loading...

Tempat Wisata Alam di Riau

Posted by

Daftar Nama Tempat Wisata Alam di Riau

Riau ternyata memiliki segudang tempat wisata alam yang bisa dijadikan destinasi wisata alam yang potensial untuk menyedot wisatawan baik wisatawan asing maupun domestik.



Kabupaten Bengkalis

Objek wisatanya adalah

-Pantai Selat Baru dan Perapat Tunggal

-Pantai Pasir (Pulau Rapat),

-Hutan Lindung dan tempat pelatihan gajah

-Pulau Rapat

Kabupaten Pelalawan

objek wisatanya adalah:

-Bono

-Kawasan Wisata Pekan Tua

-Hutan Koservasi Kerumutan

-Kawasan Wisata Budaya Petalangan


Kota Dumai

Objek wisatanya adalah:

-Teluk Makmur: di Daerak Teluk Makmur yang masih asli baik di tinjau dari adat istiadatnya, serta alamnya yang sangat indah di tambah dengan adanya rumah-rumah tua yang berarsitektur melayu mempunyai potensi untuk di kembangkan manjadi kampung wisata layaknya seperti kampung wisata Mortein yang da di Malaka.


Kota Pekan Baru

Objek wisatanya adalah

-Danau Rumba

-Danau Limbungan

-Hutan Wana Bakti,

-Hutan Wana Bakti,


Kabupaten Kampar

Objek Pariwisatanya adalah :

-Air Terjun Kebun Tinggi

-Air Terjun Sungai Osang

-Air Terjun Binamang

-Puncak Panorama

-Mata Air Panas Sinamanenek

-Kawasan Bangkinang Siabu

-Danau Harapan Tanjung Rambutan

-Waduk PLTA Koto panjang

-Aquari

-Bendungan Ompang Oewai

-Bendungan Sungai Paku

-Bendungan Sembat Kampar

-Bendungan Sungai Tibun

-Stanum

-Bukit Cadika

-Bukit Na'ang

-Kebun Binatang Kasang kulim

-Taman Mini Kembangh Sungkai

-Suaka Margasatwa Rimbang Baling

-Suaka Alam Bukit Bungkuk

-Taman Hutan Raya

Kabupaten Indragiri Hulu


Objek Pariwisatanya adalah:

-Taman Nasional Bukit Tiga Puluh: berada di sepanjang jalan lintas Timur yang berbatasan dengan Provinsi Jambi.

-Danau Raja: Sebuah Danau alami terletak di dalam Kota Rengat, merupakan tempat rekreasi dan bersantai yang populer untuk penduduk kota karena alamnya yang indah dan menggairahkan.

-Air Terjun: Air Terjun ini terdapat di beberapa Daerah sebagian terletak di Desa Sungai Arang, Pontianai, Pejangki, Sanglep, Rantau Langsat, dan Tualang Lakat.

-Goa: Goa ini terletak di Desa Anak Talang yang di kenal sebagai gua sungai pampang, Sungai Keruh, dan sungai Kandi.

-Danau Hulu

-Danau Menduyan

-Air Terjun Sungai Arang

-Air Terjun Pontianai

-Air Terjun Pejangki

-Air Terjun Nunusan

-Air Terjuan Siamang

-Air Terjun Bukit Lancang

-Goa Hulu Sungai Kandi


Kabupaten Indragiri Hilir

Objek Wisatanya adalah:

-Pantai Solop: Salah satu obyek wisata pantai yang menarik yang terletak di jalur pelayaran Tembilahan - Pulau Batam. Mempunyai bentangan pantai dan pasirnya putih yang lembut dan kulit kerang yang di bawa oleh arus ombak kepinggiran pantai.

-Bukit Berbunga: Terletak di bagian selatan Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning. Di sepanjang Bukit Berbunga di tumbuhi beraneka ragam bunga yang menutupi bukit dengan bermacam warna dan aroma yang mengesankan.

-Air Terjun Tembuluh Rusa: Terletak di Utara Desa Batu Ampar. Aliran air sungai sungguh kencang dan memenuhi syarat untuk aktivitas rakit bagi pecinta alam.

-Danau Taga Raja Guntung: Danau ini terletak sekitar 4 Km dari Kota Guntung.

-Pantai Teritip: Pantai ini mempunyai pasir putih dan lokasi ini akan di kembangkan sebagai wisata bebasis air / laut di mana para pengunjung dapat menikmati aneka ragam rekreasi, hiburan dan olah raga air.

