loading...

Syarat Karantina Sarang Walet Untuk Ekspor

Posted by

Badan karantina Sosialisasikan Syarat Karantina Ekspor Sarang Walet

Badan Karantina Pertanian mengadakan acara Sosialisasi Penyampaian Informasi Persyaratan Teknis Karantina Pengeluaran Sarang Walet ke Luar Negeri bertempat di kantor Badan Karantina Pertanian - Jakarta pada 24/11.

Acara ini dihadiri 36 pelaku usaha sarang walet dari 20 perusahaan dan 3 perorangan, berasal dari Yogyakarta, Semarang, Batam, Palembang, Jakarta, Ketapang, Surabaya, Banjarmasin. Laman resmi  Badan Karantina Pertanian menyebut hadir pula perwakilan Asosiasi Peternak dan Pedagang Sarang Walet Indonesia (APPSWI).

Materi Persyaratan Karantina Pengeluaran Sarang Walet ke Luar Negeri, Tatacara Penetapan Nomor Registrasi Tempat Pemrosesan dan Rumah Walet disampaikan oleh Kasubbid Karantina Produk Hewan Ekspor dan Antar Area. Tata cara Penerbitan Sertifikat HACCP dipresentasikan oleh Irsan Mentari-MBRIO Biotekindo, sedangkan Tata cara Penerbitan NKV (Nomor Kontrol Veteriner) oleh drh Boetdhy Angkasa, dari Direktorat Kesmavet. Barcode System GS1 disampaikan oleh Kumoro Wijanarko dari GS1 Indonesia, dan Verifikasi Alat Pemanas oleh Muhammad Holdun Tauziri (Tim Verifikasi Pusat KH Kehani).

Tata cara Penerbitan Sertifikat ET-SBW diuraikan oleh Arie Rahmatika dari Direktorat Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan Kementerian Perdagangan. Seluk beluk Pengujian Laboratorium untuk Sarang Walet dipaparkan oleh drh Arum Kusnila Ningrum dari Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian, dan Tatacara Penerbitan Surat Keterangan Asal (COO / Country of Origin) oleh Sutan dari Suku Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Jakarta Selatan.

Pelaku usaha yang diundang pada acara ini sebelumnya telah melakukan konsultasi dengan Bidang Karantina Produk Hewan dan berminat melakukan ekspor sarang walet ke Tiongkok. Kondisi pelaku usaha saat melakukan konsultasi dengan Bidang Karantina Produk Hewan tersebut antara lain masih berencana membangun tempat pemrosesan, hanya memiliki rumah walet, telah memiliki tempat pemrosesan dan ingin memenuhi persyaratan ekspor sarang walet ke Tiongkok, telah memiliki tempat pemrosesan dan ingin memperbesar areanya dan home industri yang belum pernah ekspor.

Sumber Trobos.com

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:51

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.