loading...

Manfaat Naungan Untuk Pohon Manggis

Posted by

ARTI PENTING NAUNGAN PADA TANAMAN MANGGIS

Naungan pada tanaman manggis merupakan suatu keharusan. Kebutuhan akan naungan terutama  ketika tanaman masih di pembibitan dan selama periode baru dipindah ke lapangan, sampai tanaman benar-benar mampu beradaptasi pada kondisi lapang yaitu sekitar 2 tahun.  Apabila naungan tidak diberikan akan berdampak negatif pada kelangsungan hidup tanaman. Tanaman manggis muda yang ditanam pada lahan terbuka tanpa naungan akan menunjukkan penampilan sebagai berikut:

Pertumbuhan yang sangat lambat dan munculnya daun muda tidak serentakTitik tumbuh mati dan sulit untuk menghasilkan daun baruDaun mengering dan terbakarPada kondisi parah dan kurang air dapat mengakibatkan kematian

Naungan yang terlalu rimbun atau kelebihan naungan juga tidak baik untuk tanaman manggis karena akan terjadi etiolasi. Kebutuhan naungan untuk tanaman yang baru ditanam dilapang sekitar 50-75% dan dapat dikurangi sejalan dengan peningkatan umur dan pertumbuhan tanaman.  Oleh sebab itu naungan harus diatur dengan penetrasi cahaya sekitar 50-75% . Gambar 1 memperlihatkan kerusakan pada tanaman manggis muda yang tidak diberi naungan.

JENIS NAUNGAN PADA TANAMAN MANGGIS MUDA
Pada prinsipnya naungan dapat terbuat dari berbagai macam bahan, yang penting tanaman tidak terkena matahari secara langsung pada periode awal penanaman di lapang. Naungan tidak perlu terbuat dari bahan yang mahal,  bahkan dianjurkan untuk memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar kita untuk mengurangi biaya produksi. Naungan untuk tanaman manggis di lapangan dapat dibagi menjadi naungan mati dan naungan hidup .

Naungan mati

Dapat berupa paranet, anyaman bambu, jerami, daun kelapa, dan sebagainya. Naungan paranet harganya cukup mahal tetapi keuntungannya dapat digunakan dalam jangka waktu lama sampai tanaman tidak membutuhkan naungan di lapang. Daun kelapa baik digunakan karena murah dan mudah didapatkan. Kelemahannya adalah harus sering diganti karena cepat kering dan lapuk. Sebagai penyangga naungan dapat dibuat dari kayu atau dahan pohon-pohonan yang telah dipangkas. Naungan digunakan bersamaan dengan penanaman di lapang. 

SUMBER: litbang.pertanian.go.id

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:45

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.