-Bukit Api Panjang: Pengunjung dapat melihat kelompok pulau yang menjadi bagian dari Kecamatan di Provinsi Kepulauan Riau.

-Pulau Burung

-Pantai Sesai

-Bukit Api Panjang

-Goa Api Panjang

-Bukit Sari Intan dan Bukit Sari Segunung

-Air Terjun 86

Kabupaten Rokan Hulu

Objek Wisatanya adalah:

-Air Terjun Aek Martua: Terletak di dataran tinggi rangkain bukit barisan, kristal air bersih dan semua tumbuhan hijau alami memberi suatu keindahan tersendiri yang menggiurkan pada tujuan wisata ini.

-Hutan Lindung Bukit Suligi: Tempat menarik ini terletak di antara Kecamatan Tandun dan Rokan IV Koto sekitar 135 dari Ibu Kota Provinsi Pekanbaru.

-Goa Mata Dewa: Gua ini terletak di Desa Pawan Kecamatan Rambah. Gua ini Mempunyai 2 pintu masuk yang kemudian tumpang tindih ke dalaman 10 m.

-Air Panas Pawan: Terletak di Desa Pawan, Kecamatan Rambah

Kabupaten Rokan Hilir

Objek Wisatanya adalah:

-Kota Bagan Siapi-api: pada masa lampau di kenal sebagai Kota Lumbung Ikan Karena kota ini merupakan Kota penghasil ikan terbesar nomor dua di Dunia.

-Bono: Suatu peristiwa alam luar biasa di bentangan aliran Sungai Rokan hingga ke Muara.

-Pulau Jemur: Pulau Jemur terletak sekitar 45 km dari Ibu Kota Bagan Siapi-api.

-Pulau Tilan: Di pisahkan oleh sungai Rokan, Pulau Tilan berhadapan dengan Desa Rantau Bais.

-Danau Napangga

Kabupaten Siak

Objek Wisatanya adalah:

-Sungai Memparu

-Wisata Sungai di Siak dan Sungai Memparu

-Wisata Agro

-Taman Hutan Sultan Syarif Qasim di Minas

-Danau Pulau besar zamrud

-Danau Naga

-Cagar Alam Giam Siak Kecil

-Kawasan Cagar Alam Danau Pulau Besar


Kabupaten Kuantan Singingi

Objek wisatanya adalah:

-Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban Di Lubuk Jambi.

-Hutan Bukit Batabuh juga memiliki air terjun tujuh tingkat.

-Petualangan di Bukit Coliak di Muara Lembu.

-Panorama Bukit Cokiak

-Danau Kari Koto

-Danau Sungai Serik

-Bendungan Teso di Benai

-Sumber Air Panas Alami

-Danau Kobun Nopi



Beberapa Gambaran Destinasi Lokasi Tempat Wisata di Pekanbaru Riau

Riau Fantasi


Riau Fantasi adalah taman rekreasi terbesar dan terlengkap di Sumatera. Tempat wisata yang dikenal juga dengan nama Labersa Water and Theme Park ini memiliki luas sekitar 6,5 hektar. Sesuai namanya, tempat wisata di Pekanbaru ini dibagi menjadi wahana basah dan wahana kering.

Riau Fantasi terletak di Jalan Labersa atau seitar 45 menit dari pusat kota Pekanbaru. Untuk bisa menikmati wahana-wahana yang ada, Anda harus membayar sebesar 60.000 Rupiah pada hari Senin – Jumat dan 70.000 Rupiah pada hari Sabtu – Minggu.

Taman Rekreasi Alam Mayang

Di sini, terdapat tiga buah kolam pancing yang bisa digunakan untuk memuaskan kegemaran memancing Anda. Tak jarang tempat wisata di Pekanbaru ini dijadikan lokasi pertandingan memancing yang diadakan pemerintah setempat. Selain memancing, Anda bisa mencoba flying fox dan berbagai kegiatan outbound lainnya. Untuk kegiatan yang lebih santai, ada sepeda air dan bola air raksasa yang bisa Anda sewa.

Taman Rekreasi Alam Mayang buka setiap hari pada mulai jam 08:00 sampai 18:00 dengan harga tiket masuk 20.000 Rupiah per orang.

Danau Buatan Lembah Sari

Danau ini terletak di Desa Limbungan yang berjarak 10 km dari pusat kota Pekanbaru. Pada awalnya, danau ini adalah sebuah bendungan irigasi yang digunakan untuk mengalirkan air ke sawah-sawah warga sekitar. Sampai kemudian, bendungan buatan ini dijadikan salah satu tempat wisata di Pekanbaru.

