loading...

Tempat Tujuan Wisata di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur

Posted by

Kabupaten Ponorogo, Tidak Hanya Reognya Yang Terkenal Tetapi Juga Wisata Alamnya Layak Anda Kunjungi.

Jika selama ini orang menyebut Ponorogo maka yang tergambar adalah hanya kesenian reognya yang sudah mendunia memang tidaklah salah. Reog sudah menjadi ikon resmi Ponorogo, tetapi ternyata di Ponorogo masih banyak ikon wisata lain yang layak dikunjungi terutama wisata alamnya.


Berikut beberapa tempat atau obyek wisata di Kabupaten Ponorogo yang layak untuk anda kunjungi jika anda sedang mampi ke Ponorogo Jawa Timur.

Wisata Alam Ponorogo -  Telaga Ngebel

Obyek wisata Telaga Ngebel terletak sekitar 24 km kearah timur laut dari pusat kota Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, tepatnya berada di Gunung Wilis dengan ketinggian 750 meter diatas permukaan laut, dengan suhu sekitar 22 derajad celcius. Luas permukaan telaga 15 km dengan dikelilingi jalan sepanjang 5 km. Panoramanya sangat indah dan menakjubkan. Udaranya sejuk dan kondisi alamnya masih asri.
Di kawasan Telaga Ngebel, aneka ragam buah sepertu durian, manggis, dan pundung.

Telaga Ngebel yang cukup luas ini dikelilingi rimbunnya pepohonan lereng gunung. Kondisi alamnya sangat berprospek baik bila dikembangkan lebih lanjut bahkan dapat menjadi aset Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam meningkatkan perekonomian, khususnya bagi masyarakat sekitar obyek wisata itu sendiri.
Telaga Ngebel ibarat tambang emas yang menunggu sentuhan investor, sehingga dapat bersolek dan menjadi ikon kedua di Kabupaten Ponorogo setelah kesenian Reog. Obyek wisata ini layak untuk dikunjungi lantaran masih bersuasana alami dan indah.

Kondisi seperti ini dipastikan mampu menghilangkan kepenatan atau kelelahan usai didera kesibukan sehari-hari. Konon cerita yang berkembang di masyarakat, Telaga Ngebel mempunyai cerita unik yang didasarkan pada kisah seekor ular naga bernama “Baru Klinting”. Sang Ular ketika bermeditasi secara tak sengaja dipotong-potong oleh masyarakat sekitar untuk dimakan. Secara ajaib sang ular menjelma menjadi anak kecil yang mendatangi masyarakat dan membuat sayembara, untuk mencabut lidi yang ditancapkan di tanah. Namun tak seorangpun berhasil mencabutnya. Lantas dia sendirilah yang berhasil mencabut lidi itu. Dari lubang bekas lidi tersebut keluarlah air yang kemudian menjadi mata air yang menggenang hingga membentuk Telaga Ngebel. Legenda Telaga Ngebel, terkait erat dan memiliki peran penting dalam sejarah Kabupaten Ponorogo. Konon salah seorang pendiri Kabupaten ini yakni Batoro Kantong. Sebelum melakukan syiar Islam di Kabupaten Ponorogo, Batoro menyucikan diri terlebih dahulu di mata air, yang ada di dekat Telaga Ngebel yang kini dikenal sebagai Kucur Batoro.

Wisata Alam Ponorogo - Beji Sirah Keteng

Objek wisata ini tepatnya berada di desa Bedingin Kecamatan Sambit Ponorogo. Objek wisata ini berupa beji (kolam) dan sebuah arca. Beji Sirah Keteng merupakan suatu kolam yang seluas kurang lebih 1 hektare. didekat kolam juga terdapat sebuah arca manusia raksasa. penduduk setempat menamakan arca “Ratu Boko“. Konon, Kolam Beji Sirah Keteng merupakan tempat pemandian Ki Ageng Kutu atau Ki Ageng Suryo Ngalam, dan menurut warga setempat, arca tersebut merupakan penggambaran kepala Prabu Ratu Boko, raja raksasa yang suka memakan daging manusia, yang tewas di tempat tersebut oleh seorang sakti mandraguna bernama Ki Ajar Prono. Tempat ini juga bisa dijadikan tempat alternatif untuk menyalurkan hoby atau olah raga renang, khususnya warga Ponorogo yang bertempat tinggal didaerah Ponorogo bagian timur dan selatan.

Wisata Alam Ponorogo - Air Terjun Pletuk

Air Terjun Pletuk terletak di Kecamatan Sooko, sebelah tenggara dari pusat kota Ponorogo atau lebih tepatnya sebelah selatan dari Kecamatan Pulung. Akses jalan untuk menuju tempat wisata ini sangat mudah karena telah diaspal halus dengan disertai pemandangan pegunungan yang indah. Bagi anda yang ingin pergi berwisata ke Air Terjun Pletuk dengan mengendarai kendaraan pribadi tidak terlalu sulit untuk menuju ke lokasi karena akses jalan yang mudah dan disertai dengan tanda penunjuk lokasi yang jelas sehingga anda tidak akan kesasar bagi yang belum tahu lokasi tempat wisata tersebut.

Di tempat wisata Air Terjun Pletuk ini telah dibangun fasilitas-fasilitas yang sudah cukup memadahi seperti tempat parkir yang luas, mushola, toilet serta warung makan yang banyak tersedia disana. Di tempat ini juga terdapat area climbing bagi para pengunjung yang hendak melakukan atau menginginkan memanjat tebing yang curam.

Wisata Alam Ponorogo - Sumber Air Panas


Sumber Air Panas ini sebenarnya adalah aliran sungai yang ada di Ngebel . Sumber Air Panas ini terletak di Desa Wagir Lor, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo . Sehingga, Sumber Air Panas ini biasa dipanggil Sumber Air Panas Wagir Lor . 

Wisata Alam Ponorogo - Tanah Goyang Pudak

Tanah Goyang Pudak terletak didaerah Pudak, disebut tanah goyang karena jika anda kesana tanah disekitarnya seperti bergoyang seperti anda menginjal jelly.  Lokasi tepatnya secara administratif , tanah goyang ini berada di Desa Pudak Wetan, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo , atau sekitar 45 KM dari pusat kota (tempatnya ini sangat jauhh dari pusat kota bahkan melebihi Ngebel dan Sooko karena memang berada di perbatasan).

Wisata Alam Ponorogo - Jembatan Gantung Bareng

Jembatan ini aslinya bernama Jembatan Basuki . Diresmikan oleh Bupati Ponorogo , Amin , sebagai sarana transportasi dan sarana untuk menghubungkan Desa Bareng, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo dengan Desa Lengkong, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo . Jembatan ini terletak di Desa Bareng, Babadan dan Desa Lengkong, Sukorejo .

Tempat Wisata Alam Lain Di Kabupaten Ponorogo:
  • Air Terjun Juruh Klenteng (Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo) , 
  • Air Terjun Selorejo (Desa Pupus, Kecamatan Ngebel), 
  • Air Terjun Widodaren (Desa Talun, Kecamatan Ngebel), 
  • Air Terjun Midodaren (Desa Bulu Lor, Kecamatan Jambon), 
  • Ngembag (Kecamatan Siman), 
  • Puncak Pringgitan (Desa Caluk, Broto, Kambeng, Kecamatan Slahung),
  • Gunung Gajah (Desa Gajah, Kecamatan Sambit) .

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:15

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.