loading...

Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari dan Produk Olahan Biji Sunflower

Posted by

Hasil Produk Olahan Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari yang masih segar dapat dicium dari aromanya. Jangan membeli biji bunga matahari yang sudah berbau tengik dan berwarna kekuning-kuningan. Jika idak habis dikonsumsi, biji bunga matahari sebaiknya dikemas dalam plastik yang rapat dan disimpan didalam lemari pendingin.

Biji bunga matahari saat ini telah banyak dijual sebagai snack kwaci dalam kemasan. Agar khasiat dari biji bunga matahari maksimum untuk tubuh maka cara konsumsinya harus diperhatikan. Dalam mengonsumsi biji bunga matahari sebaiknya tidak ditambahkan garam karena kadar garam yang tinggi dapat memicu tekanan darah tinggi. Konsumsi dalam bentuk kwaci harus dibatasi.

Ekstrak minyak dari biji bunga matahari juga sudah banyak terdapat di pasaran. Minyak dari biji bunga matahari dapat digunakan untuk memasak untuk salad oil. Suhu pemasakan dengan menggunakan media minyak biji bunga matahari, sebaiknya tidak dilakukan pada suhu tinggi, supaya kualitas minyak dan khasiat zat gizi yang terkandung didalamnya tidak rusak. Sebaiknya minyak biji bunga matahari tidak digunakan untuk pemasakan berulang. Oleh karena itu, pemakaian minyak dalam menggoreng harus dibatasi agar habis sekali pakai, supaya tidak dihasilkan minyak jelantah.

Selain sebagai snack dan minyak, biji bunga matahari juga digunakan sebagai jamu. Biasanya, biji bunga matahari ditumbuk halus, diseduh dengan air panas dan diminum. Ada pula yang mencampur biji bunga matahari ke dalam masakan.

Mayarakat Mediterania biasa mengonsumsi biji bunga matahari dengan cara dipanggang, setelah itu biji ditaburi dengan garam dan flavor. Di Timur Tengah, biji bunga matahari panggang disebut garinim. Garinim merupakan salah satu menu favorit penduduk disana. Sedangkan di Eropa dan negara-neraga Barat, biji bunga matahari biasanya dibuat selai. Selain itu, biji bunga matahari juga biasa diolah menjadi bubuk yang dapat ditaburkan ke dalam makanan.

Manfaat dari Minyak Biji Bunga Matahari
Para penelti menemukan bahwa sebuah diet diperkaya oleh konsentrasi tinggi dari asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal terdapat pada minyak bunga matahari, yang merupakan minyak yang terbaik untuk menurunkan kolesterol jahat “LDL” diantara 31 Pria dan Wanita.

Fakta membuktikan bahwa peneliti menekankan pentingnya penggantian lemak jenuh dengan diet yang seimbang dari lemak tak jenuh ganda dan tunggal. Sementara minyak minya zaitun diperkaya dengan lemak tak jenuh tunggal, itu jauh dibawah asam lemak tak jenuh ganda. Penyeimbangan yang ketat antara dua bentuk diet lemak yang sehat mungkin merupakan kunci untuk mengurangi kolesterol menurut penelitian baru.

Minyak bunga matahari mensupply kedua bentuk dari lemak menjadi alasan untuk cara melawan LDL menurut laporan dari Journal of the American Dietetic Association. Lemak jenuh kebanyakan ditemukan pada produk hewani, termasuk daging dan produk susu dengan kadar lemak yang lebih tinggi. Asam lemak tak jenuh baik yg tak jenu tunggal atau ganda banyak di temukan pada makanan seperti minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan yang gemuk. Tetapi minyak sayur berbeda dalam hal konsentrasi untuk kedua type dari lemak tak jenuh. Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggaltetapi mempunyai kadar PUFA yang rendah dan lebih jenuh dibandingkan dengan minyak sayur termasuk minyak canola dan minyak bunga matahari.

Minyak bunga matahari yang digunakan di dalam penelitian dijual sabagai NuSun oleh Asosiasi Nasional Bunga Matahari, yang merupakan sebuah produk baru yang dibuat untuk makanan komsersial yang bebas dari lemak trans. Lemak ini dibentuk ketika minyak sayur melalui proses kimia yang disebut hydrogenation, yang membuat minyak lebih padat dan dapat digunakan untuk proses memasak komersial. Masalah dengan lemak trans, yang ditemukan pada produk pemangganan komsersial seperti makanan snack dan margarine adalah lemak jenuh yang dapat menyebabkan naiknya level kolesterol LDL.

Menurut peneliti yg dipimpin oleh Dr. Penny Kris-Etherton of Pennsylvania State University in University Park. Keseimbangan dari lemak tak jenuk ganda dan tunggal mungkin memberikan manfaat kolesterol.

Dr. Penny Kris-Etherton dan koleganya meneliti 31 orang untuk diet selama 4 minggu terhadap 3 macam minyak yaitu minyak bunga matahari, minyak zaitun dan minyak diet merek American. Dua dari minyak diet tsb mengadung lemak jenuh, tetapi minyak bunga matahari mempunyai keseimbangan yang lebih besar antara lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Minyak American diet memiliki lebih banyak lemak jenuh dan lebih banyak lemak dibandingkan dengan dua minya lainnya.

Setelah mengikuti diet minyak bunga matahari, para peserta penelitian menunjukkan berkurangnya kadar LDL sebesar 6% dibandingkan dengan dengan peserta yang mengkonsumsi minyak diet American. Pada peserta yang mengkonsumsi minyak zaitun tidak menunjukkan adanya efek yang berarti terhadap kadar LDL mereka. Peneliti mengatakan bahwa campuran asam lemak tak jenuh memberikan manfaat yang paling besar terhadap kesehatan.

(SOURCE: Journal of the American Dietetic Association, July 2005).
Dikutip dari Buku : Sehat Dengan Hidangan Kacang Dan Biji-bijian Hal. 57-62. Oleh : Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS (www.herbal-bungamatahari.com/artikel/).

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:19

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.