Kebun Binatang Sang Kulim


Kebun binatang dengan luas 10 hektar ini menjadi tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi keluarga di akhir pekan. Kebun Binatang Sang Kulim memiliki banyak binatang yang bisa dikenalkan pada anak-anak mulai dari monyet, burung, ular, landak dan masih banyak lagi.

Kebun Binatang Sang Kulim bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat kota Pekanbaru. Untuk bisa masuk, Anda diharuskan membayar sebesar 20.000 Rupiah untuk pengunjung dewasa dan 10.000 Rupiah untuk pengunjung anak-anak.

Istana Siak Sri Indrapura


Istana dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Bangunan utama mengadopsi gaya arsitektur Eropa, Arab dan Melayu. Tempat berlantai dua ini tampak megah meskipun telah lebih dari 100 tahun berdiri. Pada lantai satu, Anda bisa melihat koleksi kerajaan seperti patung perunggu Ratu Wilhelmina dari Belanda dan patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari batu pualam berhiaskan berlian. Ada juga sebuah gendang yang berusia lebih dari 200 tahun. Gendang ini terakhir kali dibunyikan pada tahun 1914 saat pelantikan Sultan Syarif Kasim II.



Masjid Senapelan

Satu lagi sisa peninggalan Kesultanan Siak di Pekanbaru. Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Raya Pekanbaru ini dibangun pada tahun 1762 dan merupakan salah satu masjid tertua di Riau. Pada awal dibangun, masjid ini berukuran kecil dan terbuat dari kayu. Saat ini, Anda bisa melihatnya sebagai sebuah masjid megah didominasi warna kuning khas Melayu dan berkubah besar. Setelah direnovasi, ukuran masjid saat ini mencapai 60 x 80 meter.

Masjid Agung An Nur
Masjid megah ini memadukan arsitektur gaya Melayu, Arab, Turki dan India. Masjid Agung An Nur disebut sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru. Bangunan utamanya yang berukuran simetris 50 x 50 meter dengan sebuah kolam besar dan air mancur tepat di depannya membuat masjid ini mirip dengan Taj Mahal di India.

Masjid terdiri dari 3 lantai dengan dominasi warna hijau ini mampu menampung sebanyak 4.500 orang jamaah. Masjid Agung An Nur memiliki 5 buah kubah dan empat menara. Pada malam hari, masjid tampak sangat cantik dengan cahaya lampu warna-warni yang memantul di kolamnya. Yang menarik adalah adanya fasilitas free WiFi di sini.

Perpustakaan Soeman H.S

Bangunan perpustakaan ini terlihat sangat unik dari luar. Bentuknya menyerupai sebuah rehal atau papan alas untuk membaca Al Quran. Perpustakaan Soeman H.S terdiridari enam lantai dan memiliki berbagai fasilitas pendukung mulai dari mushola, kafe, kantin, ruang pertemuan sampai auditorium. Ada juga ruangan khusus untuk literatur budaya Melayu. Perpustakaan ini disebut memiliki koleksi literatur budaya Melayu terlengkap di Indonesia.
Perpustakaan Soeman H.S terletak di Jalan Jenderal Sudirman 462, Pekanbaru. Anda tak dipungut biaya untuk bisa masuk ke tempat wisata di Pekanbaru ini. Perpustakaan buka setiap hari Senin – Jumat pada pukul 08:00 – 17:00 dan hari Sabtu – Minggu pada jam 09:00 – 14:00.

Pasar Bawah

Pasar Bawah saat ini telah menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang wajib dikunjungi setiap wisatawan yang datang. Di sini, Anda bisa menemukan aneka keramik dari Cina, karpet dari Timur Tengah dan barang-barang elektronik secondhand dari luar negeri seperti Singapura dan Malaysia yang masih layak pakai.

Dekranasda Pekanbaru

Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau biasa disingkat dengan Dekranasda menjadi tempat wisata belanja oleh-oleh khas di Pekanbaru. Di kota ini, Dekranasda memasarkan produknya di beberapa lokasi strategis misalnya di Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Durian.

Di toko-toko binaan Dekranasda ini, Anda bisa membeli berbagai suvenir untuk oleh-oleh seperti kain songket, tenun, batik dan aneka kerajinan tangan dari kayu khas Melayu.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:16

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.