loading...

Perbedaan Jenis-jenis Duku dan Manfaatnya

Posted by

Jenis-Jenis Buah, Kandungan Nutrisi dan Manfaat Duku

Perbedaan beberapa jenis buah duku, Antara Duku, Langsat dan Kokosan.

Buah Duku

Yang termasuk dalam kelompok duku atau yang bernama ilmiah L. domesticum var . Duku ini umumnya memiliki pohon dengan batang yang besar dan memiliki dedaunan yang lebih rimbun dan padat berwarna hijau cerah.

Ciri khas buahnya ialah memiliki kulit buah yang tebal dan berwarna kuning cokelat, tak bergetah saat dipencet, daging buahnya berasa lebih manis dan lebih berair, serta memiliki daging nan lebih tebal sebab bentuk bijinya kecil.

Buah Langsat

Langsat memiliki nama ilmiah L. domesticum var . domesticum . Nama langsium sendiri sebenarnya diambil dari nama langsep Jawa Timur. Namun di Jawa Tengah, buah langsat ini disebut pijetan . Golongan ini memiliki buah yang sedikit dalam satu tandannya, yaitu antara 8 - 12 buah.

Ciri khas buahnya ialah kulit buahnya memiliki getah yang banyak dengan rona kuning muda agak kehijauan. Daging buahnya tebal tetapi rasanya lebih asam dari buah duku.

Buah Kokosan

Kokosan disebut juga L. domesticum var.equaeum . Kelompok duku yang termasuk dalam kelompok kokosan ini biasanya tak dimakan sebab daging buahnya sangat sedikit dan rasanya sangat asam.

Ciri khas buahnya ialah buahnya sangat kecil dan tumbuh rapat-rapat dalam satu berkas. Saat buah masak, warnanya berubah menjadi kuning tua kemerah-merahan. Biasanya buah ini lebih sering dimanfaatkan sebagai penghias meja makan daripada menjadi hidangan epilog atau sebagai buah pencuci mulut.

Demikian perbedaan jenis jenis buah antara duku, kokosan dan langsat. Sebenarnya langsat juga memiliki jenis yang lain lagi. Ada langsat biasa yang rasanya kecut dan ada juga langsat super yang rasanya manis bahkan kadang lebih manis dan sedar dibanding buah duku. Jenis langsat yang manis salah satunya adalah langsat atau langsep Singosari Malang.

Kandungan Nutrisi Buah Duku

Buah duku tak hanya lezat tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Buah ini mengandung serat nan bernama dietary fiber nan bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah kanker, serta melindungi tubuh dari radikal bebas. Duku juga mengandung fosfor nan membantu kesehatan gigi serta tulang.

Tidak hanya itu, duku juga mengandung zat protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, dan zat besi dalam jumlah seimbang. Duku juga kaya akan kalori, mineral, dan zat besi lebih daripada apel atau jeruk.

Manfaat Buah Duku

Selain daging buahnya lezat dan mengandung zat-zat krusial di atas, bagian kulit dan biji duku juga bermanfaat. Bagian-bagian tersebut dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat anti-diare. Selain itu, kulit dan biji buah pohon duku juga bisa menurunkan demam. Apabila air buah duku diperas dan diminum, dipercaya akan mampu menurunkan gejala sakit kepala.

Demikian manfaat duku dan jenis duku serta manfaatnya.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:12

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.