selain wisata pantai, wisata goa dan juga desa wisata masih ada lagi wisata alam khas gunungkidul yang bisa dijadikan destinasi wisata anda. Yang paling unik adalah gunungkidul memiliki situs megalitik, sungai bengawan solo purba dan juga gunung api purba. Anda tertarik?

Berikut tempat tujuan wisata alam unik dan khas Gunung kidul Yogyakarta.

Gunung Patuk atau Bukit Hargodumilah. Perbatasan Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul. Bukit pintu gerbang masuk wilayahGunungkidul. Jika malam hari, bisa melihat bentangan cahaya lampu seperti kumpulan bintang yang berada di bawah bukit (Piyungan dan sekitarnya). Jika tidak tertutup awan, dapat melihat keindahan pemandangan Gunung Merapi di sisi utara.

Gunung Gambar Desa Jurangjero, Kecamatan Ngawen
Ketinggan 200m di atar permukaan laut. Dari puncak bisa melihat kindahan Rawa Jombor Klaten dan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Ada pendopo, cocok untuk camping dan tracking.

Gunung Kendil. Kecamatan Ponjong. Keajaiban alam bisa kita lihat di sini, ada sumber air yang mengalir deras dari bongkahan batu besar/bukit, terdapat kolam renang, Masjid, tempat terapi berbagai penyakit.

Telaga Jonge. Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu. Telaga dengan air melimpah dan udara sejuk. Salah satu tempat favorit para pemancing Jogja, Semarang, Kebumen, dan Jawa Timur. Pada waktu tertentu dilaksanakan upacara adat Bersih Telaga Jonge.

Telaga Kemuning. Desa Bunder, Kecamatan Patuk
Ada air terjun Ngeboran, Batu Payung, Hutan Wanagama, ada makanan khas kacang telor. Wisata alam, tracking/jelajah, wisata uji nyali, Camping Ground, jamuan wisatawan.

Situs Gambirowati atau Pesanggrahan Gambirowati. Desa Girijati, Kecamatan Purwosari. Bagunan periode Islam berasal dari abad XVI terletak di Dusun Watugajah, luas 13.200 m2, ketinggan 138 mdpl.

Situs Megalitik Sokoliman. Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo
Peninggalan periode prasejarah di dusun Sokoliman II berupa menhir, fragmen menhir, dan dinding kubur batu.

Situs Gunungbang. Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo
Situs megalitik yang ada di dusun Gunungbang Bejiharjo, peninggalan sejarah berbentuk kubur batu.

Pertapaan Kembang Lampir. Desa Girisekar, Kecamatan Panggang
Dibangun pada periode Islam. Tempat bertapa Ki Ageng Pemanahan pada jamannya.

Air Terjun Sri Gethuk. Desa Bleberan, Kecamatan Playen
Berada di Desa Wisata Bleberan, dekat Sungai Oya, tempat pemancingan, susur sungai dengan perahu/pelampung.

Hutan Bunder. Desa Putat, Kecamatan Patuk Kawasan hutan lindung di pinggir jalan Jogja-Wonosari, terdapat Rest Area Bunder. Cocok untuk Camping Ground.

Hutan Wanagama. Desa Banaran, Kecamatan Playen. Kawasan hutan lindung dan tempat penyulingan kayu putih. Fasilitas: MCK, Mushola, Pendopo, dekat sungai.

Hutan Wonosari. Desa Beji, Kecamatan Ngawen
Hutan yang kaya dengan pohon-pohon langka dan masih terjaga kelestariannya.

Bengawan Solo Purba (Telaga Suling). Desa Songbanyu dan Posung Kecamatan Girisubo. Lembah yang diyakini pada jaman dulu sebagai muara sungai Bengawan Solo, ideal untuk tracking atau jelajah wisata.

Kawasan Karst Pegunungan Sewu. Perbatasan KabupatenGunungkidul, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Pacitan. Bentangan pegunungan karst yang meliputi wilayah Gunungkidul, Pacitan, dan Wonogiri.

Lembah Karst Mulo. Desa Mulo, Kecamatan Wonosari. Lembah karst memanjang di Desa Mulo.

Gunung Api Purba Nglanggeran. Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk. Terletak di Desa Wisata Nglanggeran, ketinggian antara 200-700 mdpl. Di puncak kita bisa mendokumentasikan diri alias berselfie ria khas wisatawan jaman sekarang

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:29

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.