loading...

Tips Cara Mengatasi Kepedasan, Konsumsi Makanan Ini!!!

Posted by

Cara Mengurangi Rasa Kepedasan Setelah Makan Cabe atau Sambal dengan Cepat dan Aman

Cabe, siapa tidak kenal buah ini? Cabe adalah salah satu makanan penggugah selera terutama bagi mereka yang berselera pedas. Untuk orang yang susah makanpun cabe bisa juga dijadikan alternatif untuk menaikkan atau meningkatkan selera makan yang penting orang tersebut tidak ada alergi terhadap capsaicin yang terdapar pada cabe. Sebenarnya salah satu pendorong kenapa orang makan banyak jika dibarengi dengan cabe atau sambal pedas salah satunya adalah karena rasa pedas yang mendorong mereka untuk lebih cepat dan lebih banyak memasukkan makanan ke mulut untuk mengurangi rasa pedas yang timbul akibat cabe. Makanan pedas masih menjadi kegemaran banyak orang Indonesia. Namun, menyantap makanan yang terlalu pedas juga tak baik untuk kesehatan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan saat Anda menikmati makanan yang sangat pedas.

Berikut beberapa tips mengatasi rasa pedas akibat cabe atau sambal seperti dilansir laman India Times, dikutip dari Jpnn.com.

Mengonsumsi  susu atau makan yoghurt atau es krim.

Susu adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan nutrisi sangat lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium dan vitamin. Salah satu protein pada susu adalah kasein. Produk susu seperti susu dan yoghurt mengandung protein yang disebut kasein yang membantu untuk memecah capsaicin dan meringankan sensasi terbakar. Produk susu lainnya seperti mentega, keju cottage, krim asam dan keju juga bisa membantu. Jadi saat anda merasa kepedasan atau saat anda menyantap hidangan super pedas, siapkan saja segelas susu atau yoghurt.

Konsumsi gula atau madu cukup satu sendok.

Madu adalah salah satu makanan kesehatan karena nutrisinya yang sangat lengkap. Ternyata selain menyehatkan, sesendok madu akan membantu anda mengatasi rasa pedas cabe pada mulut anda. Selain madu ada juga gula batu yang bisa membantu menyerap beberapa minyak yang membakar mulut. Siapkan sesendok madu jika anda tidak ingin merasa kepedasan sampai seperti terbakar pada lidah dan mulut anda.

Mengonsumsi Roti, Kentang atau Kue-kue

Mengonsumsi sesuatu yang mengandung zat tepung seperti roti, nasi atau kentang. Karbohidrat dalam makanan ini mengandung zat tepung dan menciptakan sebuah penghalang antara capsaicin dan sisanya dari mulut Anda. Karbohidrat juga menyerap beberapa capsaicin, mengurangi rasa pedas menyengat. Saat anda mengonsumsi makanan super pedas, siapkan hidangan penutup berupa roti untuk mengatasi rasa pedas yang tersisa dimulut.

Sumber: Jpnn.com

Manfaat Capsaicin dan Nutrisi Lain Pada Cabe Untuk Kesehatan
  • Bisa menurunkan berat tubuh anda. Benarkah? Bukankah terkadang masakan yang pedas justru dapat menambah nafsu makan? tapi Jangan salah, justru sambal itu bisa juga membantu meningkatkan nafsu makan kita pada menu diet, yang biasanya cukup minimalis atau menu sayur rebusan yang biasanya tidak disukai. Tambahan lagi, masakan pedas juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita, antara lain membakar sejumlah kalori saat mengunyah makanan selama lebih kurang 20 menit. 
  • Menyehatkan atau menguatkan jantung, ditambah juga dapat menurunkan tekanan darah anda. Ternyata, cabe merah ini bisa mengurangi efek jahat yang dapat merusak dari kandungan kolesterol yang berlebihan di tubuh kita serta dapat juga melawan peradangan. Oleh karena itu, cabe jelas mampu mengurangi serangan jantung dan juga stroke. Vitamin A dan C yang terkandung di dalam cabe dapat membantu menguatkan dinding otot jantung sementara panas yang dihasilkan bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 17:39

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.